Lakukan Pijat Sakit Gigi pada Titik-titik Ini untuk Redakan Rasa Sakit

(0)
21 Sep 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pijat sakit gigi pada titik-titik tertentu bantu redakan sakit gigiIlustrasi seorang wanita yang tengah sakit gigi
Sakit gigi memang menyebalkan, mau makan apa pun jadi tidak enak karena timbul rasa sakit dan ngilu. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan karena iritasi pada saraf gigi. Ada beberapa penyebab lain dari sakit gigi, tetapi semua ini dapat dicegah dengan perawatan gigi rutin dan menjaga kebersihan mulut.Sebelum berobat ke dokter, ada tindakan pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan sendiri, yakni pijat sakit gigi.Pijat sakit gigi dilakukan dengan cara memberikan tekanan atau pijatan di titik-titik tertentu pada tubuh Anda. Pijatan tersebut akan memberikan sinyal tubuh untuk meredakan ketegangan, mengatasi masalah aliran darah, dan mengurangi rasa sakit.

Titik-titik pijat sakit gigi

Ada berbagai titik pijat sakit gigi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dengan cepat. Akan tetapi, Anda tidak diharuskan menggunakan semua titik ini. Anda hanya perlu memijat satu atau dua dari titik tersebut setiap kali sakit gigi timbul. Berikut adalah beberapa titik-titik pijat sakit gigi.

1. Tulang pipi

Titik pijat yang terletak di tepi bawah tulang pipi ini dapat dimanfaatkan dengan memberikan tekanan yang kuat dan stabil menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.Tahan tekanan tersebut selama satu menit penuh. Titik pijat tulang pipi digunakan untuk meringankan sakit gigi dan gusi bengkak.

2. Rahang

Titik pijat sakit gigi ini terletak di tengah rahang atas dan bawah, tepatnya pada otot di depan daun telinga yang menonjol keluar.Gunakan ibu jari Anda untuk memijat titik ini selama 1 menit penuh untuk meredakan sakit rahang, sakit gigi di rahang bawah, sakit kepala, dan sakit leher.

3. Di antara ibu jari dan jari telunjuk

Titik pijat di antara ibu jari dan jari telunjuk adalah titik yang paling efektif untuk meredakan rasa sakit yang sifatnya kronis.Akan tetapi, titik ini tidak disarankan untuk wanita hamil karena rangsangannya dapat menyebabkan kontraksi prematur. Selain meredakan sakit gigi, pijatan di titik ini juga bermanfaat untuk meredakan migrain, demam, penyakit kulit, dan masalah mata.

4. Lengan bagian atas

Titik pijat yang terletak di sisi luar lengan bagian atas ini juga dapat dimanfaatkan dalam pijat sakit gigi. Titik ini bahkan dianggap sebagai titik pijat yang paling efektif.Selain sakit gigi, titik di sisi luar lengan atas ini juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit karena penyakit tiroid, demam, dan epilepsi.

5. Di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki

Titik pijat ini berada di bagian atas kaki, tepatnya di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Untuk memijatnya, Anda harus memberikan tekanan yang kuat dan stabil pada titik pijat ini dan tahan selama 1 menit.Di samping meredakan sakit gigi, pijatan pada titik ini juga dapat membantu meringankan sakit rahang atas, sakit tenggorokan, sakit lambung, serta gangguan pencernaan.

Cara lain meredakan sakit gigi

Selain melakukan pijat sakit gigi, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Kumur air garam

Kumur air garam adalah pertolongan pertama yang efektif untuk meredakan nyeri pada gigi. Air garam adalah disinfektan alami dan membantu melonggarkan partikel makanan serta kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi Anda.Cara membuatnya pun mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres dengan air dingin

Kompres air dingin merupakan pengobatan alami yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Kompres ini dapat membuat pembuluh darah di area yang sakit menyempit dan membuat rasa sakit perlahan hilang.Untuk melakukannya, bungkus es batu dengan handuk lalu tempelkan ke area yang sakit selama 20 menit. Anda dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

3. Mengoleskan bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal karena khasiatnya sebagai obat. Tidak hanya dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi, bawang putih juga ampuh sebagai pereda nyeri.Anda hanya perlu menghancurkan bawang putih dan mengoleskannya ke daerah yang nyeri atau sakit. Cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.Jika cara-cara di atas tidak mampu meredakan sakit gigi yang Anda alami, sebaiknya Anda segera berkunjung ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat sehingga masalah ini dapat segera teratasi.
sakit gigipijat
Daily-sun. https://www.daily-sun.com/arcprint/details/174823/Acupressure-Points-to-Relieve-Tooth-Pain/2016-10-14
Diakses pada 09 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#wheatgrass
Diakses pada 09 Juni 2020
Modernreflexology. https://www.modernreflexology.com/acupressure-points-to-relieve-toothache/
Diakses pada 09 Juni 2020
Webmd. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache
Diakses pada 09 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait