Lakukan Olahraga Barre Agar Tubuh Seperti Balerina


Olahraga barre adalah latihan yang menggabungkan balet, yoga, dan pilates. Olahraga ini bisa membantu membentuk bagian tubuh sehingga terlihat lebih kencang dan fleksibel.

0,0
29 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Olahraga barre dapat mengencangkan otot bokongOlahraga barre adalah gabungan dari balet, yoga, dan pilates
Olahraga barre adalah latihan yang menggabungkan gerakan balet dengan yoga dan pilates untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan membuat otot-otot tubuh menjadi lebih terbentuk tapi tetap terlihat ramping, layaknya balerina. Melakukan latihan barre hampir mirip dengan latihan gerakan balet, meski dengan intensitas yang berbeda.Dalam barre, ada gerakan-gerakan seperti plie dan releves yang menjadi khas gerakan balet. Anda juga akan menggunakan tongkat ataupun benda lain yang dipasang setinggi pinggang sebagai tumpuan keseimbangan.Barre adalah olahraga instensitas rendah, sehingga cocok untuk setiap orang, termasuk yang tidak terbiasa berolahraga.

Manfaat barre untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat olahraga barre untuk kesehatan.

1. Memperbaiki postur tubuh

Latihan barre menggabungkan beberapa olahraga yang memang terbukti baik untuk memperbaiki postur, seperti balet, yoga, dan pilates.Postur yang baik pun bukan hanya soal penampilan fisik. Jika Anda bisa memperbaiki postur, maka tekanan di tulang belakang akan berkurang, begitu juga risiko sakit dan cedera punggung.Postur yang baik juga akan membantu Anda bernapas dengan lebih optimal.

2. Membuat tubuh terlihat lebih kencang

Saat melakukan gerakan-gerakan latihan barre, ada otot spesifik di tubuh yang akan dilatih sesuai keinginan. Ini akan membuat bagian yang tadinya terlihat kendur jadi kembali kencang.Area tubuh yang dinilai akan paling tebentuk saat melakukan barre adalah bagian pinggul dan pinggang.

3. Menguatkan otot

Gerakan-gerakan dalam latihan barre akan membantu menguatkan otot, terutama beberapa bagian di bawah ini:
  • Lengan
  • Paha
  • Bokong
  • Dasar panggul
  • Core
Memiliki otot yang kuat akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh, antara lain menstabilkan berat badan, serta melenturkan persendian dan menjaga keseimbangan tubuh.

4. Meningkatkan stamina

Selain bisa membentuk otot, barre juga akan meningkatkan kekuatan otot. Hal ini akan membantu meningkatkan stamina sehingga Anda akan lebih bernergi saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun ketika berolahraga.Stamina yang baik juga akan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, dan beberapa jenis kanker.

5. Meningkatkan kelenturan

Gerakan yang dilakukan dalam latihan barre biasanya melalui peregangan yang akan meningkatkan kelenturan, sehingga pergerakan sendi bisa lebih luas. Dengan memiliki tubuh yang lentur, maka Anda akan lebih mudah melakukan berbagai kegiatan.

Apa yang akan dilakukan saat sesi olaharaga barre?

Karena barre adalah latihan yang menggabungkan beberapa jenis olahraga, maka gerakan yang dilakukan dalam satu sesi pun bisa beragam. Gerakan yang umum dilakukan dalam barre adalah plie dan releves sebagai gerakan balet.Saat melakukannya, Anda akan bertumpu pada gagang kayu lurus setinggi pinggang agar posisi tubuh lebih stabil. Gerakan ini termasuk dalam gerakan isometrik. Artinya selama pergerakan dilakukan, otot yang dilatih adalah otot spesifik dan tanpa ada kontraksi maupun pelebaran otot.Selain gerakan balet, gerakan barre juga menggabungkan gerakan dari yoga, pilates, dan bahkan zumba maupun aerobik. Setiap kelas barre punya kombinasi gerakan yang berbeda.

Kekurangan olahraga barre

Barre adalah olahraga yang melatih bagian tubuh secara spesifik. Jadi jika Anda ingin melihat hasil yang menyeluruh, barre mungkin bukan pilihan yang tepat.Olahraga ini juga tidak terlalu melatih jantung dan tanpa beban dalam latihannya. Oleh karena itu, jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan, olahraga seperti latihan kardio dan latihan beban lebih bisa memberikan hasil yang signifikan.Selain itu, seperti yang telah disebutkan mengenai manfaat barre, olahraga ini akan membantu memperbaiki keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan area core.Hal tersebut bisa menjadi modal yang sangat baik jika Anda ingin mencoba jenis olahraga lain dengan intensitas yang lebih tinggi.Jika ingin mendapatkan berbagai manfaat mulai dari bentuk tubuh yang ramping dan kencang, penurunan berat badan, dan kesehatan jantung, maka menggabungkan barre dengan beberapa latihan kardio dan beban akan membantu Anda mencapai target.
olahragatips olahragacara membentuk otot perut
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/barre-workouts
Diakses pada 20 April 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/barre-workouts-whats-the-hype-85957
Diakses pada 20 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-barre
Diakses pada 20 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait