Kebiasaan bermain di gadget dapat meningkatkan risiko anak memakai kacamata
Penggunaan kacamata dapat menjadi solusi mengatasi rabun jauh pada anak

Mata minus atau rabun jauh seringkali menjadi masalah bagi anak. Saat ini, banyak anak kecil yang memiliki mata minus. Penggunaan gadget maupun bermain online game, tentu memengaruhi hal tersebut. 

Apakah anak Anda memiliki mata minus? Jika iya, anak Anda pasti mengalami kesulitan dalam membaca tulisan yang jauh. Hal tersebut tentu membuat anak Anda harus selalu duduk di bangku depan ketika bersekolah.

[[artikel-terkait]]

Kemampuan penglihatan anak dengan mata minus

Seorang anak dengan mata minus atau rabun jauh (miopia), akan kesulitan dan tampak buram melihat objek yang jauh, meski mampu melihat objek yang dekat, dengan jelas. Bola mata penderita rabun jauh, terlalu panjang.

Sinar cahaya pembentuk gambar yang dilihatnya, hanya fokus di depan retina. Akibatnya, objek di kejauhan tampak tidak jelas. Sebagian besar rabun jauh terjadi karena faktor genetik.

Kebiasaan membaca atau bermain game di gadget, dapat memperburuk kondisi rabun jauh tersebut pada anak.

Cara mengobati mata minus pada anak

Jika mengalami rabun jauh, anak dapat menggunakan kacamata untuk membantunya melihat objek jarak jauh. Saat sudah cukup dewasa, anak dapat beralih menggunakan lensa kontak.

Obat untuk rabun jauh bagi anak, memang belum ditemukan. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan, rabun jauh pada anak dapat dikendalikan dengan memperlambat perkembangan kondisi tersebut. Sejumlah perawatan berikut ini bisa menjadi pilihan untuk Si Kecil.

1. Menggunakan Orthokeratologi (ortho-k)

Studi pada anak-anak telah menunjukkan efektivitas orthokeratologi (ortho-k) dan lensa kontak bifokal, untuk menghentikan perkembangan rabun jauh pada anak.

Ortho-k menggunakan lensa kontak yang dirancang khusus untuk membentuk kembali permukaan kornea mata, untuk mengurangi rabun jauh dan dipakai saat tidur di malam hari. Ini merupakan pilihan yang baik untuk anak-anak, remaja, dan dewasa muda, dalam perawatan rabun jauh.

2. Menggunakan tetes mata atropin

Ada sejumlah studi yang menunjukkan bahwa tetes mata atropin dapat menurunkan 81% perkembangan rabun jauh anak-anak.

Tetes mata atropin memiliki hasil jangka pendek yang efektif. Obat tetes ini digunakan untuk melebarkan pupil, dan membuat fokus mata benar-benar rileks.

3. Menggunakan lensa kontak multifokal

Lensa kontak multifokal adalah lensa khusus yang memiliki kekuatan berbeda, untuk mengatasi rabun jauh atau rabun dekat pada anak. Lensa ini dapat digunakan oleh remaja, untuk mencegah rabun jauh semakin parah.

4. Menggunakan kacamata multifokal

Kacamata multifokal telah diuji untuk mengontrol rabun jauh pada anak-anak, tetapi hasilnya kurang mengesankan dibanding dengan lensa kontak multifokal. Kacamata multifokal memiliki hasil yang kecil, namun signifikan.

Pengobatan atau perawatan yang cepat dan tepat untuk rabun jauh anak, dapat mencegah berbagai masalah penglihatan yang dapat menimpanya di masa depan. Misalnya, rabun jauh tingkat tinggi, katarak dini, atau bahkan retina yang terlepas.

Ajaklah anak Anda untuk beraktivitas di luar rumah, dan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membuatnya jauh dari komputer maupun gadget.

Tujuannya, agar mata minus anak Anda tidak semakin memburuk. Ingatkan anak untuk tidur siang, agar matanya beristirahat dan tidak kelelahan.

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/myopia-nearsightedness-children
Diakses pada 5 Mei 2019

Eye Que. https://www.eyeque.com/knowledge-center/if-your-child-is-nearsighted-dont-wait-to-get-glasses-for-them-heres-why/
Diakses pada 5 Mei 2019

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/parents/myopia.htm
Diakses pada 5 Mei 2019

Banner Telemed