Leher hitam dapat diatasi dengan membersihkan leher saat mandi
Leher hitam dapat mengganggu penampilan Anda

Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara menyeluruh. Karena letaknya di bawah kepala, membuat bagian tubuh ini cukup terlihat dengan jelas sehingga jika terlihat kotor atau terkena penyakit tertentu, orang lain juga bisa menyadarinya.

Salah satu masalah pada leher yang cukup mencolok dan mudah disadari oleh orang-orang adalah leher hitam. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebersihan yang tak terjaga hingga kondisi medis tertentu. Hal ini tentu bisa membuat rasa percaya diri berkurang.

Penyebab leher hitam

Ketika kulit leher terasa lebih gelap dari kulit di sekitarnya, Anda mungkin merasa khawatir. Sebagian besar kasus leher hitam memang tidak berbahaya dan menular. Namun pada sebagian kasus, kulit yang menghitam ini dapat menjadi tanda dari kondisi yang serius.

Penggelapan kulit di leher ini juga dapat disertai gejala lain, seperti kulit menebal, gatal, atau terasa lebih lembut daripada kulit di sekitarnya. Jika masalah ini terjadi secara tiba-tiba, Anda harus mewaspadainya. Berikut penyebab kulit hitam yang mungkin terjadi:

  • Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung ke leher dapat membuat kulit leher Anda menghitam. Hal ini disebabkan oleh hiperpigmentasi yang terjadi akibat tubuh memproduksi lebih banyak melanin untuk melindungi sel-sel yang ada dalam kulit dari serangan sinar UV.

  • Dermatitis neglecta

Dermatitis neglecta terjadi ketika Anda malas mandi atau kurang bersih mandinya. Hal ini menyebabkan keringat, daki, dan kotoran menumpuk pada area leher. Kotoran yang menempel tersebut pun akan mengendap sehingga mengubah warna leher menjadi kehitaman.

  • Akantosis nigrikans

Akantosis nigrikans adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi lebih gelap, tebal, dan terasa seperti beludru. Kondisi ini dapat muncul di leher, lipatan kulit, ataupun area tubuh lain secara tiba-tiba. Akantosis nigrikans lebih sering terjadi pada penderita pradiabetes atau diabetes.

Gangguan hormon maupun obesitas juga dapat memicu munculnya kondisi ini. Selain itu, akantosis nigrikans dapat disebabkan oleh penggunaan obat tertentu, seperti pil KB, niasin, prednison, dan kortikosteroid yang lain.

  • Hiperpigmentasi akibat obat

Tak hanya karena paparan sinar matahari, hiperpigmentasi juga dapat terjadi sebagai akibat dari penggunaan obat tertentu, seperti obat anti-inflamasi nonsteroid, fenitoin, antimalaria, amiodaron, antipsikotik, dan tetrasiklin.

Perubahan warna kulit dapat terjadi di area tubuh mana saja, termasuk leher. Warna kulit bisa berubah menjadi coklat tua atau biru kehitaman. Masalah ini bisa bersifat sementara atau bahkan jangka panjang.

  • Kadar insulin darah tinggi

Ketika Anda memiliki kadar insulin yang tinggi, hiperpigmentasi di area leher dapat terjadi, terutama di leher belakang. Tingkat insulin yang tinggi bisa merangsang aktivitas sel-sel di kulit sehingga menyebabkan perubahan warna kulit menjadi hitam.

  • Panu

Panu atau tinea versicolor adalah infeksi jamur Mallasezia furfur. Pertumbuhan berlebih atau jumlah jamur yang terlalu banyak dapat menyebabkan bercak-bercak gelap pada leher. Bercak kulit ini juga bisa terasa sangat gatal. Selain pada leher, panu juga bisa muncul di punggung, lengan, dan dada.

  • Lichen planus pigmentosus

Lichen planus pigmentosus adalah kondisi peradangan yang dapat menyebabkan jaringan parut berkembang di kulit. Masalah ini bisa menimbulkan bercak abu-abu sampai hitam pada leher dan wajah.

  • Erythema nodosum

Erythema nodosum adalah peradangan kulit pada lapisan lemak di bawah kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya bercak kemerahan, abu-abu, biru tua, atau hitam yang tidak teratur pada kulit leher dan lengan atas.

Cara mengatasi leher hitam

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan hitam pada leher tersebut. Berikut cara mengatasi leher hitam yang dapat Anda coba di rumah:

  • Membersihkan leher saat mandi

Bagian leher seringkali dilupakan saat mandi. Oleh sebab itu, ketika mandi Anda harus membiasakan diri untuk membersihkan seluruh bagian leher, terutama leher belakang agar daki maupun kotoran yang menumpuk pun hilang. Jika dilakukan secara rutin, leher hitam Anda akan kembali lagi ke warna semula.

  • Mengontrol berat badan dan gula darah

Orang yang obesitas atau menderita diabetes memang cenderung memiliki leher hitam. Oleh sebab itu, dalam mengatasi hal ini Anda harus mengontrol berat badan dan gula darah. Mulailah melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang maupun rutin berolahraga.

  • Menggunakan gel lidah buaya

Flavonoid yang ditemukan dalam lidah buaya dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Lidah buaya juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada leher, kemudian biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan ulangi setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat dari cara menghilangkan leher hitam ini.

  • Menggunakan baking soda

Baking soda dapat membantu menghilangkan lapisan kulit mati dan kusam pada leher Anda. Bahan ini juga dapat menyehatkan kulit dari dalam. Anda hanya perlu mencampurkan air dan 2-3 sdm baking soda hingga terbentuk pasta yang halus.

Oleskan pasta tersebut pada leher dan biarkan mengering. Setelah kering, gosok dengan jari dan bilas menggunakan air bersih. Ulangi setiap hari selama kurang lebih satu minggu untuk melihat hasil dari cara menghilangkan leher hitam ini.

  • Melakukan Eksfoliasi

Sel kulit mati dapat diangkat dengan melakukan eksfoliasi, yaitu proses menggosokan kulit dengan scrub. Anda dapat membuat scrub sendiri di rumah dengan menggunakan bubur kopi yang dicampur dengan air hangat dan minyak kelapa, lalu digosokkan hingga bersih. Jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

Leher hitam bukanlah kondisi yang berbahaya ataupun menular. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu tanda kondisi serius. Segera temui dokter Anda ketika gejala leher hitam yang muncul terlihat sangat mengganggu. Dokter mungkin akan meresepkan salep khusus untuk membuat kulit leher Anda lebih cerah.

Healthline. https://www.healthline.com/health/black-neck#causes
Diakses pada 26 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321767.php#home-remedies
Diakses pada 26 Desember 2019

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/dark-neck-home-remedies/#gref
Diakses pada 26 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/diy-body-scrub#coffee-scrub
Diakses pada 26 Desember 2019

Artikel Terkait