5 Langkah Pertolongan Pertama Jari Terjepit Pintu yang Ampuh


Jari terjepit pintu saat sedang terburu-buru mungkin seringkali Anda alami. Kondisi ini dapat menyebabkan jari tangan terasa berdenyut nyeri. Pertolongan pertama jari tangan terjepit pintu adalah dengan meredakan peradangannya.

(0)
Jari tangan terjepit pintu menyebabkan jari tangan terasa berdenyut nyeriJari tangan terjepit pintu umum dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa yang kurang hati-hati
Jari terjepit pintu saat Anda sedang terburu-buru? Hal ini mungkin seringkali terjadi dan dialami oleh beberapa orang. Akibatnya, jari tangan Anda terasa berdenyut nyeri. Lantas, bagaimana pertolongan pertama jari tangan terjepit pintu yang bisa dilakukan?

Bagaimana gejala yang muncul saat jari tangan terjepit pintu?

Jari terjepit pintu adalah salah satu jenis cedera yang paling umum terjadi. Umumnya, jari tangan terjepit pintu dialami oleh anak-anak saat bermain, bahkan mungkin orang dewasa yang kurang hati-hati atau dalam kondisi sedang terburu-buru.Beberapa gejala yang muncul sesaat setelah jari terjepit pintu, di antaranya rasa nyeri ringan hingga parah, merah dan bengkak, memar atau perdarahan di bawah kuku, jari berwarna keunguan atau kehitaman, serta jari terasa kaku dan terkadang mati rasa.Selain itu, kuku jari mungkin saja dapat terlepas dalam 1-2 minggu setelah cedera berlangsung.

Bagaimana pertolongan pertama jari terjepit pintu?

Cara paling baik sebagai pertolongan pertama jari terjepit pintu adalah dengan meredakan peradangan yang terjadi. Pasalnya, peradangan menjadi penyebab utama munculnya nyeri, merah, dan bengkak. Berikut adalah pertolongan pertama jari terjepit pintu yang bisa dilakukan.

1. Kompres es batu

Pertolongan pertama jari terjepit pintu yang harus segera dilakukan adalah mengompres jari tangan dengan es batu. Kompres dingin es batu bertujuan untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit yang timbul.Caranya, cukup tempelkan beberapa buah es batu yang dibungkus dengan handuk atau kain bersih ke area jari tangan yang terjepit pintu. Sensasi dingin yang berasal dari es batu dapat membantu melegakan jari tangan dari rasa sakit.Tempelkan kompres es batu selama 15 menit. Anda dapat melakukannya beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.Namun ingat, jangan menempelkan es batu langsung ke kulit karena dapat memperparah kondisi peradangan yang terjadi atau meningkatkan risiko frostbite (radang dingin), yakni suatu kondisi ketika kulit terpapar suhu dingin sangat ekstrem dalam waktu yang cukup lama.

2. Istirahat sejenak dari rutinitas

Pertolongan pertama jari terjepit pintu selanjutnya adalah dengan beristirahat sejenak dari rutinitas yang dilakukan. Terlebih jika cedera yang terjadi cukup parah.Maka dari itu, jangan memaksakan diri Anda untuk melanjutkan pekerjaan. Misalnya, mengangkat benda berat dengan jari yang terjepit pintu karena dapat meningkatkan rasa nyeri.Sebaiknya, Anda berhati-hati bila ingin menggerakkan jari tangan yang terjepit pintu agar tidak menimbulkan rasa sakit yang lebih parah. Anda juga perlu mencermati gejala jari terjepit pintu, apakah memerlukan penanganan medis dengan segera ke rumah sakit atau tidak.

3. Letakkan posisi jari terjepit lebih tinggi dari dada

Agar jari terjepit pintu lebih cepat membaik, Anda perlu meletakkan posisi jari tangan lebih tinggi dari dada.Langkah tersebut bertujuan untuk memperlambat aliran darah ke jari sehingga peradangan tidak semakin memburuk.Selain itu, meletakkan posisi jari tangan lebih tinggi dari dada juga dapat mempercepat proses pemulihan dari cedera. Maka, penting untuk melakukannya sesering mungkin.

4. Gunakan obat pereda nyeri

Jika gejala jari tangan terjepit cukup mengganggu, Anda bisa meredakannya dengan minum obat pereda nyeri. Beberapa obat pereda nyeri yang mudah ditemukan di apotek adalah paracetamol, ibuprofen, dan aspirin.Tak hanya obat minum, Anda juga bisa mengoleskan krim pereda nyeri. Obat pereda nyeri dapat membantu meringankan rasa nyeri dan pembengkakan akibat jari terjepit pintu.

5. Oleskan krim antibiotik

Jika cedera akibat jari terjepit pintu membuat kulit atau kuku rusak serta mungkin muncul luka terbuka, sebaiknya segera bersihkan dengan air mengalir.Kemudian, oleskan krim antibiotik sesuai resep dokter apabila luka berpotensi timbul infeksi. Lalu, tutup luka menggunakan kasa, perban, atau plester.Jangan lupa untuk membersihkan luka dan mengganti penutup luka minimal 2 kali sehari. 

Apa yang terjadi pada jari tangan setelah pertolongan pertama dilakukan?

Setelah 1-2 hari Anda melakukan pertolongan pertama jari terjepit, rasa nyeri yang ditimbulkan perlahan akan menghilang.Memar yang terasa menyakitkan mungkin akan muncul pada lokasi cedera setelah bengkak mereda. Tergantung pada lokasi cedera dan tingkat keparahannya, memar dapat menyebabkan rasa sakit, berdenyut, hingga mati rasa.Ketika rasa nyeri dan bengkak berangsur hilang, Anda dapat menggerakkan jari tangan terjepit secara perlahan. Hindari melakukan gerakan yang berlebihan sementara waktu karena dapat mengakibatkan rasa sakit muncul kembali.Memijat area jari tangan terjepit juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan dengan cara meningkatkan aliran darah ke lokasi cedera. Langkah ini juga dapat membantu memecah sel-sel darah dan jaringan kulit.Waktu pemulihan untuk jari tangan terjepit pintu biasanya tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi cedera. Pada dasarnya, jari terjepit pintu mulai sembuh dalam waktu 3-4 hari.Untuk kasus yang parah, mungkin proses penyembuhan akan memerlukan beberapa minggu untuk dapat pulih sepenuhnya.

Bagaimana jika muncul memar di bawah kuku jari terjepit pintu?

Apabila muncul memar di bawah kuku jari tangan yang terjepit pintu, hal ini dapat disebabkan oleh tekanan yang menumpuk sehingga menyebabkan rasa nyeri. Jika tekanan ini cukup parah, kuku jari Anda mungkin akan terlepas.Pada beberapa kasus, kuku jari Anda tidak akan terlepas, tetapi Anda mungkin akan melihat perubahan warna di area lokasi, seperti menghitam, akibat terjadinya cedera.Memar akan tetap terlihat selama beberapa bulan sampai bagian kuku jari tangan terjepit pintu hilang dengan sendirinya karena terserap oleh tubuh.  

Kapan harus menemui dokter?

Anda perlu menemui dokter apabila jari tangan terjepit pintu tak kunjung membaik, muncul rasa nyeri yang teramat sangat, atau melibatkan beberapa jari tangan Anda lainnya. Selain itu, Anda memerlukan pengobatan dari dokter apabila:
  • Anda tidak bisa meluruskan jari tangan yang terjepit pintu
  • Jari tangan yang terjepit pintu menjadi bengkok
  • Jari tangan mati rasa
  • Muncul luka yang cukup dalam
  • Anda mencurigai kuku jari tangan memar dan akan terkoyak
  • Terjadi perdarahan atau muncul nanah di lokasi cedera
  • Jari tangan tetap bengkak lebih dari 2 hari
  • Sendi jari, buku jari, telapak tangan, atau pergelangan tangan Anda ikut terluka
  • Gejala jari terjepit pintu memburuk setelah 1-2 hari melakukan pertolongan pertama
[[artikel-terkait]]Jari terjepit pintu dalam taraf yang ringan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Anda dapat melakukan pertolongan pertama jari terjepit pintu yang direkomendasikan di atas dengan segera.Akan tetapi, apabila gejala jari tangan terjepit pintu tetap muncul setelah 1-2 hari melakukan pertolongan pertama, maka ini saatnya Anda untuk menemui dokter guna mendapatkan penanganan medis yang tepat.Anda juga dapat konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ bila ingin bertanya seputar pertolongan pertama jari tangan terjepit pintu lebih lanjutCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
pertolongan pertamamemarnyeri
Healthline. https://www.healthline.com/health/smashed-finger#seek-help
Diakses pada 16 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321396#bruised-fingernail
Diakses pada 16 Juli 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-treat-a-smashed-finger-1298320
Diakses pada 16 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait