Larangan Ibu Hamil Trimester Pertama Ini Jangan Sampai Terlewat


Larangan ibu hamil di antaranya adalah konsumsi makanan tidak matang, konsumsi konsumsi susu tidak dipasteurisasi, hingga mengangkat barang berat.

(0)
03 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Larangan ibu hamil trimester pertama harus diterapkan agar janin tetap sehatLarangan ibu hamil trimester pertama patut diingat agar ibu dan janin tetap sehat
Larangan ibu hamil trimester pertama hingga akhir sebaiknya dipatuhi. Sebab, ini dilakukan demi menjaga kesehatan janin dan ibu hamilKebanyakan dari larangan ini terkait gaya hidup yang mungkin sering Anda lakukan dalam keseharian. Namun, calon ibu juga tidak perlu terlampau khawatir. Pasalnya, kebiasaan ini bisa Anda ubah demi kesehatan dan kesejahteraan ibu serta janin.

Catat 9 larangan ibu hamil trimester pertama ini

Agar proses kehamilan dan perkembangan janin berjalan dengan baik, maka sebaiknya Anda mematuhi beberapa larangan berikut ini:

1. Jangan mengonsumsi alkohol

Minum alkohol saat hamil menyebabkan bayi alami fetal alcohol syndrome
Larangan ibu hamil trimester pertama ini mungkin paling sering Anda dengar. Apa alasannya?Mengonsumsi alkohol, baik saat trimester 1 maupun fase lainnya, berpotensi memicu sindrom alkohol pada janin. Kondisi ini terjadi karena alkohol bisa mencapai bayi melalui plasenta sang ibu.Jika tak diantisipasi, kelebihan alkohol pada janin bisa menyebabkan bayi mengalami fetal alcohol syndrome (FAS). Ini akan menyebabkan bayi mengalami kelainan fisik, kecacatan intelektual, kejang, pertumbuhan yang buruk, hingga keterlambatan perkembangan.

2. Jangan merokok

Bila Anda terbiasa merokok sebelum hamil, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan ini. Ingatlah bahwa selain nikotin, rokok mengandung ribuan zat aditif lain.Ketika diisap, zat-zat berbahaya tersebut dapat melewati plasenta dan mencapai janin. Akibatnya, lahir prematur dan berat badan lahir rendah bisa saja terjadi. Inilah yang membuat rokok menjadi larangan ibu hamil trimester pertama.Selain itu, hindari pula hal yang membuat Anda terpapar asap rokok. Terbukti, asap rokok membuat bayi berisiko lahir dengan berat badan rendah.

3. Jangan sembarangan minum obat

Hindari konsumsi obat tanpa konsultasi dokter bagi ibu hamil trimester 1
Selain menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama, pastikan Anda mematuhi larangan ibu hamil trimester pertama dengan tidak mengonsumsi obat obatan sembarangan. Beberapa contoh jenis obat yang harus dihindari adalah ibuprofen, obat flu, obat jerawat, dan obat penghambat enzim. Aneka obat ini disinyalir bisa membahayakan janin.Tak hanya itu, sebagian besar obat herbal pun ada baiknya dihindari oleh ibu hamil. Bila Anda tetap ingin mengonsumsinya, selalu diskusikan dengan dokter terlebih dulu.

4. Jangan mengonsumsi makanan mentah

Larangan ibu hamil trimester pertama lainnya adalah makanan mentah atau setengah matang. Pasalnya, bahan pangan ini bisa menyebabkan kondisi serius pada kehamilan.Efek dari konsumsi salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama mulai dari keguguran, bayi yang lahir dalam kondisi cacat, hingga kematian.Contoh makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama adalah daging dan telur yang mentah atau setengah matang.Sebab, ini rawan membawa bakteri atau kuman penyebab listeriosis dan toksoplasmosis. Karena itu, masaklah dengan baik agar risiko ini bisa dihindari.

5. Jangan mengonsumsi susu tanpa pasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi sebabkan infeksi bakteri pada ibu hamil trimester 1
Ibu hamil muda memang butuh asupan kalsium. Namun, mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi adalah larangan ibu hamil trimester pertama.Susu tanpa pasteurisasi berarti belum mengalami proses pemanasan guna menghilangkan bakteri. Bisa saja produk ini mengandung bakteri Listeria yang dapat menyebabkan penyakit, keguguran, bahkan kematian.

6. Jangan mandi dan berendam di air terlalu panas

Larangan wanita hamil trimester pertama berikutnya adalah mandi atau berendam di air yang terlalu panas. Menurut beberapa studi, kegiatan ini bisa membahayakan janin.Salah satu bahaya kebiasaan ini adalah meningkatkan risiko cacat pada tabung saraf. Makin lama durasi mandi atau berendam seorang calon ibu, makin tinggi pula paparan suhu panas yang memperbesar risiko tersebut.

7. Jangan melakukan gerakan olahraga ini

Hindari gerakan sit-up saat hamil trimester 1 agar janin tidak terbentur
Ibu hamil sebaiknya menghindari gerakan olahraga di bawah ini:
  • Meloncat atau melompat
  • Mengubah arah gerakan dengan cepat
  • Gerakan yang menghentak
  • Gerakan yang melibatkan perut dan punggung seperti sit-up
Aktif berolahraga memang bisa membantu dalam menyehatkan ibu dan janin, asal jenis gerakan senamnya sesuai. Jadi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai durasi dan jenis olahraga yang tepat.

8. Jangan mengangkat beban berat

Perhatikan juga beban atau barang bawaan yang aman untuk ibu hamil. Mengangkat beban terlalu berat merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan ibu hamil trimester pertama. Sebab, ini bisa mengakibatkan beberapa kondisi berikut:

9. Jangan membersihkan kotoran hewan piaraan

Hindari membersihkan kotoran hewan agar tidak terinfeksi parasit
Memiliki hewan peliharaan mungkin baik untuk kesehatan jiwa ibu hamil. Namun sebaiknya hindari membersihkan kotoran mereka.Kotoran hewan bisa saja sudah terkontaminasi parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini dapat menyebabkan gangguan toksoplasmosis.Toksoplasmosis termasuk penyakit berbahaya bagi ibu hamil dan janin karena bisa menyebabkan:
  • Peningkatan risiko keguguran
  • Kebutaan dan kerusakan otak pada janin
Karena itulah, para ahli memasukkan kebiasaan membersihkan kotoran hewan sebagai salah satu pantangan ibu hamil trimester pertama hingga akhir program kehamilan.

10. Jangan makan tergesa-gesa

Riset dari membuktikan, hormon progesteron pada kehamilan trimester 1 berperan andil dalam heartburn atau Gastroesophageal reflux disease (GERD).Sebab, progesteron menyebabkan cincin antara kerongkongan dan lambung pun melemah. Oleh karena itu, asam lambung pun naik menuju kerongkongan. Terlebih, makan terburu-buru pun juga meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

11. Jangan makan ikan yang tinggi merkuri

Hindari makan makarel karena sudah tinggi akan kontaminasi merkuri
Beberapa jenis ikan diketahui sebagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama. Rupanya, hal ini diakibatkan ikan mengandung merkuri. Ikan terbukti terpapar kandungan ini dari habitatnya.Diketahui, merkuri merupakan logam berat yang mampu membahayakan perkembangan janin. Ikan yang terbukti tinggi akan merkuri adalah:
  • Hiu
  • Makarel
  • Pari
  • Ikan todak
  • Barramundi
  • Tuna sirip biru

Buah yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama

Hindari makan nanas saat hamil trimester 1
Meski buah memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, rupanya beberapa buah justru menjadi larangan ibu hamil trimester pertama. Sebab, makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama ini akan membahayakan janin maupun kondisi ibu hamilUntuk itu, inilah daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil hamil trimester pertama.
  • Nanas, mengandung bromelain yang memecah protein
  • Asam jawa, tinggi vitamin C, konsumsi berlebihan justru mampu menahan produksi progesteron dan sebabkan keguguran.
  • Pepaya muda, kandungan papain dan lateks memicu induksi, alergi, dan kontraksi dini.
  • Pisang, kandungan chitinase di dalamnya sebabkan suhu tubuh naik.
  • Semangka, tinggi gula, tingkatkan risiko diabetes gestasional.
  • Durian, tinggi karbohidrat, sebabkan berat janin terlalu besar sehingga susah lahir.
  • Anggur, adanya komponen resveratrol yang memicu hormon tidak stabil.
  • Tomat kalengan, kandungan pengawetnya mampu membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Perhatian juga konsumsi minuman ini

Kafein pada kopi akan membahayakan janin sejak usia kehamilan trimester 1
Selain mematuhi aneka larangan ibu hamil trimester pertama di atas, ibu hamil juga harus bijak dalam mengonsumsi kopi atau teh. Minuman ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kenapa?Pasalnya, ada kekhawatiran bahwa konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko anak terkena ADHD dan migrain di kemudian hari.Selain makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama, minuman teh, terutama teh herbal tertentu seperti teh peppermint dan teh daun raspberry merah juga sebaiknya dijauhi.Kedua minuman ini dikaitkan dengan risiko kontraksi pada ibu hamil dan lahir prematur.Jika tidak bisa patuh terhadap larangan ibu hamil trimester pertama berupa kebiasaan minum teh atau kopi ini, berkonsultasilah pada dokter guna mendapatkan takaran yang aman.Di samping kopi dan teh, minuman popular lain yang harus diwaspadai adalah soda. Umumnya, minuman ini mengandung pemanis buatan bernama aspartam.Meski bahaya aspartam dianggap ringan untuk ibu dan janin, menghindarinya adalah langkah yang bijak.

Catatan dari SehatQ

Larangan ibu hamil trimester pertama ini memang terkesan rumit. Namun, sebaiknya tetap diwaspadai dan dipatuhi. Jangan menunggu sampai Anda memiliki gejala baru menurutinya.Bagaimanapun juga, semua larangan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga agar sang ibu dan janin tetap sehat dan terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar larangan ibu hamil trimester pertama maupun masalah kehamilan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di.
trimester pertama kehamilancacat lahirkeguguranbayi prematurmenjaga kehamilanhamilkehamilanibu hamil
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322873
Diakses pada 3 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/pregnancy-myths-dos-donts
Diakses pada 3 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/dos-and-donts
Diakses pada 3 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-bathtub
Diakses pada 3 Desember 2020
Pregnancy Birth Baby: https://www.pregnancybirthbaby.org.au/things-to-avoid-during-pregnancy
Diakses pada 3 Desember 2020
Victoria State Government. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/mercury-in-fish
Diakses pada 18 Januari 2021
Revista-medico chirurgicala a Societatii de Medici si Naturalisti din lasi. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14756022/
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait