Langkah Pertolongan Pertama Keseleo yang Benar pada Pergelangan Kaki

Pertolongan pertama keseleo dilakukan dalam 72 jam pertama setelah terkilir, namun bukan diurut ke tukang urut tradisional
Pergelangan kaki termasuk bagian tubuh yang rentan mengalami keseleo

Tidak perlu panik ketika Anda mengalami atau menemukan orang yang keseleo atau terkilir. Terdapat beberapa langkah sebagai pertolongan pertama keseleo yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan aman.

Seseorang dikatakan mengalami kaki terkilir atau keseleo ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kakinya tertarik atau robek.

Kondisi ini menyebabkan penderita merasakan sakit dan mengalami bengkak di area cedera, sehingga pergelangan kaki sulit digerakkan maupun berjalan. Kulit pada bagian terkilir juga bisa berubah menjadi kemerahan atau mengalami memar dan terasa hangat ketika disentuh.

Pertolongan pertama keseleo merupakan penanganan yang dilakukan pada area cedera dalam waktu 72 jam pertama setelah cedera terjadi. Penanganan ini pun tidak boeh sembarangan.

Bagaimana bentuk pertolongan pertama keseleo pada pergelangan kaki?

Tujuan utama pertolongan pertama untuk keseleo adalah mengurangi rasa sakit maupun bengkak. Anda juga harus memastikan ligamen di pergelangan kaki yang terkilir tidak bertambah parah. Bagaimanakah caranya?

1. Jangan menggerakkan kaki yang terkilir

Sesaat setelah keseleo, jangan gerakkan kaki yang terkilir, apalagi mencoba untuk berjalan. Sebisa mungkin, batasi pergerakan Anda selama 24 hingga 48 jam pascacedera.

Bila memang Anda harus berpindah posisi, minta bantuan orang lain untuk memapah Anda. Anda juga bisa memakai alat bantu, seperti tongkat atau kruk.

2. Gunakan kompres yang tepat

Jangan mengompres area yang terkilir dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot, terutama selama 24 jam pertama. Kedua langkah ini jsutru bisa memicu pembengkakan.

Sebaliknya, gunakan kompres dingin dari es batu berlapis handuk atau kain. Anda juga bisa menggunakan kompres dingin instan yang bisa dibeli di toko-toko terdekat atau benda lain yang dingin (seperti daging beku atau sayuran beku yang masih terbungkus).

Anda bisa terus mengompres area yang cedera dengan selama 15-20 menit dan mengulanginya sebanyak tiga hingga lima kali sehari hingga nyeri dan bengkak berkurang.

Penting untuk tidak mengaplikasikan es langsung ke kulit. Pasalnya, langkah ini malah berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin (frostbite). 

3. Angkat pergelangan kaki yang keseleo

Seusai mengompres, angkat pergelangan kaki atau elevasi secara perlahan-lahan dan letakkan lebih tinggi dari jantung ketika Anda berbaring. Misalnya, menyisipkan bantal untuk menyangga tumit Anda. 

Langkah ini juga bisa Anda terapkan pada saat duduk. Usahakan untuk menempatkan kaki yang cedera hingga sejajar atau lebih tinggi dari pinggang.

4. Bebat bagian yang terkilir

Bila memungkinkan, bebat area yang keseleo untuk membatasi pergerakan pergelangan kaki. Caranya, mulai dengan membalutperban elastis di antara jari kaki Anda. Kemudian bungkus telapak kaki dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. 

Setiap lapisan perban harus menutup setidaknya separuh dari perban sebelumnya. Pastikan Anda membungkus pergelangan kaki hingga beberapa centimeter di atas bagian yang cedera, serta tidak ada kulit yang terlihat. Perhatikan juga supaya bebat tidak terlalu kencang agar aliran darah tidak terhambat dan memicu rasa nyeri. 

Anda juga bisa mengonsumsi obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti ibuprofen, untuk menghilangkan nyeri. Tetapi penggunaan jenis obat minum ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi.

Bagi beberapa orang, salah satu bentuk pertolongan pertama keseleo ialah urut. Namun hal ini tidak dibenarkan dalam dunia medis.

Jika Anda ingin tetap diurut, sebaiknya lakukan pengurutan setelah 72 jam. Langkah ini bertujuan agar tidak terjadi pembengkakan yang lebih parah.

Pastikan pula Anda meminta bantuan fisioterapis profesional untuk melakukan urut pada bagian yang cedera, dan bukan tukang urut tradisional.

Apa yang terjadi jika keseleo pergelangan kaki tidak ditangani dengan benar?

Keseleo atau terkilir seringkali dianggap sepele dan dipandang sebelah mata. Namun kondisi sederhana ini juga bisa menyebabkan komplikasi jika tidak mendapatkan pertolongan yang benar. Mulai dari sakit kronis (jangka panjang) di pergelangan kaki, ketidakseimbangan sendi, serta munculnya artitis atau peradangan sendi di pergelangan kaki.

Untuk meminimalisir risiko komplikasi tersebut, Anda harus benar-benar memperhatikan proses penyembuhan kaki terkilir yang Anda alami. Biasanya, kondisi ini akan sembuh dalam satu hingga enam minggu.

Setelah melakukan pertolongan pertama keselo, selalu konsultasikan dan periksakan kondisi cedera Anda ke dokter. Sekecil apapun cedera yang terjadi, kemungkinan komplikasi tetap ada. Jadi, tangani dengan cermat dan benar agar tak ada penyesalan di kemudian hari.

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ankle-sprain-treatment
Diakses pada 27 Juni 2019

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/pain/recovering_from_an_ankle_sprain
Diakses pada 27 Juni 2019

Department of Health Government State of Victoria. http://www.health.vic.gov.au/edfactsheets/downloads/ankle-sprains.pdf
Diakses pada 27 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sprained-ankle/symptoms-causes/syc-20353225
Diakses pada 27 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed