Libido Tinggi Ganggu Keseharian Anda? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Penyebab libido tinggi dapat dipicu oleh kondisi normal atau adanya gangguan kesehatan yang perlu ditangani. Libido tinggi juga kerap dikaitkan dengan gangguan hiperseksual.

(0)
07 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak penyebab libido tinggiLibido tinggi dapat disebabkan oleh kondisi normal dan penyakit tertentu
Libido tinggi adalah kondisi yang terjadi saat seseorang sedang memiliki dorongan seksual melebihi biasanya. Pada kondisi tertentu, libido tinggi merupakan hal yang wajar dan bukan masalah. Namun, jika hal ini terus terjadi secara berlebihan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.Libido tinggi dapat membuat pikiran seseorang hanya dipenuhi oleh fantasi seksual. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu berbagai aspek dalam hidup Anda jika tidak segera dikendalikan.

Penyebab libido tinggi

Penyebab libido tinggi dapat disebabkan oleh hal-hal yang normal hingga gangguan kesehatan yang perlu ditangani. Libido tinggi yang terjadi karena adanya rangsangan seksual atau siklus hormonal merupakan hal yang wajar.Di sisi lain, sejumlah kondisi medis tertentu yang menjadi penyebab libido tinggi adalah:Pada umumnya, wanita akan mengalami kenaikan libido sebelum masa ovulasi. Biasanya, kondisi ini berlangsung selama enam hari. Kondisi ini dianggap berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon luteinizing (LH) yang memicu ovulasi. Bukti ilmiah lainnya juga mengungkapkan bahwa naiknya libido pada wanita berkaitan dengan hormon estrogen.Puncak kenaikan libido tinggi adalah tiga hari sebelum puncak produksi hormon LH. Wanita memiliki kemungkinan hamil lebih tinggi apabila berhubungan seksual pada saat ini. Setelah memasuki masa ovulasi, libido wanita akan mulai menurun dan normal kembali.Di sisi lain, pria tidak memiliki siklus rutin tertentu. Namun, penelitian menunjukkan bahwa tingkat libido pada pria umumnya mencapai puncaknya pada akhir usia remaja (17 tahun), tepatnya saat hormon testosteron mencapai puncaknya. Setelah usia 40 tahun, tingkat testosteron akan menurun sebanyak 1 persen setiap tahunnya.

Kaitan libido tinggi dan hiperseksual

Kondisi libido tinggi yang berlebihan dan tidak tertangani dapat mengarah pada gangguan hiperseksual, yang juga disebut dengan overactive libido. Gangguan ini termasuk ke dalam perilaku seksual kompulsif atau kecanduan seks.Beberapa kondisi medis dianggap memiliki keterkaitan dengan gangguan hiperseksual. Berikut adalah sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan hiperseksual:
  • Gangguan bipolar
  • Demensia (pikun)
  • Gangguan rangsangan genital persisten
  • Rabies
  • Sindrom Klüver-Bucy
  • Ketagihan seks.

Cara mengatasi libido tinggi

Beberapa terapi atau tindakan penanganan di bawah ini dapat membantu Anda dalam mengendalikan libido tinggi.

1. Terapi bicara (konsultasi)

Dengan melakukan terapi bicara dengan psikolog, berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan.
  • Melepaskan beban
  • Mengeksplorasi pikiran, perasaan, pengalaman, dan keinginan yang berkatan dengan seks, cinta, hubungan, dan lain sebagainya
  • Menetapkan apa yang Anda inginkan dalam hidup secara keseluruhan
  • Mencari cara yang realistis untuk mendapatkan keinginan Anda
  • Membantu mengendalikan diri Anda dan mengurangi ketergantungan pada libido.

2. Mengalihkan perhatian

Beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mengalihkan dorongan seksual yang tidak Anda harapkan.
  • Melakukan senam mental, seperti mengerjakan teka-teki, melatih perkalian, hingga memainkan game yang merangsang otak untuk berpikir.
  • Mengalihkan perhatian pada hal lain untuk membantu membuang pikiran yang berkaitan dengan hal-hal seksual.

3. Mengalihkan energi kepada hal lain

Anda dapat mengalihkan energi dari dorongan seksual untuk melakukan hal lain yang lebih positif. Misalnya, mengerjakan hal-hal kreatif, memasak, melakukan latihan fisik, yoga, atau kegiatan spiritual. Berbagai aktivitas ini dapat memberikan Anda rasa lega dan kesenangan di luar aktivitas seksual.

4. Mengonsumsi obat-obatan

Libido tinggi yang benar-benar mengganggu dapat kesulitan untuk berfungsi secara normal. Dokter mungkin akan memberikan sejumlah obat-obatan untuk menekan libido tinggi, seperti anafrodisiak, antidepresan, dan obat pengendali hormon.Pada dasarnya, tidak ada ukuran atau angka penilaian pasti untuk menilai apakah libido Anda termasuk wajar atau telah melewati batas normal. Namun, jika libido tinggi sudah mengganggu berbagai aspek kehidupan yang lain, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk melakukan terapi.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar libido atau masalah seksual lainnya, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
masalah seksualhubungan seksual
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/in-the-mood-you-may-be-ovulating-1960259
Diakses 23 November 2020
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/sex-life/a27015579/libido-high-sex-drive/
Diakses 23 November 2020
Every Day Health. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/conditions-that-might-putyour-sex-drive-in-overdrive.aspx
Diakses 23 November 2020
News Medical. https://www.news-medical.net/health/What-is-Libido.aspx
Diakses 23 November 2020
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/Life_after_50_A_Harvard_study_of_male_sexuality
Diakses 23 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait