5 Langkah Aman dan Mudah Facial di Rumah

(0)
Facial di rumah dapat menghemat waktu dan biaya serta kebersihannya cenderung lebih terjaminMasker wajah bertujuan untuk menutrisi kulit agar kencang, cerah, dan tampak berseri-seri
Padatnya aktivitas sehari-hari kerap membuat Anda tidak sempat melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Akibatnya, kulit wajah jadi tampak kusam dan tidak terawat. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat merawat wajah sendiri di rumah. Sebab, Anda bisa melakukan facial di rumah dengan aman dan mudah.

Bolehkah melakukan facial sendiri di rumah?

Jika tidak ada waktu pergi ke klinik kecantikan, Anda dapat melakukan facial di rumah dengan aman dan mudah. Kini, di pasaran sudah banyak tersedia produk perawatan kulit yang dapat mendukung proses facial wajah di rumah. Beberapa produk perawatan kulit yang perlu disiapkan adalah produk pembersih wajah, scrub wajah, masker wajah, serum, dan pelembap. Dengan ini, Anda pun bisa merasakan manfaat facial di rumah yang sama seperti di klinik kecantikan. Misalnya, meremajakan kulit, mencerahkan kulit, menenangkan kulit, hingga meredakan stres dan meningkatkan moodTerlebih, keuntungan facial di rumah adalah Anda bisa menghemat waktu dan biaya serta kebersihannya cenderung lebih terjamin. Meski demikian, jika Anda memiliki masalah kulit yang cukup mengganggu dan kondisi kulit tertentu, ada baiknya facial wajah tetap dilakukan di klinik kecantikan oleh orang yang profesional. 

Cara melakukan facial di rumah dengan aman dan mudah

Berikut adalah langkah-langkah melakukan facial di rumah dengan aman dan mudah:

1. Membersihkan wajah

Cara facial di rumah diawali dengan membersihkan wajah
Bersihkan wajah menggunakan sabun pembersih yang tepat
Membersihkan wajah merupakan hal yang penting dilakukan sebagai bagian dari facial di rumah. Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan seluruh minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan wajah dengan sabun pembersih make up terlebih dahulu karena sisa-sisa make up tidak dapat diangkat hanya dengan mencuci wajah. Kemudian, mulailah mencuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Jangan menggunakan air panas karena dapat merusak pembuluh darah di area wajah, sedangkan air yang terlalu dingin dapat membuka pori-pori wajah Anda. Selanjutnya, tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan. Lalu, gunakan ke permukaan wajah sambil memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah agar seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna. Langkah tersebut bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit serta meningkatkan aliran darah sehingga pori-pori wajah dapat terbuka dan dibersihkan. Bilas wajah menggunakan air hangat. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih berbahan lembut. 

2. Melakukan scrub wajah

Scrub wajah adalah tahapan penting facial di rumah
Scrub wajah berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati di wajah
Setelah membersihkan wajah, cara facial di rumah selanjutnya adalah scrub wajah. Scrub wajah merupakan tahapan yang penting dalam melakukan facial karena berfungsi mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah dapat melakukan regenerasi sel-sel kulit dengan baik. Dengan demikian, wajah Anda akan tampak cerah dan sehat. Anda bisa menggunakan produk scrub wajah yang banyak dijual di pasaran atau bahan scrub alami campuran oatmeal, madu, dan minyak zaitun. Jika seluruh bahan alami ini sudah tercampur menjadi satu, oleskan ke wajah secara merata. Gosokkan bahan scrub ke seluruh wajah dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Terutama bagian dahi, hidung, dan dagu sebaiknya lebih lama digosok karena area tersebut paling banyak ditumbuhi komedo. Kemudian, bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin. 

3. Menguapkan wajah (steaming)

Cara facial di rumah selanjutnya adalah steaming atau penguapan wajah. Caranya pun cukup mudah. Anda cukup menyiapkan mangkuk atau baskom besar yang berisi air panas. Lalu, dekatkan wajah Anda ke atas mangkuk atau baskom besar selama 5-10 menit. Pastikan Anda menutup bagian kepala dengan handuk agar uap air panas hanya terpapar di bagian wajah Anda. Steaming wajah bertujuan untuk membuka pori-pori wajah dan memberi efek menenangkan pada kulit wajah. 

4. Menggunakan masker wajah

Masker wajah adalah salah satu cara facial di rumah yang penting
Masker pepaya dan madu untuk kulit berminyak
Cara facial di rumah kurang afdol rasanya apabila belum menggunakan masker wajah. Masker wajah bertujuan untuk menutrisi kulit Anda sehingga membuatnya kencang, cerah, dan tampak berseri-seri. Anda dapat menggunakan masker wajah yang dijual di pasaran atau terbuat dari bahan alami. Pastikan Anda menggunakan masker wajah sesuai dengan jenis kulit wajahMisalnya, bagi pemilik kulit normal dan kombinasi menggunakan masker yogurt dan madu, masker pepaya dan madu untuk kulit berminyak, serta masker pisang dan madu untuk kulit kering. Gunakan atau oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah, kecuali area mata, bibir, dan leher. Diamkan masker wajah selama 15-20 menit, lalu bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin. 

5. Pakai toner dan pelembap wajah

Tahap terakhir facial di rumah adalah pakai toner dan pelembap
Gunakan toner dan pelembap wajah sesuai jenis kulit
Setelah melakukan serangkaian cara facial di rumah yang telah disebutkan di atas, sampailah Anda pada tahap akhir perawatan wajah. Anda bisa mengusapkan kapas yang sudah dibasahi toner wajah ke seluruh wajah. Toner dapat membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran di wajah, mengunci pori-pori wajah, dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jika sudah menggunakan toner, Anda dapat mengoleskan pelembap ke wajah dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Selain melembapkan wajah, pelembap dapat membantu menutrisi kulit, menghidrasi kulit, hingga mencegah kulit dari kerusakan. Agar kulit wajah benar-benar terawat, pastikan Anda menggunakan toner dan pelembap wajah sesuai dengan jenis  kulit. 

Yang perlu diketahui saat melakukan facial di rumah

Meski aman dan mudah, perhatikan hal-hal berikut ini saat melakukan facial wajah di rumah:
  • Jangan langsung menggunakan make up sesaat setelah melakukan facial wajah. Biarkan wajah Anda ‘bernapas’ selama beberapa saat. 
  • Lakukan facial di rumah seminggu sekali untuk menjaga kulit tetap cantik, sehat, dan cerah. 
  • Buat ruangan di sekitar Anda lebih tenang dan kondusif. Langkah ini dapat meredakan stres dan memaksimalkan proses facial di rumah sama seperti facial wajah di klinik kecantikan. 
  • Jika Anda mengalami efek samping tertentu saat melakukan facial di rumah, sebaiknya segera bilas dan bersihkan wajah Anda. Hal ini terutama apabila Anda menggunakan produk perawatan kulit wajah dari bahan-bahan alami. 
Dengan melakukan cara facial di rumah yang aman dengan mudah di atas, Anda bisa mendapatkan manfaat facial wajah yang optimal. Jika ragu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mengetahui apakah Anda dapat melakukan facial di rumah atau tidak. 
perawatan kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-massage-routine-at-home#1
Diakses pada 9 Juni 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-do-a-facial-at-home/
Diakses pada 9 Juni 2020
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/home-facial_b_1778710
Diakses pada 9 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait