Salah satu cara memperbanyak ASI adalah dengan mengonsumsi makanan penambah ASI seperti fenugreek
Fenugreek merupakan salah satu makanan penambah ASI yang dibutuhkan oleh ibu menyusui

Ketika menginjak fase selanjutnya usai melahirkan yaitu menyusui, setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati mereka. Bagi ibu yang menyusui langsung, salah satu cara memperbanyak ASI adalah dengan mengonsumsi makanan penambah ASI.

Dengan memberikan ASI kepada anak, sebenarnya ini menjadi cara paling efektif sekaligus menyehatkan bagi anak. Meski demikian, perjalanan menyusui tidaklah semulus itu.

Makanan penambah ASI

Dulu, seorang ibu menyusui kerap diminta mengonsumsi banyak sekali sayur daun katuk demi bisa menambah suplai ASI mereka. Entah mereka suka atau tidak dengan rasa daun katuk yang cenderung pahit, tetap harus dikonsumsi demi mendapatkan ASI sesuai target.

Nah, untuk tahu cara memperbanyak ASI, coba 10 makanan penambah ASI berikut ini, yuk!

  • Oat

Tidak ada salahnya mengganti sarapan Anda dengan menu seperti oatmeal. Bisa dicampur dengan bahan manis seperti madu, susu, dan buah. Atau dalam olahan yang gurih. Mana saja yang sesuai dengan selera Anda bisa jadi pilihan cara memperbanyak ASI.

Mengonsumsi oatmeal hangat atau overnight oat yang sudah disimpan di lemari pendingin malam sebelumnya dapat membantu menambah produksi ASI Anda.

  • Fennel & fenugreek

Bagi ibu menyusui, mungkin jenis tanaman seperti fennel dan fenugreek sudah tidak asing lagi. Sayuran ini mengandung fitoestrogen yang sejak lama digunakan sebagai cara memperbanyak ASI. 

  • Pepaya

Buah pepaya rupanya termasuk dalam daftar makanan penambah ASI. Anda bisa mengonsumsinya mentah bersama yogurt atau memasukkannya dalam sereal atau salad. Mana yang Anda suka, itu bisa jadi cara menambah suplai ASI.

  • Sayuran berwarna hijau gelap

Sayuran memang baik bagi semua orang, termasuk bagi ibu menyusui. Lebih spesifik lagi, pilihlah sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, bayam, dan brokoli. Kandungan nutrisinya dapat menambah suplai ASI.

  • Bawang putih

Siapa sangka bumbu wajib dalam makanan ini ternyata juga bermanfaat sebagai makanan penambah ASI. Anda bisa menambahkan bawang putih pada olahan makanan yang dikonsumsi. Bahkan, bayi juga bisa menyusu lebih lahap ketika ada rasa bawang putih pada ASI.

  • Almond

Kacang-kacangan sangat bermanfaat sebagai cara memperbanyak ASI. Kandungan protein dan kalsiumnya sangat tinggi. Banyak ibu menyusui yang mengonsumsi almond sebagai camilan untuk menambah jumlah dan kekentalan ASI mereka.

  • Jahe

Olahan jahe bisa Anda campurkan dalam makanan atau diseduh menjadi minuman hangat. Apapun itu, jahe adalah bahan yang menyehatkan dan bisa meningkatkan suplai ASI Anda.

  • Air

Meskipun tidak masuk dalam kategori makanan penambah ASI, tapi sangat penting untuk menambahkan air dalam daftar ini. Selalu perbanyak frekuensi minum air putih Anda. Setiap kali usai menyusui atau memompa ASI, pastikan tubuh kembali terhidrasi dengan mengonsumsi cukup cairan.

Ketika suplai ASI tak mencukupi

Terkadang, ada saja masalah yang membuat seorang ibu tidak bisa memberikan suplai ASI mencukupi. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini. Mulai dari kesibukan, kondisi kesehatan seorang ibu, stres, hingga masalah pada payudara seperti mastitis.

Selain itu, ada juga masalah lain yang berkaitan dengan pola menyusui seorang ibu. Mulai dari yang paling mendasar yaitu perlekatan. Proses perlekatan ini tidak sesederhana menempelkan mulut bayi pada puting payudara.

Lebih jauh lagi, bayi harus bisa benar-benar menyedot ASI dengan cara yang tepat. Tentunya ini sangat berpengaruh dengan posisi sang ibu ketika menyusui. Butuh trial and error hingga bisa menemukan posisi perlekatan yang paling pas.

Faktor lain yang bisa menyebabkan suplai ASI tidak mencukupi adalah frekuensi menyusui yang tidak teratur. Kadang hal ini bisa memberi sinyal pada otak bahwa suplai ASI yang diperlukan belum perlu “isi ulang”. 

Itulah mengapa menyusui bayi dalam frekuensi sering dan teratur menjadi salah satu jurus untuk memastikan suplai ASI tetap aman. 

Lalu, bagaimana jika suplai ASI masih saja kurang? Tenang, Anda juga bisa mencoba makanan penambah ASI di atas sebagai salah satu cara memperbanyak ASI.

Terlepas dari apa pilihan makanan penambah ASI Anda, pastikan untuk selalu menjaga mood seorang ibu menyusui agar tetap bahagia. Temukan aktivitas-aktivitas kecil yang bisa membuat seorang ibu jauh dari kata stres.

Mengapa hal ini penting?

Kondisi pikiran dan jiwa yang tenang akan membuat hormon prolaktin dan oksitosin aktif diproduksi oleh tubuh. Ketika kedua hormon ini melimpah, maka tubuh akan merasa rileks sehingga produksi ASI bisa lebih banyak.

Bagi ibu yang menyusui sembari bekerja, terkadang hal sesederhana melihat foto atau video buah hati saat sedang memompa ASI di kantor bisa merangsang keluarnya let-down-reflex (LDR). Ini adalah kondisi saat ASI keluar dalam jumlah  banyak karena terdorong hormon oksitosin.

Untuk memastikan seorang ibu tidak merasa stres tentu tidak mudah. Akan ada saja rasa lelah hingga pikiran yang membuat seorang ibu merasa lelah luar biasa. Perlu support system yang benar-benar solid untuk mewujudkan kondisi ini.

It took a village to raise a child rupanya bukan sekadar ungkapan, ya? Selamat mencoba, para ibu menyusui!

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/lactation-boosting-recipes#lactation--boosting-recipes
Diakses 5 September 2019

Motherly. https://www.mother.ly/child/10-surprising-foods-that-boost-your-milk-supply-mama
Diakses 5 September 2019

The Bump. https://www.thebump.com/a/increase-milk-supply
Diakses 5 September 2019

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/foods-that-increase-breast-milk-supply-431598
Diakses 5 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed