Kurangi Khawatir, Calon Mama Wajib Punya 15 Perlengkapan Persalinan Ini

Menyiapkan perlengkapan persalinan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum HPL Anda
Buat daftar perlengkapan persalinan yang akan dibawa ke rumah sakit agar tidak ada yang tertinggal

Selamat, Ma! Kini Anda tengah memasuki trimester tiga kehamilan. Mungkin saat ini Anda sedang mencari tahu perlengkapan persalinan apa saja yang wajib dimiliki. Perasaan Anda juga semakin campur aduk, antara senang karena sebentar lagi akan bertemu si buah hati sekaligus khawatir apakah Anda mampu menjadi ibu yang baik baginya.

Perjalanan menemui si buah hati

Menilik kembali perjalanan Anda sebagai seorang calon ibu tentu tak lepas dari berbagai kekhawatiran. Mungkin Anda masih mengingat bagaimana dulu saat merencanakan kehamilan bersama dengan suami. Anda mencoba beragam cara agar cepat hamil

Ketika akhirnya dua garis muncul di test pack, kekhawatiran baru muncul di benak Anda. “Apa yang sebaiknya dilakukan agar janinku dapat berkembang dengan baik?” Anda pun mulai berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Beberapa makanan favorit yang mungkin kurang sehat untuk dikonsumsi pun perlahan-lahan dikurangi. 

Anda mungkin juga lebih memerhatikan produk-produk yang digunakan, mulai dari perlengkapan mandi hingga skin care. Demi kesehatan janin, Anda memastikan bahan-bahan yang digunakan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan. 

Kekhawatiran lain yang mungkin membebani Anda saat ini adalah menjalani masa kehamilan dan melahirkan di tengah pandemi Covid-19. Apalagi hingga saat ini belum ditemukan vaksin dan obat untuk menangkal virus Corona baru. Meski Anda senang dengan kehadiran si buah hati dalam kandungan, namun tetap saja kekhawatiran terus membayangi.

Beruntung ada Mama’s Choice, yang dapat menemani Anda melewati masa-masa kehamilan dan menyusui sehingga kekhawatiran pun berkurang. Rangkaian produk Mama’s Choice menjadi pilihan aman Mama karena mengandung bahan-bahan yang tidak membahayakan janin dengan harga terjangkau. Mama’s Choice juga telah lolos BPOM dan halal standar. Setidaknya satu kekhawatiran Anda selama hamil bisa berkurang. 

Kini jelang persalinan, Anda khawatir apakah dapat melahirkan dengan aman dan menjadi seorang ibu yang baik nantinya. Tentu saja semua itu butuh persiapan yang matang, dimulai dari mempersiapkan perlengkapan persalinan. 

Perlengkapan persalinan yang wajib dibawa

Melahirkan saat pandemi Covid-19 tentu membutuhkan persiapan melahirkan yang berbeda. Selain berkonsultasi dengan dokter kandungan, Anda juga perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai protokol melahirkan saat pandemi.

Tak hanya menyiapkan barang kebutuhan bayi, Anda juga perlu memasukkan perlengkapan melahirkan berikut ini dalam tas yang akan Anda bawa ke rumah sakit:

1. Baju menyusui

Setelah si Kecil lahir, Anda pasti sudah tak sabar ingin memberinya ASI. Siapkan baju menyusui yang nyaman dengan kancing depan agar lebih memudahkan saat menyusui bayi mungil Anda. Bawa baju ganti setidaknya untuk tiga hari sebagai persiapan untuk menginap di rumah sakit.

2. Nursing bra dan breast pad

Sama seperti baju menyusui, nursing bra akan memudahkan proses menyusui. Pilih yang nyaman dan sesuaikan dengan ukuran payudara Anda yang mungkin mengalami perubahan selama kehamilan. Tak lupa bawa juga breast pad sebagai persiapan untuk mencegah ASI merembes dan membasahi pakaian Anda.

3. Pakaian dalam dan pembalut nifas

Setelah melahirkan, wajar jika Anda mengeluarkan sisa darah pasca-persalinan. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan pembalut maternity dan cadangan pakaian dalam yang cukup. Hari-hari pertama setelah melahirkan, Anda perlu mengganti pembalut setiap dua jam sekali. 

4. Sandal

Sandal mudah dipakai dan dilepaskan. Anda membutuhkan sandal untuk ke kamar mandi maupun ke ruang bayi bila si Kecil tidur terpisah dengan Anda. Pilih sandal yang nyaman dengan alas yang tidak licin agar Anda tidak terpeleset di kamar mandi. Hindari berjalan-jalan tanpa alas kaki di rumah sakit untuk menghindari penularan penyakit yang tidak diinginkan.

5. Kunciran atau jepit rambut

Sering terlupakan, namun benda kecil ini amat berguna bagi Anda yang memiliki rambut panjang. Mengikat rambut akan membantu Anda beraktivitas lebih nyaman. Pastikan ketika menyusui, ibu tidak direpotkan dengan urusan rambut. Kenyamanan ibu adalah yang utama agar bayi juga dapat terurus dengan baik. 

6. Masker

Di masa pandemi Covid-19, penggunaan masker menjadi sesuatu yang wajib setiap kali Anda akan keluar rumah. Siapkan beberapa masker kain sebagai cadangan selama Anda akan menginap di rumah sakit. Masker kain sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali agar tetap efektif dalam menghalau cipratan droplets dan juga virus.

7. Hand sanitizer

Sebisa mungkin, Anda harus mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 40 detik setiap kali akan menggendong bayi, sebelum makan, maupun sesudah beraktivitas. Namun dalam keadaan darurat, Anda dapat menggunakan hand sanitizer

Di masa pandemi Covid-19, menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu cara mencegah penyebaran virus corona. Selain itu, siapkan juga semprotan disinfektan untuk membersihkan area yang sering disentuh banyak orang, misalnya gagang pintu dan dudukan toilet.

Shampo dan kondisioner yang tepat akan bantu atasi rambut rontok setelah melahirkan

8. Shampo dan kondisioner

Masalah yang sering menghantui pasca-persalinan adalah rambut rontok setelah melahirkan. Hormon saat hamil dan menyusui memengaruhi kesehatan rambut ibu. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih shampo dan kondisioner yang tepat untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. 

Mama’s Choice Treatment Shampoo dan Mama’s Choice Treatment Conditioner menjawab kekhawatiran Anda akan hal ini. Dengan kandungan kiwi, candlenut, serta green peas, perpaduan shampo dan kondisioner ini akan memberikan nutrisi pada kulit kepala maupun akar rambut Anda. 

Kedua produk perawatan rambut ini telah teruji secara klinis dermatologis lolos hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan iritasi. Ibu dapat merawat rambut dengan tenang serta mengurangi rasa khawatir karena aman dan halal digunakan untuk ibu hamil maupun menyusui, tanpa SLS /SLES, ammonia, paraben, dan colorant.

9. Pasta gigi dan mouthwash

Memilih produk perawatan gigi dan mulut tak bisa sembarangan, terutama jika Anda sedang hamil. Pasalnya, produk ini rentan tertelan saat sedang menyikat gigi dan membahayakan kesehatan janin. Mama’s Choice Daily Oral Care mengandung bahan-bahan alami, seperti natural mint, klorofil, dan allantoin yang dapat membantu mengatasi permasalahan seperti gusi berdarah dan iritasi mulut.  

Mama’s Choice Daily Oral Care tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang bersifat iritan, triclosan yang bisa menimbulkan resistensi bakteri, dan juga paraben yang seringkali dikaitkan sebagai salah satu penyebab kanker.

Penggunaan stretch mark cream secara rutin akan membuat kulit lebih kencang

10. Stretch mark cream

Anda tentu sudah rutin menggunakan krim penghilang stretch mark sejak awal kehamilan. Jangan lupa untuk memasukkan Mama’s Choice Stretch Mark Cream dalam daftar persiapan persalinan Anda. Produk aman ibu hamil dan menyusui ini teruji klinis aman dan membuat kulit lebih kencang bila digunakan secara rutin. 

Mama’s Choice Stretch Mark Cream mengandung bahan-bahan seperti lipobelle soyaglicone untuk menjaga elastisitas kulit agar lebih kencang dan lembap, shea butter dan olive oil yang bertindak sebagai antioksidan alami untuk kulit lembap, serta jojoba oil yang bermanfaat membuat kulit terasa halus dan lembut.

11. Face moisturizer

Menginap di rumah sakit dengan kamar yang dingin rentan membuat kulit wajah Anda kering. Meski Anda baru saja berjuang melahirkan sang buah hati, bukan berarti melupakan perawatan diri sendiri. 

Gunakan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer. Dengan ekstrak beras, pelembap wajah ini dapat membuat kulit wajah tampak bercahaya. Ditambah Hyaluronic Acid, yaitu kandungan pelembap yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, berfungsi mengunci kadar air dalam kulit.  Tak hanya melembapkan, face moisturizer ini juga melindungi wajah dari terpaan sinar UVA dan UVB dengan SPF 25PA++.

12. Relaxing massage oil

Tak perlu tegang ketika menanti hingga bukaan lengkap dan proses persalinan berlangsung. Buat tubuh dan pikiran rileks selama menunggu. Anda bisa meminta suami mengoleskan Mama’s Choice Relaxing Massage Oil di punggung dan telapak kaki. Perpaduan aroma lavender, grapefruit, dan orange dalam minyak pijat ini akan membantu menenangkan pikiran Anda.

Sensasi hangat dari Mama's Choice Herbal Oil membuat ibu merasa nyaman

13. Herbal oil

Membawa si Kecil dalam perut selama sembilan bulan tentu bukan hal yang mudah. Tak jarang bila ibu hamil mengalami nyeri punggung. Saat si Kecil lahir, rasa sakit di punggung tidak serta-merta hilang. Apalagi setelah berjuang di ruang bersalin, tubuh rasanya babak belur. 

Setelah kembali ke kamar perawatan, minta suami memberi pijatan lembut sembari mengoleskan Mama’s Choice Herbal Oil. Kandungan kayu putih dalam minyak ini dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri otot dan sendi. Sensasi hangat setelah mengoleskan Herbal Oil ini juga berguna untuk membuat ibu tetap nyaman ketika menginap di rumah sakit. Selain itu, aroma Mama’s Choice Herbal Oil tak menyengat di hidung. Selama menggunakan Herbal Oil ini, kulit Anda tetap terhidrasi dari luar berkat manfaat dari grapeseed oil dan olive oil.

14. Nipple cream

Pertama kali menyusui bayi mungil Anda bukan sesuatu yang mudah. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para ibu adalah puting lecet saat menyusui. Untuk mengatasinya, Anda tak bisa sembarangan mengoleskan krim karena dapat membahayakan si Kecil apabila tertelan. 

Solusi aman untuk mengatasi puting lecet saat menyusui adalah dengan mengoleskan Mama’s Choice Intensive Nipple Cream yang terbukti aman untuk bayi karena mengandung bahan-bahan alami yang food grade. Formulanya dapat membantu mengatasi puting yang lecet, kering, dan pecah-pecah karena mengandung ekstrak kurma, minyak kelapa, dan shea butter

15. Baju yang nyaman untuk pulang dari rumah sakit

Bawa satu baju yang longgar dan sepasang sepatu yang nyaman untuk pulang dari rumah sakit. Anda juga bisa memilih warna baju yang senada dengan baju bayi Anda. 

Pastikan untuk menyiapkan semua perlengkapan persalinan lebih awal agar Anda tak perlu panik ketika mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir). Buat dulu daftar barang-barang yang akan Anda bawa agar tidak terlupa. 

Persiapan melahirkan tak hanya secara fisik, tetapi juga mental. Minta dukungan dari pasangan dan keluarga. Selain itu, Anda juga perlu menyampaikan pada dokter kandungan mengenai hal-hal yang mengganjal terkait persiapan melahirkan. Tetaplah berpikir positif dan kurangi stres. Selamat menyambut kedatangan si buah hati minim rasa khawatir, Ma!

Baby Center.https://www.babycentre.co.uk/what-to-pack-in-your-hospital-bag
Diakses pada 22 Juni 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/hospital-bag-checklist
Diakses pada 22 Juni 2020

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/news/pregnancy/hospital-bag-checklist-during-coronavirus/
Diakses pada 22 Juni 2020

Artikel Terkait