7 Cara Mengatasi Pasangan Ketahuan Selingkuh


Pasangan ketahuan selingkuh tentu membuat perasaan Anda menjadi hancur. Setelah pasangan tertangkap selingkuh, sebaiknya Anda melakukan hal berikut

0,0
30 Oct 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pasangan yang ketahuan selingkuhPasangan selingkuh tentu menimbulkan perasaan kecewa dan memberikan luka bagi korbannya
Bagi setiap pihak yang menjalin hubungan, komitmen untuk saling setia tentu sangat diidamkan. Namun sayangnya, perselingkuhan masih kerap terjadi pada banyak pasangan.
Mengetahui pasangan tidak setia dan berselingkuh, tentu menjadi mimpi buruk. Anda pun mungkin kebingungan untuk menentukan langkah selanjutnya, jika pasangan ketahuan selingkuh.

Lakukan cara ini setelah pasangan ketahuan selingkuh

Apa pun alasan pasangan berselingkuh, menjaga agar diri tak terpuruk harus bisa dilakukan. Beberapa tips ini diharapkan dapat membantu Anda setelah pasangan ketahuan selingkuh dan mengingkari janji yang telah dijalin.

1. Menerima perasaan ‘negatif’ yang muncul

Pasangan yang ketahuan selingkuh tentu menimbulkan kesedihan mendalam bagi Anda. Perasaan kecewa, terluka, bingung dengan kondisi yang terjadi, bahkan gejala depresi, wajar Anda rasakan. Tak ayal lagi, emosi Anda akan layaknya roller coaster setelah pasangan ketahuan selingkuh.
Pasangan ketahuan selingkuh
Rasa kecewa yang mendalam akan muncul dalam perselingkuhan
Penting untuk diingat, perasaan tersebut harus Anda terima. Walau Anda berusaha memaafkan pasangan, perasaan negatif tersebut tidak akan hilang begitu saja. Terima dengan lapang dada bahwa Anda memang sedang bersedih dengan kondisi ini.

2. Cari cara untuk menjaga diri sendiri

Selain reaksi emosional, kondisi fisik Anda juga rentan terganggu pascapasangan ketahuan selingkuh. Gangguan fisik tersebut, dapat berupa mual, gangguan pencernaan, gangguan tidur, tergoncang, hingga gangguan makan.Setelah Anda dapat melewati shock berat di awal, lakukan usaha-usaha untuk tetap menjaga diri. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi, tidur secara teratur, minum air putih secukupnya, serta berolahraga. Mengajak sahabat untuk bertamasya dan liburan, atau melakukan solo traveling, juga bukan menjadi masalah. Mungkin terasa berat, namun Anda dapat melakukan usaha terbaik untuk menghadapi hal ini.

3. Hindari balas dendam

Dikhianati pasangan, tentu memunculkan amarah pada diri sendiri. Namun, jangan biarkan amarah dan emosi tersebut memancing Anda untuk melakukan balas dendam. Misalnya, hindari membocorkan tabiat buruknya di media sosial, atau berbalik selingkuh dengan orang lain.Kepuasan setelah melakukan hal tersebut, hanyalah sementara. Selain itu, tindakan balas dendam tidak mampu membuat Anda pulih dari rasa kecewa setelah pasangan ketahuan selingkuh.

4. Menjauhkan anak dari topik perselingkuhan pasangan

Situasi yang pahit ini, tidak seharusnya melibatkan anak. Membagikan detil mengenai perselingkuhan tersebut, hanya memberatkan mental anak-anak, dan berisiko membuat mereka terpaksa harus memilih antara Anda dan pasangan.

5. Mencari bantuan profesional

Anda mungkin tak mampu menjalani momen pahit ini sendirian, dengan pikiran keruh yang mendera. Sebelum mengambil keputusan untuk berpisah dari pasangan, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan konselor pernikahan bersama pasangan. Dengan demikian, Anda dan pasangan bisa mendapat pandangan yang objektif dari konselor.

6. Merancang rencana berikutnya

Pilihan untuk berpisah dari pasangan atau tetap hidup bersamanya, ada di tangan Anda. Namun, jika memutuskan untuk mengakhiri hubungan, Anda harus merencanakan hal-hal penting ke depannya. Misalnya, mencari tempat tinggal baru, membicarakan perjanjian hak asuh anak, hingga pembagian harta.Anda juga disarankan untuk menjalani pemeriksaan infeksi menular seksual, termasuk tes HIV, jika pasangan ketahuan selingkuh yang disertai dengan hubungan seks.

7. Berhati-hati dengan media sosial

Membuat hubungan Anda viral di media sosial tampaknya bukan pilihan bijaksana. Setelah perselingkuhan terjadi, hubungan dan kesehatan mental Anda tentun tidak akan baik-baik saja. Hindari menambah masalah baru dengan mengunggah cerita hubungan Anda di media sosial. Lebih baik hanya bercerita kepada orang yang paling dekat.

Cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh

Sebelum mencoba berbagai cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh, perlu diingat bahwa pengkhianatan akan membuat pernikahan atau hubungan asmara tak lagi seperti semula. Hati pasangan telah terluka setelah dibohongi. Itulah mengapa membangun kepercayaan tidak akan mudah. Beberapa cara memperbaiki hubungan setelah ketahuan selingkuh adalah:

1. Berhenti mencari alasan

Terkadang, pelaku membenarkan pengkhianatannya dengan berbagai alasan. Bahkan, tak jarang menuding pasangan sebagai pemicunya berselingkuh. Siklus ini tak akan berhenti. Untuk memperbaiki hubungan, berhenti mencari alasan. Bagaimanapun juga, orang yang berselingkuh tetap bersalah karena secara sadar melakukan tindakan itu.

2. Putus kontak

Meski terdengar sederhana, memutus kontak dengan selingkuhan adalah hal yang sulit. Jika tidak ada tekad kuat mengakhirinya, pengkhianatan bisa terus berulang. Cara termudah adalah memutus kontak lewat media apapun dengan selingkuhan.

3. Minta maaf

Hal utama yang harus dilakukan setelah ketahuan berselingkuh adalah meminta maaf. Akui bahwa di antara banyak pilihan untuk tidak berselingkuh, yang dipilih justru sebaliknya. Dengan memohon maaf atas perselingkuhan yang dilakukan, bisa memberi ruang bagi pasangan untuk memaafkan. Jangan menyalahkan pasangan karena justru mempersulit terbangunnya kepercayaan kembali. Salah langkah, pernikahan menjadi taruhannya.

4. Jujur

Antitesis dari perselingkuhan adalah kejujuran. Apabila ingin mencoba cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh, pastikan untuk bertindak jujur ke depannya. Uraikan satu-persatu lapisan kebohongan yang selama ini menutupi perselingkuhan. Keterbukaan dan komunikasi yang baik dengan pasangan akan memberi landasan kuat pada hubungan. Tak hanya itu, kejujuran akan mengurangi risiko terjadinya konflik. Pada titik balik hubungan ini, pastikan sudah sepakat dengan batasannya agar tak terulang lagi ke depannya.

5. Berikan jeda

Ketika pertama kali mengakui atau ketahuan berselingkuh, berikan jeda kepada pasangan untuk mencerna apa yang terjadi. Sangat mungkin pasangan bereaksi secara emosional. Jika reaksi ini muncul, tak perlu memaksakan untuk membahas masalah saat itu juga.Biarkan pasangan mencerna apa yang terjadi dan lebih siap membahas masalah perselingkuhan ini. Setelah dirasa siap, baru cari waktu untuk mendiskusikannya bersama.Baca juga: Arti Mimpi Selingkuh Kemungkinan Tandakan Ini

Pasangan ketahuan selingkuh, haruskah memberikan kesempatan kedua?

Situasi sulit yang mungkin juga akan Anda hadapi, setelah pasangan ketahuan selingkuh, adalah memaafkannya atau tidak. Keputusannya ada di tangan Anda, untuk tetap melanjutkannya atau tidak. Sebelum memutuskannya, pikir dua kali jika kondisi-kondisi berikut terjadi.
  • Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantannya
  • Perselingkuhan terjadi dalam waktu yang lama
  • Pasangan tidak menunjukkan perasaan menyesal setelah ketahuan selingkuh
  • Perselingkuhan sudah beberapa kali dilakukan
  • Pasangan melakukan kekerasan dan mengontrol diri Anda secara berlebihan
Jika kondisi di atas muncul, Anda dianjurkan untuk mencari bantuan konselor pernikahan, dan menemuinya secara individu. Bagaimanapun juga, kebahagiaan dan keamanan diri Anda adalah hal yang utama.

Catatan dari SehatQ

Proses rekonsiliasi setelah terjadi perselingkuhan dalam sebuah rumah tangga bukan hal yang mudah. Perjalanannya pasti rumit dan kompleks. Dalam sebuah studi yang menganalisis bagaimana pasangan membangun kembali pernikahan setelah perselingkuhan, memaafkan diri sendiri adalah faktor krusial.Perselingkuhan adalah momen pahit bagi pasangan yang menjadi korbannya. Bersedih dan kecewa sangatlah wajar, namun Anda tetap harus mampu melangkah ke depan dan menjaga diri sendiri.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar perselingkuhan dan kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mempertahankan pernikahanpernikahanpercintaan
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/cope-when-spouse-is-unfaithful-2300654
Diakses pada 29 Oktober 2019
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/giving-cheating-spouse-second-chance-2303074
Diakses pada 29 Oktober 2019
Psych Central. https://blogs.psychcentral.com/relationship-corner/2020/01/after-the-affair-10-tips-for-rebuilding-a-marriage/
Diakses pada 17 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait