logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

5 Langkah Pertolongan Pertama yang Tepat pada Kaki Terkilir atau Keseleo

open-summary

Langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi kaki terkilir atau keseleo, antara lain mengompres dengan air dingin, membalutnya dengan perban, hingga mengonsumsi obat pereda nyeri. Kaki yang terkilir sebaiknya tidak diurut.


close-summary

3.14

(58)

24 Jul 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Pertolongan pertama saat kaki terkilir salah satunya adalah mengompresnya dengan air dingin

Pertolongan pertama pada kaki terkilir bukanlah diurut

Table of Content

  • Langkah pertolongan pertama pada kaki yang keseleo atau terkilir
  • Apa yang terjadi jika keseleo pergelangan kaki tidak ditangani dengan benar?

Saat kaki terkilir atau keselo, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan mulai dari mengompresnya dengan es, membalutnya dengan perban, hingga mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri. Penanganan cedera ini harus segera dilakukan dalam 72 jam pertama setelah keseleo. 

Advertisement

Anda tidak disarankan untuk mengurut kaki yang keseleo karena berisiko memperparah kondisi. Sehingga, setelah melakukan pertolongan pertama, segera periksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Langkah pertolongan pertama pada kaki yang keseleo atau terkilir

Perban kaki merupakan pertolongan pertama kaki keseleo
Kaki yang terkilir perlu diistirahatkan terlebih dahulu

Seseorang dikatakan mengalami kaki terkilir atau keseleo ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kakinya tertarik atau robek.

Kondisi ini menyebabkan penderita merasakan sakit dan mengalami bengkak di area cedera, sehingga pergelangan kaki sulit digerakkan maupun berjalan. Kulit pada bagian terkilir juga bisa berubah menjadi kemerahan atau mengalami memar dan terasa hangat ketika disentuh.

Tujuan utama pertolongan pertama untuk keseleo adalah mengurangi rasa sakit maupun bengkak. Anda juga harus memastikan ligamen di pergelangan kaki yang terkilir tidak bertambah parah. Bagaimanakah caranya?

1. Jangan menggerakkan kaki yang cedera

Sesaat setelah keseleo atau terkilir, jangan gerakkan kaki yang cedera. Apalagi mencoba untuk berjalan. Sebisa mungkin, batasi pergerakan Anda selama 24 hingga 48 jam pascacedera.

Bila memang Anda harus berpindah posisi, minta bantuan orang lain untuk memapah Anda. Anda juga bisa memakai alat bantu, seperti tongkat atau kruk, untuk bergerak.

2. Tempel kompres dingin

Jangan mengompres area yang terkilir dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot selama 24 jam pertama. Kedua langkah ini justru bisa memicu pembengkakan.

Sebaliknya, gunakan kompres dingin dari es batu berlapis handuk atau kain. Anda juga bisa menggunakan kompres dingin instan yang bisa dibeli di toko-toko terdekat atau benda lain yang dingin (seperti daging beku atau sayuran beku yang masih terbungkus).

Anda bisa terus mengompres area yang cedera dengan selama 15-20 menit dan mengulanginya sebanyak tiga hingga lima kali sehari hingga nyeri dan bengkak berkurang.

Penting untuk tidak menempelkan es batu langsung ke kulit. Pasalnya, langkah ini malah berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin (frostbite). 

perban kaki dapat membantu mengatasi kaki keseleo
Mengangkat pergelangan kaki yang keseleo perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama

3. Angkat pergelangan kaki yang keseleo

Seusai mengompres, angkat pergelangan kaki secara perlahan-lahan dan posisikan lebih tinggi dari jantung ketika Anda berbaring. Sisipkan bantal untuk menyangga tumit Anda. 

Langkah ini juga bisa Anda terapkan pada saat duduk. Usahakan untuk menempatkan kaki yang cedera hingga sejajar atau lebih tinggi dari pinggang.

4. Bebat bagian yang keseleo

Bila memungkinkan, bebat area yang keseleo untuk membatasi pergerakan pergelangan kaki. Caranya, mulai dengan membalut perban elastis di antara jari kaki Anda. Kemudian bungkus telapak kaki dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. 

Setiap lapisan perban harus menutup setidaknya separuh dari perban sebelumnya. Pastikan Anda membungkus pergelangan kaki hingga beberapa centimeter di atas bagian yang cedera, serta tidak ada kulit yang terlihat.

Perhatikan juga supaya bebat tidak terlalu kencang agar aliran darah tidak terhambat dan memicu rasa nyeri.

5. Minum obat pereda nyeri

Anda juga bisa mengonsumsi obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti ibuprofen, untuk menghilangkan nyeri.

Akan tetapi, penggunaan jenis obat minum ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi.

Bagi beberapa orang, salah satu bentuk pertolongan pertama keseleo ialah urut. Namun hal ini tidak dibenarkan dalam dunia medis.

Jika Anda ingin tetap diurut, sebaiknya tunda sampai setelah 72 jam. Langkah ini bertujuan agar tidak terjadi pembengkakan yang lebih parah.

Pastikan pula Anda meminta bantuan fisioterapis profesional untuk melakukan urut pada bagian yang cedera, dan bukan tukang urut tradisional.

Baca Juga

  • Langkah Pertolongan Pertama Cedera Engkel dengan Metode RICE
  • Ini Penyebab dan Obat Nyeri Otot Paha yang Efektif
  • Ketahui Perawatan Tangan Keseleo dan Tingkat Keparahannya

Apa yang terjadi jika keseleo pergelangan kaki tidak ditangani dengan benar?

Keseleo yang tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi
Jika kaki terkilir tidak ditangani dengan benar bisa memicu gangguan kronis

Keseleo atau terkilir seringkali dianggap sepele dan dipandang sebelah mata. Namun kondisi sederhana ini juga bisa menyebabkan komplikasi jika tidak mendapatkan pertolongan yang benar. Mulai dari sakit kronis (jangka panjang) di pergelangan kaki, ketidakseimbangan sendi, serta munculnya artitis atau peradangan sendi di pergelangan kaki.

Untuk meminimalisir risiko komplikasi tersebut, Anda harus benar-benar memperhatikan proses penyembuhan kaki terkilir yang Anda alami. Biasanya, kondisi ini akan sembuh dalam satu hingga enam minggu.

Setelah melakukan pertolongan pertama keselo, selalu konsultasikan dan periksakan kondisi cedera Anda ke dokter. Sekecil apapun cedera yang terjadi, kemungkinan komplikasi tetap ada. Jadi, tangani dengan cermat dan benar agar tak ada penyesalan di kemudian hari.

Advertisement

keseleoterkilircedera ankle

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved