Langkah-langkah Merawat dan Memahami Jenis Kulit Anda

Merawat kulit dapat dilakukan dengan mengetahui tipe kulit, membersihkan kulit berdasarkan tipenya, dan sebagainya
Langkah-langkah tepat diperlukan untuk merawat kulit Anda

Sebagai wanita, salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah merawat kulit. Dengan perawatan secara rutin, Anda dapat menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk merawat kulit Anda, ikuti langkah-langkah penting berikut ini.

Mengetahui Tipe Kulit

Tipe kulit seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Mereka cenderung memilih perawatan kulit yang ramai digunakan, ketimbang memahami tipe kulit mereka terlebih dahulu. Padahal penggunaan produk kecantikan harus disesuaikan dengan tipe kulit Anda. Lalu, bagaimana cara mencari tahu tipe kulit dengan benar? Simak karakteristik tiap jenis kulit berikut.

  1. Kulit kering, terasa bersisik dan cenderung kasar
  2. Kulit kombinasi kering, di beberapa titik wajah akan terasa kering, tapi di bagian lain terasa berminyak
  3. Kulit berminyak, memiliki pori-pori besar dan mudah berminyak
  4. Kulit sensitif, cenderung sulit menemukan produk makeup atau skincare yang cocok
  5. Kulit normal, merupakan jenis kulit yang paling seimbang, tidak sensitif, dan tidak sulit menemukan produk kecantikan

Membersihkan Wajah Sesuai Tipe Kulit

Bagian pertama dalam perawatan kulit rutin yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan wajah. Jangan gunakan sembarangan sabun untuk membersihkannya. Pakailah produk yang sesuai dengan jenis kulit.

  1. Kulit normal atau kombinasi: Jika Anda memiliki kulit seperti ini maka gunakanlah produk pembersih wajah yang tidak memiliki scrub, kemudian gunakan air hangat untuk membilas.

  2. Kulit kering: Untuk pemilik kulit kering, jangan menggunakan produk yang memiliki alkohol di dalamnya. Gunakanlah skincare jenis exfoliating sekali dalam seminggu untuk membuang kulit mati. Hal ini dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

  3. Kulit berminyak: Perawatan kulit rutin bagi pemilik kulit berminyak dapat dilakukan dengan menggunakan produk pembersih wajah yang bebas minyak. Produk seperti toner juga mungkin Anda butuhkan. Namun, gunakan secara berhati-hati untuk menghindari iritasi.

  4. Kulit sensitif: Pemilik kulit jenis ini harus membersihkan wajah dengan lebih hati-hati. Jangan mengusap wajah usai mencuci muka dengan handuk secara kasar. Lakukan perlahan dengan gerakan menepuk hingga kering. Jangan gunakan produk dengan kandungan alkohol.

Pelembap

Setelah membersihkan wajah, Anda perlu untuk mengaplikasikan pelembap wajah terlebih dahulu. Walaupun kulit Anda berminyak, proses satu ini tentunya harus tetap Anda lakukan, tentunya dengan kadar yang lebih sedikit ketimbang mereka yang memiliki kulit kering. Carilah produk pelembap yang cocok dengan tipe kulit Anda agar terhindar dari iritasi.

Menggunakan Tabir Surya

Saat melakukan perawatan kulit rutin di pagi hari dan berniat untuk keluar rumah, jangan pernah lupa untuk mengoleskan tabir surya pada kulit wajah maupun yang terkena paparan sinar matahari. Ini dilakukan untuk mencegah berbagai masalah yang biasanya disebabkan oleh sinar matahari.

Hapus Makeup Sebelum Tidur

Jika Anda baru pulang bepergian dengan menggunakan makeup, segera hapus sebelum Anda tertidur. Tidur dengan riasan masih melekat di wajah hanya akan membuat masalah baru bagi kulit. Lakukan double cleansing sebelum memulai perawatan kulit rutin selanjutnya.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/glowing-skin-18/slideshow-skincare-routine

Bioclarity. https://www.bioclarity.com/pages/skin-types

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed