Anda dapat memulai perawatan kulit untuk pria dengan menggunakan tabir surya secara rutin.
Tak hanya kulit wanita, kulit pria juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat.

Saat menyebutkan kata ‘perawatan kulit’, biasanya kebanyakan orang menganggapnya hanya sebagai kebutuhan wanita. Para pria biasanya bingung dengan banyaknya produk perawatan untuk kulit, dan mungkin segan untuk mencobanya. Padahal seperti halnya kulit wanita, kulit pria pun membutuhkan perawatan.

Oleh karena itu, lakukanlah perawatan sejak dini untuk mendapatkan hasil yang baik di kemudian hari. Tidak peduli seberapa bagus pakaian dan potongan rambut Anda, jika kulit sangat kusam dan memiliki keriput, tentu akan memengaruhi penampilan. Perawatan kulit tidak hanya dilakukan untuk sekadar mencerahkannya, tapi juga mencegah kulit mati yang dapat memicu kanker kulit.

[[artikel-terkait]]

Sunscreen (Tabir Surya) untuk Kulit Pria

Kebanyakan pria tidak ingin menghabiskan waktu berlama-lama untuk mengaplikasikan produk ke wajah mereka. Oleh karena itu, ada satu perawatan kulit yang sangat mudah dilakukan dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu, yaitu menggunakan sunscreen saat keluar rumah.

Cahaya matahari memiliki energi yang dapat merusak kulit serta menyerang sel kulit mati, sehingga memicu kanker. Pilih sunscreen yang memiliki proteksi dari radiasi UVA dan UVB. Kadar SPF yang dimiliki biasanya menjadi penunjuk ketahanan produk dalam melindungi kulit dari radiasi UVB. Sunscreen yang direkomendasikan, setidaknya memiliki kadar SPF minimal 15 untuk semua tipe kulit.

Tips Merawat Kulit Pria

Sinar UVA merupakan radiasi yang lebih kuat dibandingkan UVB. Hal ini membuat Anda harus lebih ekstra dalam melindungi kulit. Jika belum menjadikan perlindungan matahari sebagai rutinitas, berikut adalah saran-saran dari ahli untuk memudahkan Anda.

  • Gunakan pelembap wajah berbentuk spray atau gel
  • Gunakan topi saat keluar ruangan
  • Gunakan pakaian yang tertutup
  • Hindari melakukan perawatan yang dapat membahayakan kulit, seperti tanning beds. Sebab, tanning beds menggunakan bohlam yang memancarkan radiasi UVA dan UVB dalam jumlah besar.

Setelah mengetahui perawatan kulit dasar, menurut para dermatologi, Anda juga harus mulai untuk melakukan perawatan lain sesuai dengan tipe jenis kulit. Produk yang dipilih haruslah tepat dan cocok bagi Anda, untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih terawat dan terlihat lebih awet muda. Sebenarnya, kandungan-kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit hampir sama bagi wanita maupun pria. Yang membedakan hanyalah teksturnya.

Jadi, segera lakukan langkah perawatan kesehatan kulit Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda agar lebih semangat untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

WebMD. https://www.webmd.com/men/features/skin-care-its-not-just-for-women
Diakses pada 31 Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed