Langkah Pertolongan Pertama Apabila Digigit Tomcat

Tomcat mengeluarkan racun yang dapat membuat kulit iritasi
Sepintas Tomcat terlihat seperti semut

Masih ingatkah Anda dengan tomcat? Ya, jenis serangga satu ini sempat menjadi perbincangan pada waktu yang lalu lantaran ada beberapa wilayah di Indonesia yang terkena serangan gigitan tomcat.

Tomcat menjadi populer di masyarakat karena gigitannya yang dapat menyebabkan iritasi di kulit, menimbulkan sensasi rasa terbakar, serta kemerahan pada kulit. Lantas, bagaimana pertolongan pertama apabila terkena gigitan tomcat?

Apa itu tomcat?

Serangga tomcat merupakan keluarga jenis kumbang. Tomcat adalah salah satu jenis serangga dengan tubuh berukuran 7-8 milimeter.

Jenis serangga ini memiliki kepala berwarna hitam, dengan warna belang oranye atau merah pada tubuhnya, serta memiliki sepasang sayap yang keras.

Umumnya, tomcat hidup di area aliran air dan saluran drainase. Ketika hujan deras atau banjir, tomcat dapat berpindah ke area yang lebih kering.

Pada siang hari, tomcat bisa berjalan di atas tanah, dengan sayap yang disembunyikan sehingga terlihat menyerupai semut. Sementara, saat malam hari, tomcat dapat dijumpai di area yang banyak cahaya.

Bahaya terkena gigitan tomcat yang perlu diketahui

Selama ini banyak orang yang mengaku terkena gigitan tomcat. Padahal, sebenarnya, istilah terkena gigitan tomcat tidaklah benar. Hal ini karena tomcat tidak dapat menggigit ataupun menyengat.

Ketika Anda bersentuhan dengan tomcat saja, ini sudah cukup memberikan efek beracun pada tubuh manusia. Pasalnya, darah tomcat mengandung racun kuat yang dikenal dengan nama pederin.

Apabila Anda tidak sengaja menyentuh tomcat, ia akan mengeluarkan racun pederin dari tubuhnya kemudian diserap oleh kulit tubuh Anda. Beberapa gejala yang mungkin akan Anda alami apabila terkena racun tomcat, di antaranya:

  • Kemerahan pada kulit.
  • Adanya sensasi rasa terbakar.
  • Rasa gatal dan iritasi kulit yang menyakitkan.
  • Muncul lepuhan berisi nanah (setelah empat hari terkontaminasi).
  • Dermatitis serius (pada kasus yang parah).

Area kulit yang terkena racun tomcat akan tetap iritasi, melepuh, dan nyeri selama 10 hari. Apabila tomcat melepas racun di tangan Anda, atau berada di dekat sendi tubuh, maka racun tersebut dapat menyebar ke area tubuh lainnya.

Selain pada kulit, Anda bisa saja terkena racun tomcat pada area mata. Jika ini terjadi, Anda bisa mengalami iritasi, bahkan infeksi mata atau konjungtivitis.

Langkah-langkah pertolongan pertama terkena gigitan serangga tomcat

Jika Anda atau orang di sekitar Anda tidak sengaja terkena gigitan tomcat, segera lakukan pertolongan pertama berikut ini.

1. Hilangkan racun tomcat

Pertama, hilangkan racun tomcat yang mungkin menempel pada area tubuh atau tangan Anda terlebih dahulu. Namun, jangan menyentuh racun tomcat dengan jari tangan Anda secara langsung karena dapat membuat jari ikut terkena racun yang menempel.

2. Cuci area tubuh dan kulit

Segera cuci area tubuh dan kulit yang yang terkena racun tomcat menggunakan sabun dan air bersih. Langkah ini dapat membantu meminimalisir masuknya racun masuk ke dalam kulit atau tubuh.

3. Kompres air dingin

Kompres area tubuh dan kulit yang terkena gigitan tomcat menggunakan kain bersih yang telah dibasahi air es. Ingat, jangan mengompresnya langsung menggunakan es batu ke kulit Anda.

Kompres dingin dapat membantu meringankan kemerahan, pembengkakan, dan nyeri yang mungkin Anda rasakan. Lakukan langkah ini selama 10-15 menit dan ulangi tergantung kebutuhan.

4. Oleskan lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi luka akibat racun tomcat dengan segera. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya segar langsung dari tanamannya ke area kulit atau tubuh.

Namun, apabila tanaman aloe vera tidak tersedia, Anda bisa mengoleskan produk gel yang terbuat dari lidah buaya murni.

5. Oleskan krim antihistamin

Jika Anda merasa nyeri dan gatal, Anda bisa mengoleskan krim antihistamin, seperti lotion calamine, pada area kulit yang terpapar racun tomcat.

Anda bisa juga melakukan cara alami, yakni dengan mengoleskan campuran air dan soda kue (baking soda).

Kapan harus ke dokter?

Jika pertolongan pertama terkena gigitan serangga tomcat tidak dapat meringankan tanda dan gejala awal, segera konsultasikan dengan dokter. Terlebih apabila Anda mengalami gejala-gejala lainnya, seperti:

Dokter akan membantu Anda dalam menentukan pengobatan terkena gigitan tomcat yang sesuai dengan tingkat keparahannya.

NSW Government. https://www.health.nsw.gov.au/environment/factsheets/Pages/rove-beetles.aspx
Diakses pada 11 November 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/insect-bites-and-stings/treatment/
Diakses pada 11 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/first-aid/bites-stings
Diakses pada 11 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/allergies/first-aid-for-insect-stings
Diakses pada 11 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-insect-bites/basics/art-20056593
Diakses pada 11 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed