Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati
Penggunaan sampo kutu berulang kali, bisa membuat kutu rambut bermutasi dan akhirnya kebal

Kutu rambut merupakan hewan kecil pengisap darah yang sangat mengganggu. Tak hanya membuat kepala terasa gatal, kutu rambut juga sulit dihilangkan.

Anda pun harus melakukan berbagai cara untuk membasminya. Salah satunya dengan menggunakan sampo antikutu. Akan tetapi, apakah kutu Anda tak kunjung hilang, bahkan setelah menggunakan sampo antikutu?

[[artikel-terkait]]

Kutu rambut bisa kebal terhadap sampo kutu

sampo antikutu seringkali diandalkan untuk membasmi kutu di rambut. sampo tersebut  harus diaplikasikan pada seluruh rambut, dan dipijatkan ke seluruh kulit kepala agar kutu hilang.

Pada umumnya, sampo antikutu mengandung insektisida yang dapat membasmi kutu rambut maupun kutu busuk. Bahan aktif dalam sampo antikutu yang dijual bebas yaitu piretrin dan piretroid (permethrin).

Permethrin telah lama menjadi senjata utama dalam melawan kutu rambut, nyamuk, kutu busuk, dan serangga lainnya. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa penggunaannya secara berulang kali, dapat membuat kutu mengembangkan mutasi genetik. Akibatnya, kutu menjadi kebal terhadap sampo antikutu.

Awalnya, produk- produk sampo antikutu tersebut memang bisa membasmi kutu. Akan tetapi, setelah kutu bermutasi genetik dan kebal, maka sampo antikutu menjadi tidak berguna.

Cara efektif untuk hilangkan kutu rambut

Para ilmuwan pun mencari metode baru untuk mengatasi kutu rambut. Ditemukanlah sampo antikutu non-insektisida, tanpa permethrin, tapi tetap efektif menghilangkan kutu.

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang  kuat untuk membasmi kutu, seperti benzil alkohol, spinosad, ivermectin, dan malathion. Sementara itu, sampo lindane menjadi alternatif lain yang digunakan untuk kasus kutu rambut yang sulit diobati.

Perawatan non-insektisida tersebut tentu harganya lebih mahal, namun dapat meningkatkan kemungkinan kutu rambut hilang.

Di samping penggunaan sampo antikutu non-insektisida, ada beberapa cara dalam menghilangkan kutu rambut, sebagai berikut.

1. Menyisir rambut dengan sisir serit

Anda juga harus rutin menyisir rambut Anda menggunakan sisir serit. Pastikan rambut Anda basah ketika disisir. Sisirlah seluruh rambut Anda dari atas kepala hingga ujung rambut. Lakukanlah tiga hingga empat hari sekali selama beberapa minggu.

Jika Anda rutin melakukannya, kutu-kutu di rambut Anda tentu akan hilang.

2. Mengoleskan minyak esensial

Beberapa minyak esensial seperti minyak adas, tea tree oil, dan minyak kenanga, memiliki efek racun pada kutu dan telurnya. Anda dapat mengoleskannya pada seluruh bagian rambut dan mendiamkannya beberapa saat, untuk membunuh kutu.

3. Mengoleskan petroleum jelly

Sebuah studi laboratorium menunjukkan, petroleum jelly efektif dalam membunuh sebagian besar kutu. Anda dapat mengaplikasikan petroleum jelly pada seluruh rambut Anda, lalu tutup menggunakan shower cap dan biarkan semalaman. Hal tersebut dilakukan agar kutu tidak dapat bergerak, dan mati dengan sendirinya.

Menghilangkan kutu rambut memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan sampai Anda malah memakai sampo antikutu secara berlebihan, lantaran tidak sabar. Sebab, penggunaan sampoo tersebut secara berlebihan, akan berbahaya bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Selain itu, hindari penggunaan obat kutu yang berbeda secara bersamaan karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek yang negatif.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/news/20150818/head-lice-now-resistant-to-common-meds-in-25-states#1
Diakses pada 8 Mei 2019

Scientific American. https://www.scientificamerican.com/article/revenge-of-the-super-lice/. Diakses pada 8 Mei 2019

ABC News. https://abcnews.go.com/Health/researchers-find-lice-drug-resistant-mutations-widespread-us/story?id=33187488
Diakses pada 8 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed