Prosedur Laser untuk Menghilangkan Keriput dan Noda Hitam

Laser resurfacing merupakan salah satu perawatan wajah yang memiliki banyak sekali manfaat
Laser cocok untuk Anda yang ingin mengencangkan kulit wajah yang kendur

Perawatan laser wajah atau laser resurfacing merupakan salah satu perawatan wajah yang memiliki banyak sekali manfaat. Perawatan ini bisa mengatasi garis halus, keriput di area wajah serta dinilai dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif.

Saat ini, perawatan laser wajah dapat dengan mudah Anda dapatkan. Meski begitu, sebelum melakukannya, ada baiknya jika Anda memahami lebih dalam mengenai prosedur ini terlebih dahulu.

Siapa Saja yang Bisa Menjalani Laser Resurfacing?

Perawatan ini cocok untuk Anda yang ingin mengencangkan kulit wajah yang kendur atau sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang dangkal. Selain akan membuat area kulit yang tidak teratur berangsur-angsur menjadi lebih halus, perawatan ini bisa mengangkat lapisan kulit mati.

Laser wajah umumnya dilakukan apabila perawatan wajah lainnya tidak berhasil mengatasi keluhan Anda. Namun perawatan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan pada kulit dengan jerawat yang parah dan kulit yang sudah terlalu kendur.

Bagaimana Cara Kerja Laser Wajah?

Perawatan laser resurfacing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu laser ablatif dan non ablatif. Laser ablatif merupakan jenis laser yang dapat menimbulkan luka dengan cara mengangkat lapisan tipis kulit. Jenis laser ablatif termasuk laser karbondioksisa (CO2) dan laser erbium.

Sedangkan pada laser nonablatif, tidak akan terjadi perlukaan karena laser ini akan menstimulasi pembentukan kolagen dan mengencangkan kulit di bawahnya. Salah satu jenis laser yang termasuk dalam laser nonablatif adalah intense pulse light (IPL) devices. 

Laser wajah CO2 dan erbium merupakan jenis yang lebih sering dipakai. Dengan memanfaatkan salah satu dari kedua unsur tersebut, sel-sel kulit yang rusak bisa terangkat dan menguap. 

Seperti yang kita tahu, metode penggunaan CO2 sudah diterapkan bertahun-tahun lalu untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit. Mulai dari keriput, bekas luka, kutil, dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan perawatan laser, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mengetahui jenis prosedur yang paling tepat untuk kondisi kulit Anda. Anda disarankan untuk tidak melakukan perawatan laser wajah di sembarang tempat karena dapat berbahaya dan meningkatkan risiko komplikasi.

Manfaat Erbium dan Efek Samping Laser Wajah

Lapisan erbium sebenarnya memiliki manfaat utama, yakni menghilangkan garis-garis halus baik di permukaan maupun bagian dalam kulit. Selain membakar jaringan secara minimal, lapisan erbium juga memberikan efek samping yang lebih sedikit.

Dengan demikian waktu pemulihan yang anda butuhkan hanya sekitar satu minggu. Hal ini tentu berbeda jika menggunakan laser resurfacing dengan lapisan CO2. Karena dengan kandungan tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk pemulihan.

Seperti halnya perawatan kecantikan yang lain, efek samping laser wajah juga mungkin timbul setelah prosedur dilakukan, di antaranya:

  • Pembengkakan.
  • Kemerahan.
  • Sensasi terbakar (panas) pada kulit.
  • Infeksi.
  • Munculnya bekas kehitaman (hiperpigmentasi).
  • Bekas luka.

Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping, Anda perlu mengikuti instruksi pasca laser yang diberikan oleh dokter dengan baik dan teratur.

Lama Prosedur Laser Resurfacing

Pasien yang ingin melakukan perawatan pada skala kecil hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit. Sementara bila ingin melakukan perawatan penuh di seluruh area wajah, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam.

Begitu semua prosedur selesai dilakukan, dokter akan membalut bagian wajah yang tengah dirawat. Kemudian 24 jam pasca perawatan, Anda perlu membersihkan area wajah setidaknya 4 hingga 5 kali sehari. Setelah itu oleskan salep petroleum jelly untuk mencegah timbulnya koreng.

Melakukan laser wajah atau laser resurfacing dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat matahari, penuaan, maupun jerawat. Jangan ragu untuk mengonsultasikan keluhan Anda seputar kesehatan kulit agar perawatan yang dilakukan dapat tepat dan efektif.

Artikel Terkait

Banner Telemed