Kunyit Hingga Jahe, Ini 6 Obat Tradisional Bronkitis yang Bisa Digunakan di Rumah

(0)
18 Sep 2020|Azelia Trifiana
Jenis obat tradisional bronkitisBahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional bronkitis
Bronkitis adalah penyakit pernapasan yang terjadi karena virus, bakteri, atau partikel yang mengganggu saluran bronkial. Pada sebagian besar kasus, bronkitis bisa sembuh dalam waktu 2 minggu. Ada beberapa obat tradisional bronkitis seperti dari jahe, kunyit, atau bawang putih yang bisa jadi alternatif.Sebaiknya, segera berikan pengobatan sejak gejala bronkitis pertama kali muncul. Dengan penanganan yang tepat dan cepat, penderita bronkitis bisa sembuh lebih cepat.

Jenis obat tradisional bronkitis

Beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah bisa menjadi obat tradisional bronkitis. Selain itu, metode-metode ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Jahe

Jahe memiliki khasiat anti-inflamasi utamanya yang berkaitan dengan infeksi pernapasan. Cara mengonsumsi obat tradisional bronkitis yang satu ini bisa dengan dikunyah, diolah menjadi teh, dicampurkan dalam masakan, atau mengonsumsi ekstraknya yang berbentuk kapsul.Jika belum terbiasa, konsumsi jahe dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Meski demikian, tidak semua orang bisa mengonsumsi jahe sebagai obat tradisional bronkitis. Penderita diabetes, penyakit jantung, masalah gangguan darah, ibu hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba pengobatan alternatif ini.

2. Kunyit

Jika dibandingkan dengan jahe, ada penelitian yang menyebut kunyit mengandung khasiat anti-inflamasi yang lebih kuat. Tak hanya itu, kunyit juga mengandung antioksidan sehingga dapat meningkatkan imunitas seseorang.Cara mengonsumsi kunyit bisa dengan menambahkannya pada salad, mencampurkan dengan madu, diolah dengan teh, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.Penderita masalah pencernaan, gangguan darah, sensitivitas hormonal tertentu, dan juga defisiensi zat besi sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit sebagai obat tradisional bronkitis.

3. Bawang putih

Dikenal dengan berbagai khasiatnya, bawang putih juga secara efektif dapat menghentikan pertumbuhan virus penyebab bronkitis. Manfaat paling maksimal diperoleh dari bawang putih segar, namun jika tidak cocok dengan rasanya maka tak masalah mengonsumsi suplemen dalam bentuk kapsul.Sama seperti obat tradisional bronkitis lainnya, coba konsumsi dalam volume dan durasi sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui adakah reaksi atau efek samping tertentu.

4. Air garam

Berkumur air hangat yang dicampurkan dengan garam juga bisa membantu melegakan tenggorokan berdahak ketika menderita bronkitis. Tak hanya itu, berkumur air hangat dan garam juga membantu mengurangi rasa nyeri di tenggorokan.Ketika berkumur dengan campuran air hangat dan garam, jangan menelan airnya. Obat tradisional bronkitis ini bisa diulang beberapa kali dalam sehari. Jangan lupa bilas dengan air biasa setelah selesai berkumur dengan air garam hangat.

5. Tidur/istirahat cukup

Seorang pria tidur untuk meredakan peradangan
Tidur bisa membantu menaikkan fungsi imun
Bisa tidur nyenyak mungkin menjadi hal yang sulit bagi orang yang menderita masalah di tenggorokan seperti bronkitis. Meski demikian, sebaiknya alokasikan waktu khusus untuk tidur dan beristirahat.Tidur berkualitas termasuk obat tradisional bronkitis karena ketika beristirahat, tubuh memaksimalkan fungsi imun sehingga dapat melawan peradangan secara optimal.

6. Terapi uap

Lakukan terapi uap sebagai bagian dari obat tradisional bronkitis yang bisa dilakukan di rumah. Entah itu dengan mandi air panas atau menghirup uap dari air panas dalam baskom, cara ini bisa membantu mengencerkan dahak dan membuangnya pun jadi lebih mudah.Uap ini juga membantu otot menjadi lebih rileks setelah terus menerus bekerja keras saat terbatuk. Ketika melakukan terapi uap, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena berisiko membakar saluran pernapasan.Selain beberapa obat tradisional bronkitis di atas, pastikan untuk menghindari lingkungan dengan polusi seperti asap rokok maupun thirdhand smoke. Jika terpaksa berada di lingkungan yang mengandung partikel penyebab batuk, kenakan masker untuk mengurangi paparan berlebih.Tak perlu mengonsumsi antibiotik apabila bronkitis tidak disebabkan oleh bakteri. Jika bronkitis disebabkan oleh virus, maka tak perlu diberikan antibiotik.Selain itu, apabila gejala bronkitis disertai batuk yang tak kunjung mereda setelah satu bulan, demam tinggi, kesulitan bernapas, sakit kepala, hingga batuk berdarah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.Jangan lupa sertai rangkaian pengobatan dengan banyak minum, istirahat semaksimal mungkin, dan adopsi gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan.
penyakit paru-parubronkitishidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bronchitis
Diakses pada 5 September 2020
NIH. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21698672/
Diakses pada 5 September 2020
NIH. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21120596/
Diakses pada 5 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317705
Diakses pada 5 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait