Liburan Sehat: Tren Jalan-Jalan 2019 yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Liburan sehat dianggap sebagai salah satu tren jalan-jalan yang akan populer di tahun 2019
Liburan sehat diprediksi menjadi salah satu tren jalan-jalan 2019

Liburan sehat akan menjadi tren jalan-jalan yang populer di kalangan para pelancong atau traveler. Gaya liburan ini tidak hanya berfokus pada kesehatan diri saat melakukan perjalanan, melainkan juga dengan diiringi peningkatan kesadaran lingkungan selama perjalanan dilakukan.

Dalam melakukan liburan sehat, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar, serta memperhatikan keseimbangan lingkungan destinasi wisata agar tetap terawat dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk liburan sehat sebagai tren jalan-jalan 2019 yang tidak boleh Anda lewatkan.

Hentikan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Penggunaan plastik sekali pakai memang sangat memudahkan segala kebutuhan perjalanan. Sayangnya, dampak dari penggunaan plastik sekali pakai ini ternyata cukup serius.

Pasalnya, banyak dari para pelancong yang menyisakan sampah plastik di tempat wisata dan menumpuk hingga menjadi sampah. Tidak hanya merusak keindahan, sampah-sampah plastik ini juga secara langsung merusak ekosistem saat termakan oleh hewan-hewan.

Pada tahun 2019, peraturan yang melarang penggunaan plastik sekali pakai akan diberlakukan di beberapa kota dan negara. Plastik sekali pakai menjadi salah satu hal yang dihentikan guna pelestarian alam dan menjaga keindahan destinasi wisata.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan sendok, garpu, sumpit, dan sedotan yang dapat digunakan kembali. Selain terjamin bersih, Anda juga sudah turut serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan bebas dari sampah.

Pertimbangkan Penggunaan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya merupakan hal yang paling banyak dilakukan sebelum melakukan perjalanan, khususnya jika Anda pergi ke tempat yang panas.

Namun, sayangnya, tabir surya yang berguna untuk perlindungan kulit dari sinar UV ternyata memiliki kandungan bahan kimia oksibenzon dan octinoxate yang jika larut ke dalam air dapat merusak alam. Tabir surya yang digunakan saat seseorang pergi ke pantai ikut serta dalam pemutihan terumbu karang.

Hawaii merupakan salah satu daerah yang memberlakukan undang-undang pelarangan penjualan dan distribusi tabir surya yang mengandung bahan kimia tersebut. Pasalnya, bahan-bahan kimia tersebut ditemukan pada 78% merek tabir surya paling populer.

Beberapa daerah lain seperti Pulau Bonaire di Karibia juga mulai mengikuti larangan ini untuk mencegah kerusakan lingkungan dengan pencemaran tabir surya pada air laut.

Kurangi Penggunaan Media Sosial

Keberadaan media sosial memang berpengaruh besar pada kebiasaan orang saat berpergian. Tuntutan untuk membuat konten yang bagus dengan foto indah dari angle terbaik selama perjalanan kerap menimbulkan risiko tertentu.

Bahkan, saat ini, 61% anak muda dengan usia 18-24 tahun cenderung selalu membagikan pengalaman liburan yang menyenangkan melalui foto di media sosial. Bahkan, tidak jarang pula dari mereka yang membayar fotografer hanya untuk mendapatkan foto terbaik selama perjalanan.

Sayangnya, hal ini ternyata memicu beberapa bahaya dan risiko serius. Pasalnya, mengambil foto bagus terkadang membutuhkan banyak usaha lebih, seperti memposisikan diri di lokasi-lokasi berbahaya.

Bahkan, kasus-kasus kecelakaan saat berfoto di tempat wisata juga sudah banyak terjadi. "Kecelakaan Instagram", yang disebabkan oleh orang-orang yang berusaha mendapatkan hasil foto sempurna di lokasi yang berbahaya sangat berisiko untuk dilakukan. Hal ini belakangan sudah diwaspadai oleh beberapa negara.

Pada musim gugur 2018 kemarin, Wina (Austria) meluncurkan kampanye anti media sosial dengan slogan “Selamat Datang di Wina. Bukan #Wina”. Selain itu, salah satu resort di Bali juga cukup menarik perhatian dengan melakukan pelarangan penggunaan smartphone di dekat kolam renangnya.

The Guardian. https://www.theguardian.com/travel/2019/jan/04/top-five-travel-trends-2019-health-plastic-instagram-sunscreen-passports

Elle. https://www.elle.com/uk/life-and-culture/travel/g32446/travel-trends/

Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait

Banner Telemed