Ingin Keluarga Harmonis? Lakukan Langkah Berikut Ini


Menciptakan keluarga harmonis bukan hal yang mudah karena dibutuhkan peran seluruh anggota keluarga. Mulailah dengan saling menghormati, bertukar cerita, meluangkan waktu bersama, dan menjalin komunikasi yang baik.

(0)
03 Dec 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Keluarga harmonis adalah kunci kebahagiaanSalah satu langkah mewujudkan keluarga harmonis adalah bersenang-senang bersama
Memiliki keluarga harmonis menjadi dambaan bagi banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang beruntung mempunyai keluarga yang harmonis. Keluarga harmonis adalah keluarga yang rukun, damai, dan penuh cinta kasih.Namun, menciptakan keluarga yang harmonis bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan peran seluruh anggota keluarga, dari orangtua hingga anak, untuk mewujudkannya. Untuk membantu Anda menciptakan keharmonisan rumah tangga, ada baiknya untuk menyimak beberapa hal di bawah ini.

Manfaat memiliki keluarga harmonis

Adanya persoalan atau masalah dalam keluarga merupakan hal yang umum terjadi, sekalipun untuk keluarga yang harmonis. Akan tetapi, keberhasilan dalam melewati konflik tersebut dapat menjadi tanda keharmonisan rumah tangga yang terjalin.Memiliki hubungan keluarga harmonis dapat membuat anak merasa aman dan dicintai. Tak hanya itu, keharmonisan dalam keluarga juga mampu membuat kehidupan Anda dan pasangan terasa lebih baik.Kehangatan dan kasih sayang satu sama lain menjadi salah satu ciri dari keluarga harmonis. Beberapa manfaat memiliki keluarga yang harmonis, yaitu:
  • Membantu perkembangan otak anak karena rasa aman dan dicintai yang ia rasakan dalam keluarga harmonis.
  • Membantu mengatasi kesulitan yang anak alami dalam makan, belajar, tidur, ataupun berperilaku.
  • Membuat keluarga lebih mudah dalam menyelesaikan masalah atau konflik apa pun.
  • Membantu seluruh anggota keluarga menghargai perbedaan pendapat dan saling mendengarkan.
  • Memberi anak keterampilan yang dibutuhkannya dalam membangun hubungan yang sehat.
Keluarga harmonis memiliki hubungan yang kuat antar anggotanya sehingga sulit terpecah-belah. Model keluarga ini tumbuh dengan komunikasi, koneksi, cinta, aturan, rutinitas, dan keamanan yang baik. Berbeda dengan keluarga tidak harmonis yang kerap dirundung oleh masalah antar anggota keluarga.

Tips menciptakan keluarga harmonis

Jika Anda merasa keluarga Anda kurang atau bahkan tidak harmonis, jangan berkecil hati terlebih dahulu karena belum terlambat untuk memperbaikinya. Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam membentuk keluarga harmonis:

1. Saling menghormati

Saling menghormati menjadi kunci dari keluarga harmonis. Berilah pengertian pada seluruh anggota keluarga untuk menghargai satu sama lain.Sebagai orangtua, Anda juga harus mendengarkan apa yang anak katakan. Jangan menolak atau tidak mengacuhkan pendapatnya karena ini akan membuat jarak antara Anda dan anak.

2. Bertukar cerita

Bertukar cerita menjadi hal penting dalam menciptakan keharmonisan rumah tangga, terutama dengan anak-anak. Ketika pulang kerja atau setelah beraktivitas di luar, usahakan untuk berbagi cerita kepada mereka.Atau sebaliknya, tanyakan kepada mereka cerita apa saja yang terjadi di sekolah. Jika tindakan ini dibiasakan, anak-anak akan menantikan untuk berbagi ceritanya kepada Anda sehingga hubungan erat dengan orangtua dapat terjalin.

3. Prioritaskan keluarga

Memprioritaskan keluarga, baik pasangan ataupun anak, harus dilakukan karena dapat menciptakan perasaan saling membutuhkan. Hal ini merupakan cara menjaga keharmonisan rumah tangga yang tidak boleh disepelekan.

4. Makan bersama

Menyempatkan sarapan, makan siang, atau makan malam bersama sangatlah penting. Hal ini dapat meningkatkan hubungan antar anggota keluarga, serta menciptakan keluarga harmonis.

5. Bersenang-senang bersama

Tips agar rumah tangga harmonis dan langgeng dapat diwujudkan dengan bersenang-senang bersama. Menonton film, berjalan-jalan, atau hanya sekedar memainkan permainan sederhana bersama keluarga dapat mempererat ikatan dan kehangatan dalam keluarga.

6. Hindari membentak

Menciptakan suasana yang damai di rumah penting untuk membentuk keluarga harmonis. Ketika anak membuat kesalahan, Anda dapat membicarakan atau menghukumnya dengan baik, namun jangan sampai hilang kendali atau berteriak. Sebab hal tersebut bisa menciptakan suasana yang tak tenang di rumah.

7. Meluangkan waktu bersama keluarga

Terlalu banyak bekerja dapat menjauhkan hubungan antar anggota keluarga. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu untuk bekerja dan tidak memprioritaskan anak-anak, mereka akan terbiasa dengan perasaan terbengkalai. Anak-anak bahkan bisa berpikir dirinya tidak cukup berharga di mata orangtuanya.

8. Saling memberi apresiasi

Kasih sayang diperlihatkan bukan sekadar lewat kata, tapi juga dibuktikan dengan kepedulian antar satu sama lain.Bagi keluarga yang hidup rukun di rumah, apresiasi pun ditunjukkan dengan menunjukkan rasa hormat kepada masing-masing anggota.Selain dengan kepedulian dan saling menghormati, apresiasi dan kasih sayang ditunjukkan dengan lelucon dan senda gurau dengan keluarga. Hubungan antaranggota keluarga pun terasa lebih bersahaja dan terasa seperti pertemanan.

9. Hadapi masalah dengan efektif

Saat menghadapi stres, keluarga harmonis mampu melihat krisis sebagai tantangan dan peluang. Alih-alih menyerah, keluarga yang harmonis mampu beradaptasi dengan adanya perubahan akibat problem yang melanda. Keluarga pun mau terbuka untuk menghadapi perubahan dan bertahan dengan situasi.

10. Ciptakan kesejahteraan spiritual

Hidup rukun di rumah juga bisa dilihat dari adanya harapan yang tumbuh dalam keluarga. Nilai-nilai etika dan iman pun dijunjung tinggi. Begitu juga dengan nilai kemanusiaan yang senantiasa diterapkan di dalam anggota keluarga.

11. Komitmen yang kuat

Komitmen diartikan sebagai adanya rasa keterikatan dalam keluarga. Dalam hal ini, rasa kepercayaan antaranggota tertanam dengan kuat. Setiap orang di dalam keluarga pun juga senantiasa menjaga kejujurannya. Karena ada ikatan yang harmonis, keluarga pun bersedia untuk saling berbagi.

12. Berkomunikasi

Dalam menciptakan keharmonisan rumah tangga, komunikasi yang baik antar anggota keluarga perlu dijalankan. Komunikasi yang diterapkan pun sebaiiknya lebih fleksibel dan terbuka, di mana anak memiliki kebebasan untuk menyampaikan apa yang ia rasakan pada saudara atau orangtuanya, begitupun sebaliknya.

13. Saling tolong-menolong

Keluarga harmonis akan berusaha untuk saling tolong-menolong ketika ada anggota keluarga yang memiliki masalah. Bersama-sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi persoalan tersebut. Hal ini juga dapat menumbuhkan kepedulian antar anggota keluarga.Langkah-langkah di atas akan membantu Anda menciptakan keluarga harmonis di rumah. Dengan memiliki keluarga yang harmonis, kebahagiaan bersama dapat dicapai sekaligus meningkatkan kualitas hidup masing-masing anggota keluarga.
tips parentingmembesarkan anakmenjalin hubungan
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/grown-ups/family-life/routines-rituals-relationships/good-family-relationships
Diakses pada 03 November 2019
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/features/15-secrets-to-have-a-happy-family#1
Diakses pada 03 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait