Lengkapi Nutrisi untuk Ibu Hamil dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

(0)
14 Feb 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Fridawati
Makanan untuk ibu hamil seperti kacang-kacangan dan brokoli mengandung nutrisi yang baik bagi perkembangan janinMakanan bernutrisi untuk kehamilan diperlukan untuk menjaga kondisi janin agar dapat tumbuh sehat
Pada masa kehamilan, seorang ibu harus memperoleh asupan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan janin. Oleh karena itu, ibu wajib mengetahui berbagai makanan bernutrisi tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kandungannya. Beberapa makanan berikut ini bisa menjadi sumber nutrisi tinggi di masa kehamilan.

Kebutuhan gizi ibu hamil

Selama kehamilan, tubuh akan membutuhkan lebih banyak gizi. Ibu hamil akan memerlukan lebih banyak zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral, dan zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak untuk menunjang perkembangan janin.Peningkatan kebutuhan gizi ini juga membuat ibu hamil membutuhkan 300 kalori tambahan pada trimester dua dan ketiga, 1200 mg kalsium, 600-800 mcg folat, serta 27 mg zat besi. Umumnya, ibu hamil dapat memenuhi peningkatan kebutuhan gizi ini dengan menjalani diet makanan sehat.Cara sederhana untuk memastikan Anda mendapat gizi yang seimbang, yaitu dengan memvariasikan makanan dalam piring. Satu piring setidaknya harus mencakup tiga kelompok makanan yang berbeda.Jenis makanan yang direkomendasikan, yakni sayuran, biji-bijian, buah, kacang-kacangan, daging ayam, ikan, dan produk susu yang telah dipasteurisasi. Sementara itu, junk food, keripik, dan minuman soda yang tak mengandung nilai gizi sebaiknya dibatasi.

Asupan gizi ibu hamil

Asupan yang ibu hamil konsumsi merupakan sumber makanan utama bagi janin, dan dapat memengaruhi kesehatan baik ibu maupun janin. Oleh sebab itu, ibu harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Berikut asupan gizi penting yang dianjurkan untuk ibu hamil:

1. Protein

Protein penting bagi pertumbuhan jaringan janin, termasuk jaringan otak. Asupan ini juga berperan dalam meningkatkan pasokan darah sehingga memungkinkan lebih banyak darah untuk disalurkan pada janin. Sumber protein yang baik, di antaranya kacang polong, ayam, ikan salmon, keju cottage, daging sapi tanpa lemak, dan selai kacang.

2. Folat

Folat berperan penting dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin. Ini adalah cacat lahir yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang janin, misalnya spina bifida. Beberapa makanan yang mengandung folat, yakni hati, sayuran berdaun hijau gelap, dan kacang.

3. Zat besi

Ketika hamil, tubuh membutuhkan zat besi ekstra untuk meningkatkan aliran darah sehingga memastikan oksigen yang disuplai untuk Anda maupun janin tercukupi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Adapun sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil, yaitu sayuran berdaun hijau tua, buah sitrus, buah kering, dan sereal.

4. Kalsium

Kalsium merupakan gizi yang penting untuk pertumbuhan tulang janin. Selain itu, kalsium juga dapat mengatur penggunaan cairan tubuh ibu. Contoh makanan yang merupakan sumber kalsium yang baik, yaitu yogurt, susu, keju, tahu, telur, dan kubis.

5. Lemak

Asupan lemak dapat membuat tubuh bertenaga dan dibutuhkan untuk membantu perkembangan janin. Namun, Anda harus memilih lemak omega-3 atau lemak sehat karena banyaknya lemak jenuh malah akan membahayakan ibu maupun janin.Asupan yang termasuk lemak sehat adalah minyak zaitun, minyak wijen, minyak kanola, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6. Serat

Mengonsumsi makanan berserat tak hanya menyehatkan, namun juga dapat mengurangi risiko ibu hamil terkena sembelit dan wasir. Beberapa makanan berserat yang baik dikonsumsi selama kehamilan, yaitu gandum, tomat, apel, jeruk, dan brokoli.

Contoh makanan yang baik untuk ibu hamil

1. Sereal gandum

Sereal merupakan sarapan sehat yang dianjurkan bagi wanita hamil. Mengonsumsi sereal yang kaya akan serat bisa membantu sistem pencernaan calon ibu. Seperti yang kita ketahui, pada masa kehamilan, wanita seringkali mengalami gangguan sistem pencernaan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein tinggi. Itulah sebabnya, kacang-kacangan menjadi makanan bernutrisi tinggi yang disarankan. Terutama bagi ibu hamil yang membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kedelai, polong, dan sejenisnya yang rendah kolesterol, aman dikonsumsi ibu hamil.

3. Brokoli

Sayuran hijau yang disarankan selain bayam adalah brokoli. Brokoli tidak hanya nikmat disantap, tetapi juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Mengonsumsi brokoli ketika hamil bisa membantu menjaga kondisi janin tetap aktif.

4. Susu tanpa lemak

Susu tanpa lemak adalah nutrisi yang disarankan bagi wanita hamil. Kandungan kalsium di dalamnya efektif untuk pembentukan tulang pada janin, serta menjaga kondisi ibu hamil dari kelelahan.

5. Pisang

Pisang merupakan buah kaya manfaat yang disarankan untuk dikonsumsi saat hamil. Pisang kaya akan kandungan magnesium serta fosfor sebagai sumber energi bagi ibu serta janin. Anda bisa mengonsumsi pisang dengan mencampurkannya bersama yogurt atau memakannya langsung. Buah pisang juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

6. Daging

Konsumsi daging secara rutin ketika Anda berada di masa kehamilan. Daging termasuk makanan penting untuk memenuhi kebutuhan protein dalam pembentukan energi bagi ibu hamil. Pilih daging tanpa lemak yang diolah hingga matang, untuk menghindari gangguan pencernaan.

7. Keju

Makanan bernutrisi tinggi selanjutnya yang disarankan bagi ibu hamil adalah keju. Hampir setiap orang menyukai keju karena rasanya yang nikmat. Di samping itu, keju juga mengandung kalsium yang tinggi untuk membantu pembentukan dan penyempurnaan tulang pada ibu dan janin.

8. Telur

Telur adalah makanan penuh gizi dan kaya protein. Telur bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan asam amino selama kehamilan. Anda bisa mengolah telur menjadi menu yang tidak membosankan seperti omelet sayur. Selain itu, Anda dapat mengonsumsinya langsung setelah direbus.

9. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan praktis yang kaya akan nutrisi. Kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya mampu memberikan rasa kenyang cukup lama. Tidak hanya itu, oatmeal juga efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Itulah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda selama masa kehamilan. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan gizi si kecil sejak masih di dalam kandungan agar ia dapat tumbuh sehat sampai lahir.
makanan sehatmenjaga kehamilannutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/15-pregnancy-power-foods1/
Diakses pada November 2018
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/nutrition#Healthy-weight-gain-during-pregnancy-
Diakses pada 22 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/246404.php#weight-gain
Diakses pada 22 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait