Lakukan Olahraga Rugby untuk Mengolah Fisik dan Mental


Olahraga rugby di Indonesia kemungkinan besar sangat jarang peminatnya. Tapi meski miskin peminat, olahraga ini sama dengan olahraga pada umumnya yang kaya akan manfaat.

0,0
08 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga rugby memerlukan 15 orang pemainOlahraga rugby menggunakan bola oval yang unik
Olahraga rugby merupakan olahraga yang popular di luar negeri. Misalnya, Australia dan Selandia Baru. Untuk melakukan olahraga ini, dibutuhkan kekuatan, daya tahan, dan kebugaran.Karena itu, jangan heran jika melihat para pemain dari kedua tim saat bertanding. Mereka akan saling dorong, tekel, lempar, tendang, dan lari.

Bagaimana olahraga rugby dimainkan?

Bola yang digunakan permainan ini berbentuk oval. Setiap tim dari permainan ini berjumlah 15 orang.Tiap pemain akan berlari membawa bola di tangannya untuk mendapatkan poin. Sebagian besar poin yang diperoleh karena pemain bisa melewati garis gawang lawan dan menyentuhkan bola ke tanah. Poin juga bisa didapatkan dengan cara menendang bola melalui tiang gawang dan tendangan penalti.Olahraga rugby bisa dilakukan oleh orang dari segala usia. Tapi tentu saja dengan memodifikasi aturan yang disesuaikan dengan umur pemain.Sebagai contoh, peraturan rugby untuk anak-anak kemungkinan besar akan menjauhkan kontak langsung antarpemain terlebih dahulu untuk menghindari benturan.Selain mengandalkan kekuatan dan kelincahan, olahraga ini juga mengharuskan  pemainnya memiliki kemampuan meloncat dan menendang dengan baik. Dua kemampuan terakhir unumnya khusus dilatih kepada pemain dengan posisi tertentu.

Manfaat olahraga rugby untuk kesehatan

Olahraga apapun jenisnya kebanyakan memiliki manfaat kesehatan. Hal yang sama juga berlaku untuk rugby. Berikut manfaat kesehatan yang bisa diperoleh jika melakukan olahraga ini:
  • Kebugaran kardiovaskular

Salah satu manfaat melakukan rugby adalah menjaga kebugaran sistem kardiovaskular. Kebugaran sistem ini akan menunjukkan seberapa baik jantung, paru-paru, dan organ tubuh dalam bekerja.Jika tubuh bugar, keseluruhan organ kardiovaskular tak akan memiliki masalah saat menggunakan dan menggangkut oksigen selama Anda beraktivitas.Untuk mendapatkan sistem kardiovaskular yang bugar, diperlukan kesehatan tubuh yang baik pula. Tubuh yang fit akan tergantung pada hubungan antarsistem kardiovaskular, sistem pernapasan, dan sistem kerangka tubuh.Tentu saja, membangun kesehatan semua sistem tersebut mengharuskan tubuh aktif bergerak. Misalnya dengan aktif berolahraga, termasuk rugby.
  • Meningkatkan kekuatan

Sebagaimana kita tahu, kekuatan merupakan salah satu dasar dari olahraga rugby. Jika melakukannya secara teratur, kekuatan tubuh akan turut meningkat, khususnya pada bagian atas dan bawah tubuh.Memiliki tubuh atas yang kuat bukan hanya memudahkan aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, kekuatan ini bisa membantu Anda dalam menangkal osteoporosis. Postur tubuh pun akan membaik jika kedua bagian tubuh tersebut kuat.Kekuatan tubuh bagian bawah juga penting agar tubuh lebih mudah melakukan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, kaki-kaki yang kuat diperlukan ketika tubuh harus berlari, bersepeda, atau melakukan olahraga tim.
  • Makin gesit

Manfaat lain dari olahraga rugby adalah meningkatkan kegesitan. Makin gesit seseorang, makin mudah pula ia bergerak dan mengubah arah serta posisi tubuh tanpa kehilangan keseimbangan.Menjadi gesit tidaklah semudah kelihatannya. Diperlukan koordinasi yang baik antara indra dan respons tubuh. Dibutuhkan refleks yang cepat, koordinasi, keseimbangan, kecepatan, dan reaksi yang tepat saat menghadapi aneka situasi. Memiliki tubuh yang lincah tentu bermanfaat ketika Anda melakukan aneka aktivitas fisik dan olahraga.
  • Meningkatkan kecepatan

Kecepatan akan meningkat seiring rutinnya Anda melakukan olahraga rugby. Kemampuan ini krusial agar pemain bisa menghindari kejaran lawan ketika hendak mencetak poin.Tak hanya itu, berlari dengan kecepatan tinggi akan membakar kalori lebih banyak dan lebih singkat daripada berjalan kaki. Berlari juga akan meningkatkan massa otot tanpa lemak di dalamnya.
  • Meningkatkan kemampuan motorik

Saat bermain rugby, kemampuan memegang bola dan menendang Anda akan diasah. Meningkatnya kemampuan ini tak cuma bagus untuk permainan, tapi juga baik bagi tubuh secara keseluruhan.Memegang, menangkap, mengoper, dan menendang bola bahkan baik untuk balita. Kemampuan ini dapat membantu dalam mengasah keterampilan motorik, koordinasi tangan dan mata, serta kemampuan mengatur waktu.Tapi tentu saja, olahraga rugby untuk balita dan anak-anak akan disesuaikan dengan kondisi fisik mereka. Misalnya, meniadakan aktivitas tackle selama melakukannya.Bermain rugby juga akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam kerja sama tim, interaksi sosial, kemampuan berkomunikasi, dan menegakkan disiplin kepada diri sendiri.

Risiko cedera dalam olahraga rugby

Karena termasuk olahraga kontak dan melibatkan banyak orang olahraga ini juga memiliki risiko. Beberapa risiko yang mungkin hadir antara lain:
  • Gegar otak

Gegar otak menjadi sesuatu yang umum terjadi dalam banyak latihan fisik, termasuk olahraga rugby yang menuntuk kontak fisik dengan lawan.
  • Cedera

Para pemain rugby juga rentan mengalami cedera selama olahraga, apalagi saat mereka sedang menjalani musim kompetisi.Sayangnya, laporan cedera masih lebih sedikit daripada fakta yang terjadi di lapangan. Adapun, jenis cedera yang bisa terjadi meliputi darah menggumpal di tungkai bawah dan dislokasi bahu.Cedera lain yang mungkin mendera pemain rugby antara lain bahu keseleo, cedera hamstring, cedera ligamen lutut, dan pergelangan kaki terkilir.

Cegah cedera saat melakukan olahraga rugby

Untuk mengurangi risiko terkena berbagai cedera di atas, setiap pemain sebaiknya melakukan hal ini sebelum atau sesudah melakukan rugby:
  • Pemanasan dan pendinginan
  • Memakai alat pelindung
  • Rajin berlatih dan mengembangkan teknik bertanding
  • Mempraktikkan cara yang benar saat bertanding
  • Mematuhi aturan pertandingan
Jika tertarik melakukan olahraga rugby, Anda sebaiknya bergabung dalam klub resmi. Berlatih dengan tim yang tepat akan lebih mengoptimalkan kemampuan Anda.Tim yang bagus juga akan membuat pemain lebih berkembang dan mendapatkan manfaat olahraga rugby secara optimal.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang olahraga rugby dan latihan fisik lain, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
cedera bahutips olahragagegar otakcedera hamstring
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/rugby-codes-health-benefits?viewAsPdf=true
Diakses pada 8 Desember 2020
World Rugby Organization. https://laws.worldrugby.org/?law=2
Diakses pada 8 Desember 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/cardiovascular-fitness-1230820
Diakses pada 8 Desember 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/best-lowerbody-weight-training-exercises-3498517
Diakses pada 8 Desember 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/understanding-agility-in-sports-3120338
Diakses pada 8 Desember 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
Diakses pada 8 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/upper-body-workout-for-women
Diakses pada 8 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4622333/
Diakses pada 8 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4622333/
Diakses pada 8 Desember 2020
Women Health Magazine. https://www.womenshealthmag.com/fitness/g32633525/sprint-workouts/
Diakses pada 8 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait