Langkah-langkah Facial Detox Demi Kulit Wajah yang Berseri

Facial detox dapat membuat kulit wajah bersih dan berseri
Kulit wajah yang berseri dapat diraih dengan facial detox

Kulit yang terlalu kusam dan berminyak dapat menjadi masalah bagi pria maupun wanita. Untuk mengatasinya secara menyeluruh, Anda dapat melakukan facial detox. Perawatan wajah ini dapat Anda nikmati di klinik kecantikan populer atau bisa dilakukan sendiri di rumah.

Metode perawatan wajah ini akan membantu mengeluarkan racun dan minyak berlebih pada kulit sehingga wajah Anda semakin bersih dan segar.

Manfaat facial detox

Tujuan utama facial detox adalah proses detoksifikasi atau pembuangan racun di dalam kulit wajah menggunakan metode facial. Di samping itu, ada manfaat-manfaat lain yang bisa dinikmati kulit wajah Anda.

Salah satu manfaat facial detox adalah menghentikan produksi sebum berlebih. Sebum merupakan zat alami yang diproduksi kulit manusia untuk membuat kulit tetap lembap. Namun jika produksi sebum terlalu berlebihan, pori-pori kulit akan tersumbat dan menimbulkan komedo.

Manfaat facial detox lainnya adalah memperbaiki kulit wajah dari kerusakan akibat pola makan yang buruk. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat berdampak langsung pada wajah dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Facial detox akan membantu melenyapkan kotoran di dalam kulit akibat pola makan yang buruk tersebut. Manfaat ini akan semakin terasa apabila Anda juga melakukan diet sehat dan berolahraga.

Terakhir, metode facial detox dapat membantu proses oksigenasi wajah Anda, yang mendukung pembentukan dan pemulihan kolagen. Zat ini diperlukan untuk mewujudkan wajah yang sehat. Proses oksigenasi ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus membawa manfaat bagi sel-sel yang ada di permukaan kulit.

Cara melakukan facial detox

Anda pun dapat melakukan facial detox secara mandiri di rumah. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan semua kotoran, racun, polutan, dan sel-sel kulit mati yang menempel di wajah dengan metode facial detox. Apa saja?

1. Mulai dengan facial

Facial yang tepat dapat membersihkan pori-pori Anda secara menyeluruh ketimbang perawatan kulit yang biasa Anda lakukan. Melakukan facial, apalagi jika ditambah dengan pijat wajah, juga dapat membantu meredakan stres sekaligus membersihkan pori-pori wajah. Proses facial ini dapat Anda jalani di klinik kecantikan pilihan atau di dokter kulit. Anda juga mempelajari teknik-tekniknya untuk melakukannya sendiri di rumah.

2. Bersihkan wajah dua kali sehari

Membersihkan wajah perlu dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari. Untuk melakukan facial detox, Anda perlu membersihkan wajah setiap pagi dan malam. Sebelum memilih jenis pembersih wajah, Anda perlu mengetahui tipe kulit yang dimiliki terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki kulit yang kering, gunakan oil cleanser di pagi hari dan foam cleanser di malam hari. Apabila Anda memiliki kulit yang lebih berminyak, menggunakan pembersih wajah seperti gel berbahan dasar air di pagi dan malam hari bisa membantu mengeluarkan kotoran yang menumpuk di wajah.

3. Berikan uap alami

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan memberikan uap alami ke wajah Anda. Uap ini akan memudahkan kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk masuk ke dalam pori-pori dan mengangkat kotoran sebanyak mungkin.

Jika Anda tidak punya shower uap, Anda dapat menikmatinya dengan mempersiapkan air panas ke dalam wadah. Posisi wajah Anda di atas wadah berisi air dan tutupi atas kepala Anda dengan handuk untuk mengarahkan uap ke pori-pori wajah. Lakukan selama 10 menit setiap harinya.

4. Gunakan masker lumpur

Masker dari tanah liat atau lumpur dipercaya dapat mengeluarkan sebagian besar kotoran pada lapisan teratas kulit wajah.

Untuk membuatnya, encerkan masker lumpur menggunakan air hangat dan gunakan hingga masker terasa lembut, tapi tidak benar-benar kering. Gunakan masker ini setiap Anda melakukan proses facial detox.

5. Minum banyak air

Konsumsi air harian yang direkomendasikan adalah sekitar dua liter per harinya. Mengonsumsi cukup air dapat membantu menghilangkan racun-racun dari tubuh Anda dan tetap terhidrasi.

Selain itu, Anda juga perlu mengurangi konsumsi kopi, jus bergula, dan alkohol, setidaknya pada hari-hari detox Anda. Teh hijau bisa menjadi alternatif pengganti minuman-minuman tersebut karena manfaatnya yang mampu menghidrasi dan membersihkan kulit..

6. Perhatikan pola makan sehari-hari

Anda juga perlu memerhatikan pola makan sehari-hari. Untuk meremajakan kulit, sesuaikan pola makan berdasarkan tujuan perawatan wajah Anda. Selama proses facial detox, hindari produk-produk olahan susu, gorengan, dan gula tambahan. Makanan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam.

Konsumsi makanan yang mengandung mineral alkalin, seperti pir, brokoli, kale, semangka, dan pisang. Makanan tersebut akan menjaga kulit tetap kuat. Anda juga dapat mengonsumsi lemak sehat, seperti alpukat dan kacang kenari, untuk membuat kulit berkilau.

Organic Element Spa NY.
http://www.organicelementspany.com/treatments-services/facial-treatments/detoxifying-facial/
Diakses pada 10 April 2020

Belleza Skin Care.
https://www.bellezaskincare.com/blog/what-is-high-frequency-and-why-do-we-use-it/
Diakses pada 10 April 2020

AHA Clinic.
https://www.ahaclinic.co.id/facial-detox/
Diakses pada 10 April 2020

The Every Girl.
https://theeverygirl.com/how-to-detox-your-skin/
Diakses pada 10 April 2020

Artikel Terkait