Fungsi Lactic Acid atau Asam Laktat untuk Wajah Sehat dan Cara Pakainya


Lactic acid adalah kandungan dalam produk skincare yang masuk dalam golongan AHA atau asam alfa hidroksi. Fungsi lactic acid atau asam laktat adalah membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

(0)
17 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lactic acid adalah asam golongan AHA yang bantu eksfoliasi sel kulit matiLactic acic membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan memberi jalan untuk sel kulit di bawahnya
Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati agar kulit wajah bebas kusam dan tampak sehat. Lactic acid adalah salah satu kandungan eksfoliasi yang paling dikenal dalam golongan asam alfa hidroksi (alpha hydroxy alpha/AHA). Lactic acid atau asam laktat yang akan dibahas dalam artikel ini merujuk pada kandungan dalam produk perawatan wajah atau skincare. Apa fungsi lactic acid untuk wajah?Untuk topik terkait penumpukan asam laktat saat berolahraga, Anda bisa membacanya di artikel ini.

Mengenal apa itu lactic acid atau asam laktat untuk kulit

Lactic acid adalah salah satu kandungan yang populer dalam produk skincareLactic acid atau asam laktat adalah salah satu anggota keluarga AHA (alpha-hydroxy acids) atau asam alfa hidroksi, bersama dengan asam glikolat (glycolic acid) hingga asam sitrat. Bedanya, apabila asam glikolat dibuat dari gula tebu, maka asam laktat dibuat dari susu.Sebagai salah satu asam golongan AHA, lactic acid memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati – yang kemudian dapat memberi jalan untuk sel kulit baru. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.Salah satu kelebihan lactic acid dibandingkan glycolic acid dan golongan AHA lainnya adalah sifatnya yang lebih ringan. Dengan demikian, fungsi lactic acid bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang-orang dengan kulit sensitif. Pasalnya, pemilik kulit sensitif biasanya kerap merasa kesulitan dalam memilih produk perawatan kulit yang tepat. Selain itu, lactic acid juga menjadi kandungan produk perawatan wajah yang tepat bagi Anda yang tidak dapat menggunakan skincare mengandung AHA terlalu kuat. Baca Juga: Fungsi Alpha-Hydroxy Acids dan Cara Kerjanya

Fungsi lactic acid untuk wajah cerah memesona

Sebagai salah satu golongan AHA, fungsi lactic acid ternyata beraneka ragam. Berikut adalah manfaat lactic acid untuk kulit yang cerah dan sehat.

1. Mengatasi hiperpigmentasi

Fungsi lactic acid adalah mengencangkan kulit
Lactic acid bisa mencegah tanda penuaan, termasuk kerutan
Salah satu fungsi lactic acid adalah mengatasi hiperpigmentasiHiperpigmentasi adalah kondisi adanya bercak gelap pada kulit akibat produksi melanin yang berlebih. Melanin sendiri merupakan pigmen pewarna yang membuat kulit menjadi gelap. Fungsi lactic acid dalam skincare dapat merangsang produksi kolagen sekaligus mengencangkan kulit Anda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa formula asam laktat sebesar 5% yang digunakan secara rutin dua kali sehari dapat mengencangkan kulit. Dengan demikian, tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan, dapat tersamarkan. 

2. Menyamarkan bintik hitam akibat penuaan

Eksfoliasi dengan lactic acid atau asam laktat juga membantu mengurangi penampakan bintik hitam akibat penuaan. Bintik hitam akibat penuaan atau disebut juga dengan senile, lentigo, maupun bintik matahari, juga dapat terjadi karena peningkatan produksi melanin.Kemunculan bintik hitam ini dapat disebabkan oleh seiring bertambahnya usia seseorang hingga paparan sinar matahari yang berlebihan. 

3. Meratakan warna kulit

Meratakan warna kulit juga menjadi fungsi lactic acidDi samping itu, manfaat lactic acid juga berpotensi untuk mengecilkan pori-pori kulit. 

4. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit menjadi fungsi lactic acid berikutnya
Kulti wajah bisa cerah karena lactic acid mengangkat sel kulit mati
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi lactic acid adalah mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Fungsi lactic acid yang mampu mempercepat regenerasi sel inilah yang membuat kulit Anda akan tampak lebih cerah, halus, dan lembut. 

5. Melembapkan kulit

Sebagian besar golongan AHA pada skincare memang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit. Akan tetapi, lactic acid memiliki ekstra manfaat yang mungkin tidak didapat dari golongan AHA lainnya. Sebab, manfaat lactic acid adalah membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan ini, masalah kulit kering tak lagi mengganggu Anda. 

6. Mencegah jerawat muncul

Fungsi lactic acid juga bisa mencegah jerawat muncul. Bagaimana bisa?Proses eksfoliasi dapat menjaga pori-pori kulit tetap bersih dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak alami yang berlebih yang menjadi penyebab jerawat muncul. Dengan ini, komedo dan jerawat dapat terhindarkan. 

Efek samping lactic acid 

Walau cenderung lebih ringan dibandingkan glycolic acid dan golongan AHA lainnya, lactic acid tetaplah kandungan yang bisa mengeksfoliasi kulit dengan kemampuan yang menakjubkan.Akan tetapi, sama seperti penggunaan skincare yang mengandung AHA lainnya, penggunaan  lactic acid atau asam laktat dapat menimbulkan sejumlah efek samping. Apa saja efek samping penggunaan skincare yang mengandung lactic acid?

1. Meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari

Salah satu efek samping lactic acid adalah peningkatan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Seiring dengan sel-sel kulit mati yang telah dihilangkan, kulit baru yang muncul menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa sensitivitas kulit terhadap matahari ini dapat bertahan hingga 4 minggu atau bahkan lebih lama, sampai Anda berhenti menggunakan produk skincare mengandung lactic acidOleh karena itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya secara rutin sangat penting digunakan bagi Anda yang menggunakan skincare dengan kandungan lactic acid pada pagi dan malam hari. Anda bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari efek terbakar sinar matahari (sunburn) dan masalah kulit akibat paparan sinar matahari lainnya. Jika sunscreen tidak digunakan, maka Anda berisiko memperparah masalah kulit yang sudah ada, seperti hiperpigmentasi hingga kanker kulit

2. Iritasi kulit

Efek samping lactic acid berikutnya adalah iritasi kulit. Gejala iritasi kulit yang mungkin timbul akibat penggunaan lactic acid adalah kulit kering, mengelupas, kemerahan, gatal, ada sensasi rasa terbakar, hingga pembengkakan. Kulit kemerahan, gatal, dan sensasi rasa terbakar ringan mungkin terjadi beberapa saat setelah Anda mengoleskan skincare mengandung lactic acidJika satu jam setelah penggunaan tidak muncul gejala yang parah, maka Anda aman-aman menggunakannya. Namun, jika gejala iritasi tergolong sedang hingga parah, serta tidak kunjung hilang atau disertai ruam dan pembengkakan, sebaiknya segera bilas kulit Anda. Hentikan penggunaannya dan segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Orang dengan kondisi kulit tertentu, seperti eksim, psoriasis, atau rosacea, disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi kulit menggunakan lactic acid

Ibu hamil aman menggunakan skincare yang mengandung asam laktat

Bagi perempuan yang sedang hamil, penggunaan skincare yang mengandung lactic acid tergolong aman dilakukan. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk melewati penggunaan beberapa kandungan skincare tertentu, termasuk retinoid. Nah, lactic acid bisa menjadi pilihan kandungan yang tepat sebagai solusinya. Baca Juga: Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Digunakan Bersamaan

Cara menggunakan produk lactic acid bagi pemula

Jika Anda tertarik untuk menggunakan skincare yang mengandung lactic acid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa sajakah itu? 

1. Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu

Sebelum menggunakan lactic acid atau kandungan pada produk perawatan kulit lainnya, pastikan Anda selalu menggunakan tes pada kulit terlebih dahulu. Anda bisa mengoleskan sedikit skincare yang mengandung lactic acid pada area kulit di bawah dagu atau siku untuk melihat reaksinya pada kulit Anda. Bila Anda mengalami reaksi kulit yang ekstrem, sebaiknya hentikan penggunaannya dan konsultasikan ke dokter kulit. 

2. Mulailah penggunaannya secara perlahan

Apa pun jenis kandungan skincare yang akan Anda gunakan pertama kali, pastikan untuk memakainya secara perlahan. Pastikan Anda selalu membaca aturan penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Apabila merasa ragu, gunakan konsentrasi lactic acid yang rendah, yakni sekitar 5%, selama beberapa minggu. Selanjutnya, Anda bisa melihat reaksi penggunaan lactic acid pada kulit. Untuk lactic acid dengan konsentrasi yang lebih tinggi, Anda bisa menemui dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi yang tepat.

3. Cari produk mengandung lactic acid yang sesuai

Penggunaan lactic acid harus diikuti dengan sunscreen
Anda bisa menemukan lactic acid pada sabun cuci muka hingga serum
Kandungan lactic acid dapat ditemui pada berbagai produk perawatan kulit. Misalnya:
  • Sabun cuci muka. Biasanya produk ini jarang menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Pelembap. Pelembap yang mengandung krim dan lotion biasanya disertai dengan kandungan ceramide dan hyaluronic acid guna mencegah kulit kering. 
  • Serum wajah. Anda bisa menggunakannya malam hari setelah membersihkan muka. 
  • Masker wajah. Masker biasanya lebih cepat dalam melakukan eksfoliasi kulit. Mengingat kandungan lactic acid yang cukup tinggi pada masker, sebaiknya Anda menggunakan masker wajah ini seminggu sekali. 

4. Hindari lactic acid dengan kandungan skincare tertentu

Penggunaan lactic acid tidak disarankan dicampur dengan salah satu golongan AHA, kecuali Anda menggunakan skincare lain yang terdapat formulasi dua jenis AHA di dalamnya. MIsalnya, lactic acid dan hyaluronic acid. Lactic acid juga tidak boleh dicampur dengan kandungan BHA dan retinol. Hal ini dapat membuat kulit terlalu kering karena terlalu berlebihan dalam mengeksfoliasi kulit.

5. Selalu gunakan sunscreen

Lactic acid adalah kandungan produk skincare golongan AHA
Gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan
Pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen pada keesokan pagi harinya sebelum beraktivitas, bila malam harinya menggunakan skincare lactic acidPenggunaan sunscreen dapat melindungi kulit baru yang tumbuh dari paparan sinar matahari sekaligus menjaga kesehatan kulit. [[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Lactic acid adalah salah satu asam alfa hidroksi atau AHA yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Selalu lakukan patch test sebelum Anda menggunakan produk skincare apa pun, termasuk yang mengandung lactic acidSelain itu, sertai penggunaan lactic acid dengan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Jika Anda masih ada pertanyaan seputar manfaat lactic acid atau asam laktat untuk kulit, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanproduk kecantikanpencerah kulitperawatan kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/age-spots
Diakses pada 2 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/lactic-acid-peel
Diakses pada 2 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-melanin
Diakses pada 2 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperpigmentation
Diakses pada 2 Juni 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/lactic-acid-skin-care-4178819
Diakses pada 12 November 2020
Prevention. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a32743734/what-is-lactic-acid/
Diakses pada 12 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait