Lezat Sebagai Lalapan, Ini Manfaat Leunca bagi Kesehatan

(0)
Manfaat leunca tak hanya sebagai lalapan, tetapi juga memberi efek pada kesehatan tubuhBuah leunca sering dikonsumsi bersama sambal sebagai lalapan
Di Indonesia, leunca kerap kali disantap dengan sambal sebagai lalapan. Di balik kenikmatan rasanya, buah yang bernama latin Solanum nigrum tersebut ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Manfaat leunca bagi kesehatan

Berukuran kecil dan sering dipandang sebelah mata, ternyata leunca memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Manfaat leunca ini tak hanya didapatkan dari buahnya, tetapi juga daunnya, di antaranya:

1. Mencegah penyakit kanker

Kandungan solasonine, solamargine, dan solasodine pada leunca mampu mencegah perkembangan sel kanker yang tidak terkendali. Solasodine berperan sebagai pereda nyeri, penurun suhu tubuh, dan anti-peradangan. Solamargine dan solanine merupakan antibakteri. Kandungan senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mencegah kanker payudara, kanker serviks, kanker perut, dan kanker saluran pernapasan. 

2. Meningkatkan fungsi hati

Leunca bermanfaat bagi fungsi hati karena kandungannya dapat membantu memperkuat otot-otot hati. Bila kinerja organ hati optimal, maka dapat memperkecil kemungkinan Anda terkena penyakit kuning. Manfaat leunca untuk fungsi hati ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi ekstrak daun maupun buahnya. Namun penelitian terkait hal ini masih perlu dikonfirmasi. 

3. Mencegah hipertensi

Mengukur tekanan darah menggunakan alat pengukur
Mengonsumsi leunca dapat membantu mencegah hipertensi
Penderita tekanan darah tinggi disarankan rutin mengonsumsi leunca, salah satunya bisa dengan cara menjadikannya lalapan ketika makan. Mengonsumsi leunca secara rutin dapat membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan demam

Mengandung zat-zat seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, dan mikronutrien lainnya, Anda dapat mengonsumsi daun leunca yang telah dimasak untuk menurunkan panas. Selain itu, ekstrak yang didapat dari daun leunca juga mampu meredakan nyeri tubuh dan sendi akibat demam.

5. Meredakan sakit punggung

Leunca bermanfaat untuk meredakan sakit punggung, pegal, nyeri otot, pinggang kaku, dan asam urat (gout). Selain itu, mengonsumsi leunca juga bisa membantu untuk menyembuhkan rematik dan semua gejalanya. Salah satu negara di Afrika, Nigeria, selama ini menggunakan leunca sebagai obat herbal untuk menyembuhkan asam urat dan rematik. 

6. Mencegah skorbut

Leunca diketahui memiliki banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan vitamin C yang ada pada leunca diketahui dapat membantu mencegah munculnya skorbut. Skorbut merupakan kelainan pada mulut yang terjadi akibat kekurangan vitamin C.

7. Mencegah sembelit

Leunca mengandung serat yang dapat mencegah sembelit
Mengonsumsi leunca dapat membantu cegah masalah sembelit
Leunca merupakan buah yang menpunyai banyak kandungan serat. Kandungan serat yang ada pada leunca dapat berperan sebagai obat pencahar alami dan membantu untuk mencegah masalah sembelit. Gejala sembelit biasanya ditandai dengan frekuensi BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, feses yang keras dan kering, serta mengejan saat proses BAB.

8. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Bila Anda menderita insomnia, leunca mungkin bisa membantu masalah tidur Anda. Meminum susu yang dicampur dengan bubuk biji leunca dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan menghilangkan rasa lelah. Bubuk ini sendiri didapat dari biji leunca yang dikeringkan. Selain itu, bubuk leunca juga bermanfaat bagi penderita TBC serta diabetes.

9. Antibakteri dan sitoprotektif

Leunca dapat berfungsi sebagai antibakteri sehingga respons kekebalan menjadi semakin meningkat. Selain itu, aktivitas antibakteri ini dapat mendukung kinerja otot limpa, meredakan sakit maag, serta menurunkan panas tubuh. Leunca juga bermanfaat sebagai sitoprotektif yang membantu Anda untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Dalam tubuh, sitoprotektif dapat membantu Anda mencegah maupun menyembuhkan penyakit-penyakit yang menyerang ginjal dan lambung.

Hati-hati memilih leunca untuk dikonsumsi

Meskipun mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan, tidak semua jenis leunca dapat dikonsumsi. Apalagi, tanaman satu ini sebenarnya mempunyai kandungan racun yang berbahaya bagi kesehatan. Leunca yang dapat dikonsumsi hanyalah dari kelompok kultivar, mengingat rendahnya kandungan racun dalam jenis ini.Mengandung zat beracun seperti atropine dan solanin, mengonsumsi leunca dapat mengakibatkan mual, muntah, dan sakit kepala. Jika dikonsumsi secara berlebihan, leunca dapat menyebabkan keracunan parah.Menurut studi yang dikeluarkan Washington State University, mengonsumsi tanaman leunca dapat menyebabkan pendarahan pada saluran pencernaan atau gastrointestinal. Selain itu, tanaman ini juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat jika dikonsumsi.Gejala gastrointestinal meliputi muntah, turunnya nafsu makan, sakit perut, hingga diare yang dibarengi dengan darah. Sementara itu, tanda-tanda adanya masalah dalam sistem saraf pusat dapat berupa depresi, kesulitan bernapas, kejang, pingsan, hingga kematian.

Catatan dari SehatQ

Leunca memang mempunyai beragam manfaat positif bagi kesehatan. Namun, pemilihan jenis leunca yang dikonsumsi perlu diperhatikan supaya tidak keracunan dan memberikan efek buruk bagi tubuh. Apabila mengalami gejala-gejala keracunan akibat leunca, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.
makanan sehatkeracunan makananbuah dan sayuran
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/black-nightshade/
Diakses pada 12 Agustus 2020
Washington State University. https://extension.wsu.edu/whitman/2013/11/black-nightshade/
Diakses pada 12 Agustus 2020
RxList. https://www.rxlist.com/black_nightshade/supplements.htm
Diakses pada 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait