9 Langkah yang Mempermudah Pembuatan Rencana Masa Depan

Percaya diri adalah salah satu poin penting dalam membuat rencana masa depan
Merencanakan masa depan harus disertai dengan sikap percaya diri

Merencanakan masa depan seringkali menjadi sebuah topik yang membuat sebagian orang ketakutan. Namun ketakutan tersebut adalah hal yang wajar karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Apa lagi jika nantinya rencana yang dibuat tidak terealisasi. Hal ini juga kadang yang membuat seseorang enggan merencakan masa depan

Meski begitu membuat rencana hidup ke depan adalah hal yang seharusnya dicoba. Rencana ini dapat membantu Anda mencari arah tujuan hidup hingga membantu Anda mengantisipasi masalah yang mungkin muncul.

Tak perlu bingung atau merasa terintimidasi saat membuatnya. Berikut adalah 9 tips untuk merencanakan masa depan.

Bagaimana cara membuat rencana masa depan?

Membuat rencana masa depan dapat membantu Anda mempersiapkan diri dan tetap fokus mencapai tujuan Anda. Coba lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat rencana hidup yang efektif.

1. Cari tahu apa yang ingin direncanakan

Langkah pertama dalam membuat rencana masa depan adalah dengan melihat aspek kehidupan mana yang ingin Anda fokuskan. Misalnya, Anda ingin fokus ke karir, maka buatlah rencana masa depan mengenai pengembangan karir Anda.

Anda dapat mencoba merefleksikan kehidupan yang telah dijalani atau membaca ulang catatan harian untuk mengetahui aspek mana yang ingin dikembangkan ke depannya.

Tuliskan aspek-aspek yang ingin dimasukkan ke dalam rencana masa depan dalam bentuk mind map ataupun daftar. Aspek kehidupan Anda tentunya tidak hanya karir, Anda juga bisa fokus ke hubungan romantis, kesehatan, ataupun keluarga.

Apabila Anda masih bingung, Anda dapat mencoba ketiga hal ini:

  • Bertanya kepada diri sendiri, apa yang diinginkan di masa depan?
  • Bayangkanlah Anda ingin menjadi apa di masa depan.

Tidak perlu muluk-muluk membayangkan hingga 10 tahun, cukup bayangkan masa depan diri Anda pada 2-3 tahun ke depan.

2. Menentukan prioritas

Saat membuat rencana masa depan, terkadang akan muncul berbagai keinginan, misalnya: ‘ingin menabung untuk membeli rumah’ tetapi ada catatan lain ‘ingin melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi’ atau tiba-tiba teringat akan ‘ingin memberangkatkan orangtua ibadah ke Tanah Suci’

Tanggung jawab, komitmen, keinginan dan cita-cita seolah menumpuk dan membingungkan manakah yang perlu didahulukan.

Menyusun prioritas dengan efektif dapat menjadikan Anda lebih efisien dan terhindar dari stres.

Misalnya, jika Anda merasa keluarga itu penting, maka pertimbangkan keluarga ketika Anda membuat rencana tersebut. Apakah hal yang ingin dilakukan akan memotong waktu Anda bersama keluarga atau tidak. Apakah rencana tersebut akan membuat keluarga Anda bahagia.

3. Buat rancangan jangka panjang

Rencana masa depan Anda tentunya tidak hanya mencakup satu atau dua bulan saja, tetapi haruslah sesuatu yang akan dilakukan dalam jangka panjang, misalnya untuk lima atau 10 tahun ke depannya.

Cari tahu apa saja yang perlu dilakukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana masa depan tidak hanya meliputi satu tahapan kecil saja, tetapi seluruh langkah yang diperlukan untuk mencapai target.

4. Percaya pada diri sendiri

Rencana masa depan adalah sesuatu yang awalnya terkesan sangat berat dan melelahkan, tetapi Anda harus optimis dan percaya dengan kemampuan yang dimiliki bahwa Anda bisa mencapainya.

Pastikan bahwa rencana masa depan yang akan dibuat memang sesuai dengan kemampuan diri sendiri dan dapat diraih secara realistis.

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri akan rencana kecil yang telah tercapai dapat membantu mengurangi stres, misalnya Anda merencanakan untuk membiasakan bangun pagi pukul 05.00, jika telah mencapainya, maka buatlah catatan ‘saya berhasil bangun pukul 05.00 hari ini’

5. Buat tujuan atau tahapan kecil

Di tahapan ini, Anda perlu memikirkan langkah praktis yang perlu dimasukkan ke dalam rencana masa depan untuk meraih tujuan. Tahapan yang dibuat haruslah realistis dan dapat dicapai.

Contohnya, jika Anda ingin membangun toko bakso sendiri dalam waktu satu tahun, maka langkah praktis pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu pemasok daging sapi berkualitas untuk bahan baku bakso terdekat di daerah Anda.

6. Kenali tantangan yang akan dihadapi

Membuat rencana masa depan tidak hanya meliputi membuat tahapan-tahapan yang perlu dilakukan, tetapi juga mencari tahu kira-kira apa yang bisa menghalangi rencana Anda.

Contohnya, saat ingin mengembangkan karir, tantangan besar yang dihadapi bisa jadi adalah mengatur waktu yang seimbang antara waktu dengan keluarga dan bekerja.

Mengetahui apa saja yang bisa menghambat Anda nantinya akan meningkatkan kesiapan Anda untuk menjalankan rencana masa depan yang sudah dibuat.

7. Buat rutinitas yang mendukung

Buatlah rutinitas yang dapat mendukung Anda untuk menjalankan rencana masa depan yang sudah ditetapkan.

Misalnya, jika Anda ingin memiliki berat badan yang ideal dalam kurun waktu satu tahun, maka Anda bisa membuat jadwal ke gym atau pulang ke rumah lebih awal untuk memasak.

8. Menentukan support system

Selain rutinitas, Anda juga perlu melihat orang-orang dan lingkungan sekitar. Cari orang-orang yang bisa membantu perjalanan rencana masa depan Anda.

9. Coba metode vision board

Anda dapat membuat rencana masa depan menggunakan vision board yang berisikan target yang ingin dicapai, langkah konrit yang harus dilakukan, dan menempelkan foto-foto orang tersayang yang mampu menyemangati Anda

Buatlah vision board yang detail dan menarik untuk bisa Anda pajang atau letakkan di tempat yang sering dilihat untuk menjadi pengingat akan tujuan dan rencana masa depan yang akan atau sedang dijalankan.

Catatan dari SehatQ

Hal paling penting dalam membuat rencana masa depan adalah menjalankan rencana tersebut. Jangan hanya membuat rencana dan memikirkannya saja tetapi iringi dengan aksi yang nyata dan sesuai dengan yang sudah dirancang.

Rencana masa depan memang membutuhkan waktu yang lama, tetapi diperlukan keuletan dan komitmen untuk dapat menjalankannya sampai tuntas. Memaksakan diri keluar dari zona nyaman dapat menjadi cara yang tepat untuk terus mencapai cita-cita.

Jangan lupa untuk selalu melihat kembali langkah-langkah yang sudah dilakukan untuk memastikan bahwa rencana masa depan Anda sudah efektif.

Psych Central. https://psychcentral.com/blog/plan-your-future-how-to-create-a-vision-board/
Diakses pada 27 Februari 2020

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-make-a-life-plan-first-steps-3144639
Diakses pada 27 Februari 2020

Artikel Terkait