Tahap-tahap Menolong Orang Tenggelam yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum menolong orang tenggelam, pastikan diri Anda berada di posisi aman untuk menarik ban pelampung
Ban pelampung yang dikaitkan dengan tali, bisa digunakan untuk menolong orang tenggelam

Menolong orang tenggelam bisa dibilang merupakan hal yang berbahaya, baik bagi yang ditolong maupun yang menolong. Dalam keadaan panik, orang yang tenggelam akan berusaha untuk mencapai permukaan dengan segala cara, meski berbahaya.

Anda disarankan untuk tidak menolong orang tenggelam, dengan masuk ke air secara langsung, jika belum pernah memiliki pelatihan khusus. Terutama, jika medan air tersebut cukup berat.

Bagi Anda yang ingin menolong tapi belum pernah mendapatkan pelatihan, sebaiknya gunakan alat seperti tali atau kayu, untuk membantu meraih korban tenggelam.

[[artikel-terkait]]

Langkah awal menolong orang tenggelam

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai langkah awal dalam menolong orang tenggelam, yaitu:

  • Pastikan diri Anda aman. Jika memungkinkan, gunakan pelampung saat menolong orang tenggelam. Hal pertama yang harus dipastikan adalah keselamatan Anda.

  • Hubungi paramedis atau tim penyelamat. Jika terdapat lebih dari satu orang yang bisa menolong, biarkan salah satunya menghubungi paramedis atau tim penyelamat. Sementara itu, yang lain berusaha menolong korban.

  • Usahakan untuk menjangkau korban dengan benda keras. Gunakan benda keras seperti kayu atau dayung, untuk menarik korban mendekati daratan. Sebaiknya hindari menggapai korban langsung dengan tangan, agar Anda tidak ikut tertarik ke dalam air.

  • Gunakan tali sebagai alternatif. Jika tidak terdapat benda yang keras, Anda bisa gunakan tali sebagai penggantinya. Apabila memungkinkan, lemparkan tali yang telah diikatkan pada pelampung, agar korban lebih mudah meraihnya.

Setelah korban berhasil diraih dan sampai ke daratan, langkah pertolongan selanjutnya bisa Anda lakukan.

Langkah selanjutnya dalam menolong orang tenggelam

Setelah orang yang tenggelam berhasil naik ke daratan, maka langkah pertolongan pertama selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Cek denyut nadi

Untuk memeriksa ada tidaknya denyut nadi, Anda dapat memeriksanya di tangah atau leher selama 10 detik. Jika denyut nadi tidak teraba, mulailah cardiopulmonary resuscitation (CPR).

2. Langkah melakukan CPR

Sebelum melakukan CPR, posisikan korban dalam posisi terlentang. Lalu, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Untuk melakukan CPR pada anak dan dewasa, Anda dapat meletakkan kedua ujung telapak tangan yang dekat dengan pergelangan tangan di tengah-tengah dada di garis puting susu. Anda juga bisa meletakkan telapak tangan di atas tangan yang lain, maupun di tengah dada.

  • Sentak dada dengan telapak tangan, untuk memberikan tekanan pada jantung.

  • Pada bayi yang tenggelam, jangan gunakan telapak tangan untuk melakukan hal tersebut. Gunakanlah dua jari yang juga diletakkan di bagian tengah dada.

  • Untuk anak dan dewasa, berikan tekanan pada dada sedalam kurang lebih 5 sentimeter. Pastikan untuk tidak menekan tulang rusuk.

  • Pada bayi, berikan tekanan sedalam kurang lebih 4 sentimeter. Pastikan untuk tidak menekan ujung tulang dada.

  • Saat memberikan tekanan pada dada, pastikan dada telah kembali ke posisi semula, sebelum Anda kembali melakukannya. Lakukan dengan kecepatan 100-120 kali per menit.
  • Selanjutnya, periksa nadi korban.

Perlu diingat, langkah-langkah melakukan CPR di atas sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya acuan. Anda bisa mendapatkan pelatihan CPR untuk mendapatkan sertifikat resmi, di lembaga-lembaga terdaftar, seperti rumah sakit atau organisasi lainnya.

3. Ulangi CPR jika nadi korban masih tidak teraba

Jika korban masih tidak bernapas, Anda dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Apabila telah terlatih untuk melakukan CPR, Anda dapat membuka jalan napas dengan menengadahkan kepala ke belakang, dan mengangkat dagu.

  • Jepit lubang hidung hingga tertutup, dengan jari. Lalu buka mulut korban, dan berikan napas buatan melalui mulut Anda.

  • Berikan napas buatan sebanyak dua kali dengan satu hembusan napas penuh. Selama memberikan napas, perhatikan juga dada korban, dan lakukan pemberian udara hingga dada mulai terlihat naik.

  • Lakukan dua kali pemberian napas buatan. Kemudian, tekan dada sebanyak 30 kali.

  • Lakukan siklus dua kali napas buatan dan 30 kali tekanan pada dada, hingga korban mulai bernapas, atau hingga bantuan tiba.

Setelah mengetahui langkah-langkah menolong orang tenggelam di atas, Anda diharapkan tidak lagi bingung dalam menghadapi situasi ini. Jangan lupa, pastikan keselamatan Anda sebelum menolong orang lain.

Artikel Terkait

Banner Telemed