Lendir di Tenggorokan Tak Kunjung Hilang? Ini Cara Meredakannya

Mengatasi lendir di tenggorokan bisa dilakukan di rumah maupun dengan bantuan dokter
Lendir di tenggorokan bisa disebabkan oleh flu maupun pilek

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan lendir di tenggorokan? Jika ya, hal ini tentu terasa sangat tidak nyaman dan Anda pasti terpaksa mengeluarkannya terus-menerus. 

Kondisi ini umumnya memang tidak berbahaya. Namun Anda sebaiknya tetap mengenali penyebab dan cara mengatasi lendir di tenggorokan yang tidak mengenakkan ini. 

Apa itu lendir di tenggorokan?

Lendir adalah cairan yang diproduksi oleh berbagai membran mukosa di tubuh, termasuk mulut, tenggorokan, serta hidung. Lendir ini umumnya berwarna bening dan licin.

Lendir di tubuh berfungsi sebagai pelindung dan menjaga kelembapan area tubuh, serta mengandung antibodi dan enzim yang membantu melawan infeksi. 

Selain itu, lendir juga berperan untuk memerangkap debu, asap, atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, lendir di bagian dalam hidung yang menyaring udara dan kotoran yang masuk bersama udara, kemudian menjadi kotoran hidung atau upil.

Akibat beberapa kondisi, produksi lendir dalam hidung bisa menjadi terlalu banyak. Akhirnya, lendir ini bisa turun dan menumpuk di tenggorokan. Kondisi inilah yang disebut dengan postnasal drip atau lendir di tenggorokan. 

Beberapa gejala postnasal drip atau lendir di tenggorokan bisa meliputi:

  • Muncul keinginan untuk mengeluarkan atau membersihkan lendir di tenggorokan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Batuk yang muncul sesekali.
  • Batuk terus-menerus.
  • Rasa gatal di tenggorokan.
  • Suara menjadi serak, bahkan kehilangan suara.
  • Sensasi rasa terbakar di tenggorokan.
  • Seolah-olah ada benda yang mengganjal di tenggorokan. 

Macam-macam penyebab lendir di tenggorokan

Tubuh memproduksi lendir sekitar 1-1,5 liter per hari. Kendati demikian, jumlahnya akan bertambah bila Anda mengalami kondisi-kondisi medis berikut ini:

  • Pilek.
  • Flu.
  • Alergi, seperti alergi terhadap debu atau serbuk sari. 
  • Infeksi sinus atau sinusitis.
  • Adanya sesuatu yang terperangkap di dalam hidung (biasanya terjadi pada anak-anak).
  • Perubahan cuaca, seperti cuaca dingin atau udara yang kering. 
  • Terpapar produk berisi bahan-bahan kimia tertentu, misalnya parfum, produk pembersih, rokok, atau jenis iritan lainnya. 
  • Konsumsi makanan yang terlalu pedas.
  • Minum obat-obatan tertentu, seperti obat pengendali tekanan darah.
  • Kehamilan. 

Pada beberapa kasus, tenggorokan berlendir bukan disebabkan oleh produksinya yang berlebihan, melainkan tenggorokan yang tidak mampu membersihkan dahak. 

Aktivtas menelan atau penyakit asam lambung naik (GERD) juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di tenggorokan, yang seolah-olah terasa seperti adanya lendir di tenggorokan. 

Ini cara menghilangkan lendir di tenggorokan ala rumahan

Produksi lendir yang berlebihan tentu membuat Anda merasa tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu sistem pernapasan. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Minum air putih yang banyak

Salah satu cara untuk mengencerkan lendir di tenggorokan adalah dengan banyak minum air putih. Selain dapat menghidrasi tubuh, cara ini dipercaya bisa membantu tenggorokan agar tetap lembap sehingga Anda akan terasa lebih nyaman. 

Anda bisa minum air putih hangat atau jenis minuman dan makanan hangat lainnya  untuk meringankan produksi lendir berlebih serta meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Misalnya, teh dan air jahe.

2. Berkumur dengan larutan air garam hangat

Berkumur dengan air hangat campur garam dapat membantu dalam membersihkan lendir di tenggorokan serta mengurangi sakit tenggorokan. Bagaimanakah caranya?

Anda cukup melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam air putih hangat, lalu aduk hingga merata. Kemudian gunakan campuran air ini untuk berkumur, dan buang airnya setelah selesai berkumur.

3. Mengonsumsi sup ayam

Salah satu yang terkenal ampuh dalam mengobati lendir di tenggorokan adalah dengan mengonsumsi sup ayam. 

Sup ayam hangat atau makanan berkuah panas lainnya, dapat membuat tenggorokan Anda terasa lebih nyaman. Pasalnya, uap dari cairan panas akan melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat, serta mengencerkan lendir di tenggorokan. 

Pencegahan dehidrasi juga bisa dilakukan berkat konsumsi sup ayam, sehingga membuat Anda merasa lebih baik. 

4. Mandi dengan air hangat

Sama halnya dengan makanan dan minuman hangat, mandi dengan air hangat pun dapat membantu dalam memberikan rasa nyaman. Kebaikan ini muncul berkat uap dari air hangat yang dapat mengurangi hidung tersumbat dan mengencerkan dahak. 

5. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Jika penumpukan lendir di tenggorokan yang Anda alami memburuk di malam hari, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari jantung. Anda bisa menambah bantal ekstra di bawah kepala Anda.

Langkah ini dapat mencegah lendir tidak menggumpal atau menumpuk di bagian belakang tenggorokan, dan mengganggu tidur nyenyak Anda dengan batuk. 

6. Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Apabila Anda mengalami tenggorokan berlendir akibat adanya alergi, Anda sebaiknya menjaga kebersihan rumah dengan saksama. Anda bisa menyingkirkan bakteri, virus, kotoran, debu, atau parasit yang menempel di perabotan menggunakan alat penyedot debu atau mengganti seprai dan sarung bantal secara rutin.

Apabila lendir di tenggorokan tetap mengganggu Anda meski sudah melakukan cara-cara mengatasinya tersebut, Anda mungkin butuh bantuan obat-obatan tertentu.

Cara mengobati tenggorokan berlendir dengan obat

Jika penanganan ala rumahan tidak dapat meredakan atau menghilangkan lendir di tenggorokan Anda, beberapa jenis obat berikut Anda gunakan:

  • Obat dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat. Pseudoephedrine atau phenylephrine merupakan contohnya.
  • Guaifenesin yang berfungsi mengencerkan lendir di tenggorokan.
  • Antihistamin, seperti diphenhydramine, loratadine, fexofenadine, cetirizine, levocetirizine, dan desloratadine
  • Obat semprot hidung, misalnya oxymetazoline. Obat ini berfungsi membantu membuka pernapasan hidung agar menjadi lebih nyaman. 
  • Obat semprot hidung berisi air garam steril (saline). 

Obat-obatan tersebut ada yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek terdekat dan sebagian lainnya adalah obat resep. Pastikan Anda membaca dan mematuhi aturan pakai yang tertera pada kemasan. 

Apabila lendir di tenggorokan tidak kunjung sembuh atau bahkan disertai demam atau lendir yang berdarah, Anda sebaiknya segera memeriksakan ke dokter. Dokter akan membantu Anda dalam mendiagnosis penyebab penumpukan dahak serta penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/what_is_mucus/article.htm
Diakses pada 15 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/allergies/postnasal-drip#1
Diakses pada 15 Oktober 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-causes-post-nasal-drip-1191969
Diakses pada 15 Oktober 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/post-nasal-drip-remedies-89304
Diakses pada 15 Oktober 2019

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/treatments-for-post-nasal-drip
Diakses pada 15 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319636.php
Diakses pada 15 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed