13 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen


Ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa dicoba, seperti menggosok air perasan lemon, minum air rebusan sirih, hingga oles minyak kelapa.

(0)
19 Feb 2020|Azelia Trifiana
cara menghilangkan ketiak basah yang menyebabkan bau badanMenggunakan deodoran adalah salah satu cara yang efektif menghilangkan bau ketiak
Cara menghilangkan bau ketiak perlu diketahui segera. Sebab, keringat berlebihan pada ketiak membuat ketiak basah sehingga bau tak sedap pun muncul. Tidak cuma mengganggu diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar. Di sisi lain, ada beberapa orang yang bisa tidak menyadari bau ketiak sendiri terjadi karena sudah terlalu “terbiasa” dengan aroma badannya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak yang paling mudah tapi hasilnya permanen?

Penyebab bau badan menurut ilmiah

Penyebab bau ketiak adalah bakteri
Tubuh manusia penuh dengan kelenjar keringat di pori pori yang berfungsi untuk mendinginkan tubuh di saat-saat tertentu. Di area yang mengandung banyak folikel rambut seperti ketiak, kelenjar keringatnya disebut apokrin.Kelenjar ini berbeda dengan yang ada di permukaan kulit manusia pada umumnya, yaitu kelenjar ekrin. Ketika mendinginkan tubuh, kelenjar ekrin akan mengeluarkan keringat yang tidak berbau.Hal yang sama terjadi pada kelenjar apokrin yang terdapat di ketiak atau lipatan paha. Bedanya, cairan keringat dari kelenjar apokrin di ketiak bisa berbau ketika ada bakteri di permukaan kulit.Biasanya, hal ini mulai terjadi pada remaja yang sedang dalam fase pubertas. Ini normal. Namun, pada beberapa orang, salah satu penyebab bau badan, terutama pada ketiak, bisa berarti kondisi ketiak yang kurang bersih.

Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat

Cara menghilangkan bau ketiak bergantung pada seberapa parah dan apa penyebab bau badan seseorang. Bau badan bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh, menggunakan produk yang salah, atau kondisi medis lain yang perlu ditangani.Beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang umum dilakukan di antaranya:

1. Gunakan deodoran

Deodoran mencegah pertumbuhan bakteri
dan mengurangi keringat
Ada banyak deodoran atau antiperspirant yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan penyebab bau badan. Biasanya, deodoran digunakan usai mandi untuk membantu menghilangkan bau badan.Meski demikian, ada banyak sekali jenis deodoran dan perlu mencari mana yang paling cocok dengan kondisi masing-masing. Perlu diingat pula bahwa deodoran biasanya mengandung alkohol sehingga area ketiak menjadi bersifat asam.Alkohol ditambahkan agar bakteri tidak bisa berkembang biak di kulit dan menyebabkan bau. Namun amannya, pilihlah deodoran antibakteri yang tidak mengandung alkohol.

2. Jaga kebersihan tubuh

Tidak menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari dan berganti baju secara teratur juga bisa menjadi penyebab bau badan, terutama pada ketiak. Maka itu, selalu jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara berkala terutama setelah beraktivitas fisik cukup berat seperti olahraga.Hal ini mampu mencegah kulit dari bakteri penyebab bau badan. Sebab, saat mandi, bakteri di badan pun "dihempaskan" dengan sabun, shampoo, maupun pembersih tubuh lainnya.

3. Pilih bahan pakaian yang tepat

Apabila aktivitas sehari-hari cenderung membuat Anda berkeringat, pilih bahan pakaian yang memungkinkan kulit bernapas seperti bahan alami kain, katun, ataupun linen. Bahan katun pun membuat keringat terserap dengan baik.Selain itu, hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pastikan ketiak bisa leluasa bernapas saat beraktivitas seharian.

4. Kurangi makanan penyebab bau ketiak

Cara mengatasi bau ketiak yang satu ini lebih kepada pencegahan. Caranya, hindari makanan yang memiliki bau menyengat, seperti bawang mampu menjadi penyebab bau badan.Selain itu, makanan pedas pun juga memengaruhi bau badan. Terbukti, keduanya mampu membuat keringat menjadi lebih bau dan menyengat.

5. Oles cuka apel

Cuka apel bantu cegah bau ketiak
Selain beberapa cara menghilangkan bau badan di atas, ada bahan-bahan di rumah yang bisa membantu mengatasi bau badan. Salah cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan cuka apel langsung ke ketiak menggunakan kapas.Cara ini bisa dilakukan dua kali sehari. Namun mengingat aroma cuka apel yang juga kurang sedap, jangan terlalu banyak mengoleskannya.

6. Oles minyak atsiri atau essential oil

Pilihan lain untuk mengatasi bau badan adalah dengan minyak atsiri atau essential oil seperti lavender dan tea treeCaranya adalah dengan mencampur minyak atsiri dengan air dan tempatkan di botol semprot. Kemudian, semprotkan ke ketiak dua kali sehari.Kandungan antibakteri dalam minyak ini bisa mencegah berkembang biaknya bakteri di ketiak. Selain itu, wangi dari minyak atsiri juga dapat mengatasi bau badan. 

7. Balur baking soda

Balurkan campuran baking soda dan lemon agar ketiak tetap kering
Rupanya, baking soda atau soda kue juga bisa menjadi penghilang bau badan. Bahkan, cara menghilangkan bau badan ini bisa membuat ketiak tetap kering dan bebas keringat.Caranya adalah dengan mencampur soda kue dengan menggunakan air perasan lemon. Kemudian, aplikasikan langsung ke ketiak selama 2-3 menit sebelum membilasnya saat mandi.

8. Oles lidah buaya

Cara menghilangkan bau ketiak ini menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di pekarangan rumah. Ya, lidah buaya. Tanaman ini merupakan sumber antioksidan dan antibakteri yang bisa menjadi cara mengatasi bau ketiak.Caranya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya secukupnya dan diamkan semalaman. Saat pagi hari tiba, bilas hingga bersih.

9. Gosok ketiak dengan kentang

Asam alami kentang turunkan pH ketiak
Siapa sangka, kentang yang ada dapur adalah penghilang bau badan alami? Berkat kandungannya, kentang dapat mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri ada di ketiak. Selain itu, asam alami dari kentang dapat membantu menurunkan pH di kulit ketiak.Untuk menggunakan kentang sebagai cara menghilangkan bau ketiak, coba iris tipis kemudian gosok pelan-pelan langsung ke ketiak. Diamkan selama beberapa waktu hingga sari kentangnya kering. Kemudian, balurkan deodoran di ketiak.

10. Oles minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang. Kandungan ini sangat perkasa melawan berbagai mikroba. Itulah mengapa, minyak kelapa dipercaya dapat membunuh bakteri di ketiak sehingga menghilangkan bau tak sedap.Siapkan minyak kelapa dan oleskan langsung ke ketiak dengan jari-jemari Anda. Setelah itu, diamkan hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit.Lakukan cara menghilangkan bau badan ini sebanyak 1-2 kali dalam sehari, lebih baik setelah mandi. Berbeda antara satu orang dan lainnya, beberapa pilihan cara menghilangkan bau ketiak di atas bisa jadi efektif.

11. Oles air jeruk nipis

Jeruk nipis adalah antibakteri untuk cegah bau ketiak
Menurut riset yang terbit pada jurnal Pharmacognosy Review, jeruk nipis terbukti bersifat antibakteri dan antijamur. Diketahui, bakteri dan jamur adalah “biang keladi” di balik tubuh yang memiliki bau yang tidak sedap.Sebagai cara agar ketiak tidak bau, potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras jeruk nipis. Lalu, oleskan air jeruk nipis dan tunggu selama lima belas menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air suam kuku.

12. Minum air rebusan sirih

Bahan alami lainnya, seperti air rebusan sirih terbukti efektif sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Sebab, sirih terbukti mampu cegah bakteri yang menjadi penyebab bau badan.Caranya, rebus daun sirih hingga warna air rebusan berubah. Lalu, minumlah air rebusan tersebut. Selain itu, air rebusan daun sirih pun juga digunakan sebagai bilasan untuk mandi.

13. Air perasan lemon

Lemon mengandung kadar asam dan antibakteri yang tinggi. Dengan begitu, air perasan lemon dipercaya dapat meredakan kadar pH di kulit dan mencegah datangnya bakteri.Untuk mencobanya, Anda hanya perlu memotong lemon menjadi dua, kemudian lanngsung oleskan ke ketiak. Setelah itu, tunggulah hingga mengering dna bilaslah dengan air putih.Jika Anda memiliki kulit sensitif, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengoleskan lemon ke kulit.

Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan bau ketiak sebenarnya tidak hanya mengandalkan bahan-bahan kimia. Jika Anda ingin mengatasi bau badan, pastikan dulu Anda memiliki gaya hidup sehat dan bersih. Sebab, jika menjalani hidup sehat, kecil kemungkinan bakteri dan jamur penyebab bau ketiak tumbuh dan berkembang dalam waktu lama.Namun, jika cara-cara di atas belum juga berhasil menghilangkan bau ketiak, coba konsultasikan ke dokter dengan chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Jika Anda ingin mencoba deodoran antiperspirant untuk mengatasi penyebab bau badan, kunjungi untuk mendapatkan penawaran harga menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
ketiak hitambau badanmandi
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-rid-of-underarm-odor-naturally/#gref
Diakses 12 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/smelly-armpits#6
Diakses 12 Februari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/preventing-body-odor
Diakses 12 Februari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-rid-of-underarm-odor-naturally/
Diakses pada 24 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait