10 Cara Menghilangkan Hitam di Leher yang Mengganggu Penampilan


Cara menghilangkan hitam di leher penting dilakukan bagi orang yang mengalami masalah leher hitam. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan area tubuh hingga kondisi medis tertentu.  

(0)
09 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan hitam di leher dapat diatasi dengan membersihkan leher saat mandiLeher hitam dapat mengganggu penampilan Anda
Cara menghilangkan hitam di leher penting dilakukan bagi orang-orang yang tengah mengalami masalah leher hitam. Leher hitam adalah salah satu masalah kulit yang cukup mencolok dan mudah disadari oleh orang banyak. Letaknya yang berada di bawah kepala membuat bagian tubuh ini cukup terlihat dengan jelas. Pada dasarnya, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara menyeluruh. Jika leher tampak kotor bahkan menghitam, orang lain pun bisa dengan mudah menyadarinya.Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebersihan diri yang tak terjaga hingga kondisi medis tertentu. Rasa percaya diri seseorang pun bisa berkurang karenanya. 

Cara menghilangkan hitam di leher secara alami

Ada beberapa cara menghilangkan hitam di leher yang bisa dicoba di rumah dengan mudah, yaitu:

1. Membersihkan leher saat mandi

cara menghilangkan hitam di leher adalah dengan mandi
Bersihkan area leher secara menyeluruh saat mandi
Bagian leher seringkali dilupakan saat mandi. Maka, salah satu cara menghilangkan hitam di leher secara alami adalah membersihkan leher saat mandi. Oleh sebab itu, Anda harus membiasakan diri untuk membersihkan area leher secara menyeluruh, terutama leher bagian belakang agar daki maupun kotoran yang menumpuk dapat hilang. Jika dilakukan secara rutin, cara memutihkan leher belakang secara alami ini bisa mengembalikan warna kulit seperti semula. 

2. Mengontrol berat badan dan gula darah

Cara menghilangkan hitam di leher berikutnya adalah mengontrol berat badan dan gula darah. Ini karena pada umumnya, orang yang mengalami obesitas atau menderita diabetes memang cenderung memiliki masalah leher hitam. Oleh karena itu, Anda perlu mengendalikan berat badan dan gula darah. Selain itu, lakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga. Cara menghilangkan leher hitam ini juga dapat mengurangi kondisi acanthosis nigricans yang Anda alami. 

3. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati juga bisa menjadi cara menghilangkan hitam di leher dengan mengangkat sel-sel kulit mati.Ini karena salah satu masalah leher hitam bisa disebabkan oleh kotoran atau daki serta sel kulit mati yang menumpuk.Anda bisa menggosokkan permukaan kulit leher dengan scrub alami dari bubuk kopi yang dicampurkan dengan air hangat dan minyak kelapa. Lalu, gosokkan pada area leher yang menghitam sampai bersih. Ingat, jangan terlalu keras saat menggosokkan permukaan kulit karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

4. Gel lidah buaya

Oleskan lidah buaya sebagai cara menghilangkan hitam di leher
Oleskan lidah buaya pada area leher yang menghitam
Manfaat lidah buaya untuk kulit ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan leher hitam dari bahan alami.Kandungan flavonoid yang ditemukan pada lidah buaya diyakini bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dengan  menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Selain itu, cara untuk memutihkan leher hitam dengan lidah buaya juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area leher yang menghitam, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas area kulit leher dengan air dan ulangi setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat dari cara menghilangkan leher hitam ini.

5. Baking soda

Baking soda juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan hitam di leher dari bahan alami. Baking soda dapat membantu menghilangkan lapisan kulit mati dan kusam pada leher. Anda hanya perlu mencampurkan air dan 2-3 sendok makan baking soda sampai terbentuk pasta masker yang halus. Oleskan pasta masker pada area leher dan biarkan sampai mengering. Kemudian, gosok dengan jari-jari tangan dan bilas menggunakan air bersih.Ulangi cara menghilangkan leher hitam ini setiap hari selama kurang lebih 1 minggu untuk melihat hasilnya dengan optimal. 

6. Cuka apel

Anda bisa menerapkan cara menghilangkan hitam di leher dari bahan alami dengan cuka apel. Cuka apel diyakini dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga membuat kulit tampak cerah secara alami. Cuka apel juga dipercaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan area leher penyebab kulit gelap dan kusam. Hal ini berkat kandungan asam malat yang merupakan eksfoliator alami. 
Cuka apel bisa digunakan sebagai cara menghilangkan hitam di leher
Campurkan cuka apel dan air sebelum menggunakannya ke permukaan leher
Anda bisa menggunakan 2 sendok makan cuka apel dan 4 sendok makan air, aduk merata. Oleskan larutan ini pada area permukaan leher Anda dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, bilas area leher dengan air sampai bersih. Ulangi cara untuk memutihkan leher hitam ini setiap dua hari sekali. Pastikan Anda menjaga kelembapan kulit setelah mengoleskan cuka apel karena bahan alami ini mampu meningkatkan risiko kulit kering. 

7. Minyak zaitun dan lemon

Cara menghilangkan hitam di leher dari bahan alami lainnya adalah dengan minyak zaitun dan lemon. Lemon merupakan zat pencerah alami untuk mencerahkan dan mengatasi kulit kusam sekaligus mengencangkan pori-pori kulit. Sementara, minyak zaitun dapat menghidrasi dan melembutkan kulit. Cara memutihkan leher belakang dengan minyak zaitun dan lemon adalah dengan mencampurkan kedua bahan alami ini secukupnya. Oleskan pada permukaan area leher yang menghitam sebelum tidur di malam hari. Lakukan langkah ini selama sebulan penuh untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

8. Kentang

Cara memutihkan leher hitam dengan kentang juga bisa Anda coba di rumah. Kentang dipercaya memiliki efek untuk mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan bercak gelap yang membuat warna kulit jadi merata. Gunakan kentang berukuran kecil dan parut. Kemudian, peras kentang yang sudah diparut. Oleskan sari kentang pada permukaan leher yang menghitam dan diamkan sampai mengering selama 10-15 menit. Kemudian, bilas area leher dengan air suam-suam kuku. Anda dapat mengulangi langkah ini 1-2 kali setiap hari. 

9. Yoghurt dan lemon 

Selain dengan minyak zaitun, Anda bisa mencampurkan air lemon dengan yoghurt sebagai cara menghilangkan leher hitam secara alami. Yoghurt mengandung enzim alami untuk mencerahkan kulit yang gelap. Selain itu, yoghurt mengandung lemak sehat yang dapat melembutkan dan menutrisi kulit. 

10. Kunyit

Cara menghilangkan hitam di leher bisa menggunakan kunyit
Kunyit diklaim sebagai bahan alami untuk memutihkan leher hitam
Sudah pernah coba cara memutihkan leher hitam dengan kunyit? Kunyit dianggap dapat digunakan untuk memutihkan kulit sekaligus memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Anda bisa mencampurkan 1-2 sendok makan yoghurt tanpa rasa dan ¼ sendok teh bubuk kunyit. Aduk merata. Oleskan masker kunyit pada permukaan leher yang sudah dibersihkan dan diamkan sampai mengering selama 15 menit. Lalu, bilas area leher dengan air suam-suam kuku. Perlu diingat bahwa beberapa cara menghilangkan hitam di leher secara alami di atas mungkin masih ada yang membutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya. Selalu lakukan tes pada sedikit area tangan guna mengetahui apakah Anda mengalami reaksi alergi atau tidak terhadap cara menghilangkan leher hitam secara alami.  

Kenali penyebab leher hitam

Sebagian besar kasus leher hitam memang tidak berbahaya dan menular. Namun pada sebagian kasus, area kulit leher yang menghitam bisa menjadi tanda dari kondisi yang serius.Terlebih jika area kulit leher yang menggelap disertai gejala lain, seperti kulit menebal, gatal, atau terasa lembut dibandingkan kulit di sekitarnya. Jika salah satu masalah kulit hitam disertai dengan gejala di atas secara tiba-tiba, sebaiknya Anda harus mewaspadainya. Adapun berbagai penyebab leher hitam yang mungkin terjadi, antara lain: 

1. Paparan sinar matahari

Salah satu penyebab leher hitam adalah paparan sinar matahari secara berlebihan yang menyentuh permukaan kulit leher secara langsung sehingga leher hitam dapat terjadi. Hal ini disebabkan oleh hiperpigmentasi yang terjadi akibat tubuh memproduksi lebih banyak melanin guna melindungi sel-sel yang ada dalam kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

2. Dermatitis neglecta

Penyebab leher hitam terjadi berikutnya adalah kondisi dermatitis neglecta. Salah satu masalah kulit ini dapat terjadi ketika anda malas mandi atau tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Akibatnya, keringat, daki, kotoran, dan sel kulit mati menumpuk serta mengendap pada area leher sehingga warna leher menjadi gelap kehitaman. 

3. Akantosis nigrikans

Akantosis nigrikans juga menjadi penyebab leher hitam lainnya.Akantosis nigrikans adalah suatu kondisi ketika kulit menjadi lebih gelap, tebal, dan terasa seperti beludru. Masalah kulit ini dapat muncul di leher, lipatan kulit, atau area tubuh lain secara tiba-tiba. Akantosis nigrikans lebih sering terjadi pada penderita pradiabetes atau diabetes.Gangguan hormon maupun obesitas juga dapat memicu munculnya kondisi ini. Selain itu, akantosis nigrikans dapat disebabkan oleh penggunaan obat tertentu, seperti pil KB, niasin, prednison, kortikosteroid, dan lainnya. 

4. Hiperpigmentasi akibat obat

Tak hanya paparan sinar matahari, hiperpigmentasi juga dapat terjadi sebagai akibat dari penggunaan obat tertentu. Misalnya, obat antiradang nonsteroid, fenitoin, antimalaria, amiodaron, antipsikotik, dan tetrasiklin.Perubahan warna kulit dapat terjadi di area tubuh mana saja, termasuk leher. Warna kulit bisa berubah menjadi coklat tua atau biru kehitaman. Masalah ini bisa bersifat sementara atau bahkan jangka panjang.

5. Kadar insulin darah tinggi

Ketika Anda memiliki kadar insulin yang tinggi, hiperpigmentasi di area leher dapat terjadi, terutama di area leher belakang. Tingkat insulin yang tinggi bisa merangsang aktivitas sel-sel di kulit sehingga menyebabkan perubahan warna kulit hitam di leher.

6. Panu

Panu atau tinea versicolor adalah penyebab leher hitam akibat  infeksi jamur Mallasezia furfurPertumbuhan berlebih atau jumlah jamur yang terlalu banyak dapat menyebabkan bercak-bercak gelap pada leher. Bercak kulit ini juga bisa terasa sangat gatal. Selain pada leher, panu juga bisa muncul di punggung, lengan, dan dada.

7. Lichen planus pigmentosus

Lichen planus pigmentosus adalah kondisi peradangan yang dapat menyebabkan jaringan parut berkembang di kulit. Masalah ini bisa menimbulkan bercak abu-abu sampai hitam pada area leher dan wajah.

8. Erythema nodosum

Penyebab leher hitam lainnya adalah kondisi erythema nodosum. Erythema nodosum adalah peradangan kulit pada lapisan lemak di bawah kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya bercak kemerahan, abu-abu, biru tua, atau hitam yang tidak teratur pada kulit leher dan lengan atas.[[artikel-terkait]]Pada dasarnya, leher hitam bukanlah kondisi yang berbahaya atau pun menular. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu tanda kondisi serius. Segera temui dokter ketika leher hitam yang muncul terlihat sangat mengganggu dan disertai gejala yang tidak biasa. Dokter mungkin akan meresepkan salep khusus untuk membuat kulit leher Anda lebih cerah.Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab dan cara menghilangkan hitam di leher. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play
penyakit kulitdermatitishiperpigmentasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/black-neck#causes
Diakses pada 26 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321767.php#home-remedies
Diakses pada 26 Desember 2019
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/dark-neck-home-remedies/#gref
Diakses pada 26 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/diy-body-scrub#coffee-scrub
Diakses pada 26 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait