Lash Lift untuk Bulu Mata Lentik, Bagaimana Proses dan Efek Sampingnya?


Lash lift adalah teknik melentikkan bulu mata yang bertujuan untuk membuat bulu mata lebih tebal dan tampak bervolume. Metode ini berbeda dari eyelash extension. Maka, kenali proses pengerjaan dan risiko efek sampingnya.

(0)
19 May 2020|Azelia Trifiana
Lash lift adalah teknik melentikkan bulu mata asliLash lift adalah metode melentikkan bulu mata alami menggunakan bahan alami berupa keratin
Lash lift adalah teknik melentikkan bulu mata alami yang cukup populer. Berbeda dengan eyelash extension yang menggunakan bulu mata palsu agar tampilannya tampak natural, lash lift hanya menggunakan bulu mata asli. Kini, sudah banyak berbagai salon kecantikan yang menawarkan perawatan lash liftKetahui apa itu lash lift, proses, dan risiko efek samping bila Anda melakukannya.

Apa itu lash lift?

Lash lift adalah teknik melentikkan bulu mata yang bertujuan untuk membuat bulu mata lebih tebal dan tampak bervolume. Perawatan kecantikan bulu mata ini diklaim menggunakan bahan alami. Prosedur dilakukan dengan melibatkan penggunaan keratin agar bulu mata lebih terangkat dan bervolume. Lash lift bisa dilakukan oleh orang dengan berbagai jenis bulu mata. Misalnya, ukuran bulu mata yang pendek dan lurus sekalipun.Meski bisa membuat bulu mata jadi tampak penuh dan lentik, tidak perlu khawatir apabila bulu mata Anda merupakan bulu mata palsu. Sebab, tidak ada helaian bulu mata yang berbeda dari bulu mata alami. 

Berapa harga lash lift bulu mata? 

Pada dasarnya, harga lash lift bulu mata cenderung bervariasi di setiap salon kecantikan. Hal ini bergantung pada teknik yang digunakan serta hasil lash lift yang diinginkan. Untuk mengetahui harga lash lift bulu mata yang tepat, Anda perlu mencari tahu informasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak salon kecantikan yang dituju. 

Apa yang harus dilakukan sebelum lash lift?

Lash lift adalah prosedur kecantikan yang diminati oleh sebagian besar perempuan karena tampilan area mata tetap bisa menawan dengan hasil yang terbilang alami. Jika tertarik untuk melakukannya, pastikan Anda mengetahui hal-hal berikut ini sebelum lash lift.

1. Pilih salon kecantikan yang aman dan berpengalaman

Salah satu hal penting yang perlu diketahui sebelum melakukan lash lift adalah memilih salon kecantikan yang aman dan dilakukan oleh terapis kecantikan berpengalaman.Lash lift yang dilakukan secara sembarangan dapat membuat hasil yang diinginkan menjadi tidak optimal. Bila perlu, Anda bisa mencari tahu berbagai portfolio mengenai hasil lash lift karya para praktisi sehingga bisa membantu menentukan ide pengerjaan yang diinginkan. Tak ada salahnya untuk bertanya kepada teman atau kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa melentikkan bulu mata di salon kecantikan tersebut. 

2. Pastikan keamanan dan kebersihan lash lift

Anda juga perlu memastikan kalau tangan terapis sudah dalam kondisi bersih sebelum menyentuh area wajah Anda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan jenis penyakit tertentu.

3. Konsultasi dengan terapis kecantikan

Saat berkonsultasi, Anda dapat menyampaikan bentuk bulu mata yang diinginkan. Terapis juga dapat melihat kondisi bulu mata Anda dan memberikan rekomendasi bentuk atau teknik pengerjaan. Beberapa praktisi yang profesional mungkin akan menanyakan riwayat alergi, penyakit kulit, atau penyakit mata yang pernah Anda alami. Tak ada salahnya untuk meminta tes pada area kulit tertentu terlebih dahulu menggunakan sedikit produk lash liftDi samping itu, Anda perlu bertanya mengenai perawatan yang perlu dilakukan setelah melakukan lash lift

Bagaimana prosedur lash lift dilakukan?

Lash lift adalah prosedur mempercantik bulu mata yang dilakukan selama 45 menit hingga 1 jam. Sebelum lash lift dilakukan, Anda akan diminta untuk melepas lensa kontak, bila menggunakannya. Kemudian, terapis akan meminta Anda untuk berbaring di tempat tidur yang telah disediakan. Terapis akan membersihkan area mata, termasuk kelopak mata dan bulu mata. Langkah ini dilakukan agar residu make up tidak masuk ke dalam mata dan menggumpal pada bulu mata asli Anda.Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memejamkan mata rapat-rapat. Lalu, bagian kelopak mata akan ditempelkan silikon perekat yang tebal. Bulu mata akan disisir perlahan agar terpisah bagian atas dan bagian bawah, serta agar tidak menggumpal dan saling menempel.Selanjutnya, bulu mata akan diolesi cairan khusus yang mengandung bahan-bahan tertentu, termasuk keratin, untuk melembutkan bulu mata sehingga mudah dibentuk. Cairan khusus yang membuat bulu mata tampak bervolume dan hitam ini memiliki beberapa jenis tingkat kelentikan yang bisa Anda pilih. Cairan khusus tersebut mengandung bahan, seperti thioglycolic acid dan emacol, untuk membuat bulu mata bisa beradaptasi dengan bentuk yang diinginkan. Proses ini akan berlangsung selama 6-12 menit tergantung pada jenis bulu mata seseorang. Saat proses lash lift dilakukan, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman sebagai efek sampingnya. Pada bagian akhir prosedur, terapis akan mengoleskan minyak dan setting solution. Kandungan yang digunakan pada minyak dan setting solution adalah lidah buaya, minyak grapeseed, dan gliserin sehingga kelembapan bulu mata bisa kembali. 

Berapa lama lash lift bertahan?

Umumnya, bulu mata lentik hasil dari lash lift dapat bertahan selama 6-8 minggu, tergantung pada siklus dan karakter bulu mata setiap orang. Periode 24 jam setelah pengaplikasian lash lift sangat krusial. Bulu mata harus dirawat agar tidak basah, lembap, atau terkena riasan mata.Setelah rentang beberapa minggu, bulu mata akan kembali seperti semula sehingga perlu dilakukan perawatan lash lift ulang untuk mendapatkan efek lentik yang sama.Orang yang sudah melakukan lash lift bisa merasa sangat puas dengan hasilnya karena bulu mata akan tampak lentik tanpa harus menggunakan perangkat make up apa pun.

Apa risiko efek samping lash lift?

Meski diklaim sebagai cara alami melentikkan bulu mata, lash lift juga dapat berisiko menimbulkan efek samping, seperti:
  • Ruam
  • Kulit kemerahan
  • Alergi mata
  • Mata kering
  • Mata berair
  • Peradangan
  • Abrasi kornea
Masalah pada mata rentan terjadi apabila ada kandungan dalam alat lash lift yang digunakan tak sengaja masuk ke dalam mata. Selain itu, mempercayakan prosedur lash lift pada sembarang orang yang belum tentu tersertifikasi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping tersebut.

Adakah alternatif lain selain lash lift?

Untuk membuat tampilan bulu mata tampak penuh dan lentik, sebenarnya ada langkah mudah yang bisa dilakukan, seperti:

1. Penjepit bulu mata

Anda bisa menggunakan penjepit bulu mata untuk membuat bulu mata jadi lentik. Meski harus digunakan secara rutin saat merias wajah, cara ini tergolong aman dan minim risiko efek samping. 

2. Maskara

Anda juga bisa menggunakan bulu mata sesaat setelah menjepit bulu mata. Pilihlah maskara jenis waterproof yang dapat melembapkan bulu mata. Namun, pastikan cara pakai maskara harus tepat agar hasilnya bisa tampak maksimal. [[artikel-terkait]]Masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar apa itu lash lift? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikancara memanjangkan bulu matamakeup
Healthline. https://www.healthline.com/health/lash-lift-side-effects
Diakses 30 April 2020
Elle. https://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/a19409536/what-is-lash-lift/
Diakses 30 April 2020
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19948019/lash-lift/
Diakses 30 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait