Langit-langit Mulut Sakit, Ini Dia 9 Penyebabnya

(0)
17 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Langit-langit mulut sakit? Bisa jadi ada penyakit yang menyebabkannya.Langit-langit mulut sakit tidak boleh disepelekan, segera datang ke dokter!
Langit-langit mulut sakit tidak boleh disepelekan, sebab dapat mengganggu aktivitas keseharian. Ditambah lagi, munculnya rasa nyeri di bagian mulut ini dapat menandakan adanya penyakit serius. Maka dari itu, ketahuilah berbagai penyebabnya ini supaya Anda bisa mengantisipasinya.

Langit-langit mulut sakit, apa penyebabnya?

Munculnya rasa nyeri di langit mulut dapat terjadi akibat berbagai macam hal, mulai dari cedera hingga penyakit. Mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik dengan dokter.Berikut ini adalah berbagai penyebab langit-langit mulu sakit yang harus diwaspadai:

1. Cedera

Cedera yang terjadi akibat kecelakaan atau mengunyah makanan yang terlalu panas, dapat menyebabkan munculnya rasa sakit di langit-langit mulut maupun bagian mulut lainnya. Rasa sakit itu muncul akibat luka karena cedera maupun makanan panas.

2. Mulut kering

Kelenjar ludah memiliki tugas untuk memproduksi air liur yang bisa melembapkan mulut. Saat kelenjar tersebut tak berfungsi dengan baik, mulut bisa kering.Saat mulut kering, maka bagian di dalamnya pun juga akan terkenda dampaknya, seperti langit mulut misalnya. Tak heran kalau rasa sakit melanda.

3. Sariawan

Siapa bilang sariawan hanya bisa menyerang bagian bibir, lidah, maupun dinding mulut? Nyatanya, sariawan dapat muncul di bagian mulut mana saja, tak terkecuali langit mulut.Jika sariawan muncul di sana, maka langit-langit mulut sakit bisa melanda. Ada banyak penyebab sariawan, salah satunya kekurangan vitamin.

4. Infeksi herpes simplex virus

Herpes simplex virus adalah penyakit menular seksual yang dapat menyerang bagian mulut Anda, salah satunya langit mulut. Umumnya, luka yang muncul akibat infeksi herpes simplex virus cenderung menyerang bibir. Namun hati-hati, penyakit ini tak pandang bulu dan juga bisa menyerang bagian mulut lainnya.

5. Infeksi

Selain herpes simplex virus, masih ada infeksi virus lain yang bisa menyebabkan langit-langit mulut sakit, di antaranya HIV, herpes zoster, cacar air, sipilis, hingga infeksi mononukleosis.Beberapa infeksi virus ini sangat berbahaya. Ada baiknya datang ke dokter untuk meminta penanangan lebih lanjut.

6. Jamur

Infeksi jamur akibat Candida albicans dapat menyebabkan langit-langit mulut sakit. Siapapun dapat menjadi korbannya, terlebih lagi mereka yang memiliki sistem imun lemah. Terkadang, infeksi jamur ini juga bisa memunculkan luka yang bisa berdarah.

7. Papilloma skuamosa

Papilloma skuamosa adalah tumor jinak (non-kanker) yang dapat berkembang di dalam mulut. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Waspadalah, papilloma skuamosa paling sering muncul di langit-langit mulut dan lidah.Umumnya, papilloma skuamosa tidak menyebabkan rasa sakit. Pertumbuhannya dapat mengganggu proses mengunyah dan menggigit makanan.

8. Kanker mulut

Kanker menyerang saat adanya pertumbuhan sel “tak terkontrol” di dalam tubuh. Di mulut, kanker dapat berdampak pada langit mulut, bagian dalam pipi, lidah, kelenjar ludah, hingga gusi. Beberapa gejala kanker mulut yang paling umum meliputi:
  • Luka yang tidak sembuh
  • Bintik putih atau merah di dalam mulut
  • Munculnya benjolan di dalam mulut
  • Sakit telinga
  • Sulit menelan
Kanker mulut adalah kondisi medis yang harus segera ditangani oleh dokter. Semakin cepat ditangani dokter, semakin baik juga hasil penyembuhannya.

9. Lichen planus oral

Lichen planus oral dapat menyebabkan munculnya kulit bengkak berwarna merah dan luka di dalam mulut. Hati-hati, lichen planus oral dapat muncul di bagian mulut mana saja. Itulah sebabnya, lichen planus oral dapat menyebabkan langit-langit mulut sakit.Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, lichen planus oral dapat teriritasi sehingga memunculkan luka di dalam mulut.

Cara mengatasi langit-langit mulut sakit di rumah

Sakit mulut
Datanglah ke dokter saat langit-langit mulut sakit
Sebenarnya, penyakit apapun, termasuk langit-langit mulut sakit, harus ditangani oleh dokter guna meraih hasil penyembuhan yang optimal. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi langit-langit mulut sakit:
  • Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti ibuprofen atau asetaminofen
  • Mengonsumsi obat-obatan yang mengandung benzocaine ataupun hidrogen peroksida untuk mengatasi nyeri yang diakibatkan luka di dalam mulut. Jangan memberikan obat-obatan ini pada anak di bawah 2 tahun
  • Berkumur dengan air garam, terutama jika langit-langit mulut sakit disebabkan sariawan
  • Meletakkan es batu ke bagian langit-langit mulut yang nyeri
  • Menghindari makanan pedas, asin, maupun berasam tinggi untuk menghindari iritasi
  • Minum air lebih teratur
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Lebih berhati-hati lagi saat menyikat gigi ataupun bagian mulut lainnya
Ingat, berbagai cara di atas hanya membuahkan hasil temporer. Untuk hasil penyembuhan yang lebih optimal, datanglah ke dokter.

Segera ke dokter jika hal ini terjadi

Sakit mulut
Jangan sepelekan langit-langit mulut sakit
Langit-langit mulut sakit memang terdengar sepele. Namun di balik itu semua, bisa jadi ada penyakit serius seperti kanker yang sedang “bersembunyi”.Segera datang ke dokter jika berbagai gejala di bawah ini terjadi:
  • Rasa nyeri yang tak terkontrol
  • Rasa nyeri yang menyulitkan Anda makan, minum, dan menelan
  • Rasa nyeri di gigi dan gusi yang tak kunjung hilang
  • Luka di dalam mulut yang berukuran besar dan terus muncul
  • Munculnya benjolan yang tak bisa dijelaskan penyebabnya
  • Cedera mulut dengan perdarahan
  • Munculnya tanda infeksi seperti pembengkakan atau demam
Berbagai gejala di atas menjadi “sinyal” yang menandakan bahwa Anda harus segera datang ke dokter. Sebelum terjadi komplikasi, lebih baik minta pertolongan medis di rumah sakit!
penyakitkesehatan mulutmulut keringkanker mulut
Healthline. https://www.healthline.com/health/mouth-pain#pain-inside-mouth
Diakses pada 3 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mouth-cancer/symptoms-causes/syc-20350997
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait