logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Ini Obat Herbal Bronkitis yang Bisa Digunakan di Rumah

open-summary

Bronkitis adalah penyakit pernapasan yang terjadi karena virus, bakteri, atau partikel yang mengganggu saluran bronkial. Ada beberapa obat herbal bronkitis seperti dari jahe, kunyit, atau bawang putih yang bisa jadi alternatif.


close-summary

7 Sep 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Jenis obat tradisional bronkitis

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional bronkitis

Table of Content

  • Pilihan obat herbal bronkitis
  • Metode pengobatan penyakit bronkitis tanpa obat medis lainnya
  • Catatan dari SehatQ

Bronkitis adalah penyakit radang saluran pernapasan yang terjadi karena virus, bakteri, atau partikel yang mengganggu saluran bronkial. Pada sebagian besar kasus, bronkitis bisa sembuh dalam waktu 2 minggu. Ada beberapa obat herbal bronkitis seperti dari jahe, kunyit, atau bawang putih yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif pengobatan selain obat-obatan medis.Apa saja macam-macam obat tradisional bronkitis tersebut? Simak informasinya berikut ini!

Advertisement

Pilihan obat herbal bronkitis

Bronkitis ringan umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda bisa menggunakan sejumlah bahan-bahan alami berikut ini guna membantu mempercepat proses penyembuhan.

Berikut adalah beberapa bahan alam yang bisa digunakan untuk pengobatan penyakit bronkitis:

1. Jahe

obat herbal bronkitis
Jahe dapat mengobati bronkitis karena memiliki kandungan zat anti-inflamasi

Jahe memiliki khasiat anti-inflamasi utamanya yang berkaitan dengan infeksi pernapasan. Cara mengonsumsi obat bronkitis alami yang satu ini bisa dengan dikunyah, diolah menjadi teh, dicampurkan dalam masakan, atau mengonsumsi ekstraknya yang berbentuk kapsul.

Jika belum terbiasa, konsumsi jahe dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Meski demikian, tidak semua orang bisa mengonsumsi jahe sebagai cara mengatasi bronkitis. Penderita diabetes, penyakit jantung, masalah gangguan darah, ibu hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba pengobatan alternatif ini.

2. Kunyit

Jika dibandingkan dengan jahe, ada penelitian yang menyebut kunyit mengandung khasiat anti-inflamasi yang lebih kuat. Tak hanya itu, tanaman obat untuk bronkitis ini juga mengandung antioksidan sehingga dapat meningkatkan imunitas seseorang.

Cara mengonsumsi kunyit sebagai pengobatan bronkitis secara tradisional bisa dengan menambahkannya pada salad, mencampurkan dengan madu, diolah dengan teh, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Penderita masalah pencernaan, gangguan darah, sensitivitas hormonal tertentu, dan juga defisiensi zat besi sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit sebagai obat tradisional bronkitis.

3. Bawang putih

Dikenal dengan berbagai khasiatnya, bawang putih juga secara efektif dapat menghentikan pertumbuhan virus penyebab bronkitis. Manfaat paling maksimal diperoleh dari bawang putih segar, namun jika tidak cocok dengan rasanya maka tak masalah mengonsumsi suplemen dalam bentuk kapsul.

Sama seperti obat herbal bronkitis lainnya, coba konsumsi dalam volume dan durasi sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui adakah reaksi atau efek samping tertentu.

4. Air garam

Berkumur air hangat yang dicampurkan dengan garam juga bisa membantu melegakan tenggorokan berdahak ketika menderita bronkitis. Tak hanya itu, berkumur air hangat dan garam juga membantu mengurangi rasa nyeri di tenggorokan.

Ketika berkumur dengan campuran air hangat dan garam, jangan menelan airnya. Penggunaan obat herbal bronkitis ini bisa diulang beberapa kali dalam sehari. Jangan lupa bilas dengan air biasa setelah selesai berkumur dengan air garam hangat.

5. Nanas

Nanas adalah buah untuk bronkitis yang juga dapat menjadi pilihan sebagai cara mengobati bronkitis secara alami. Nanas mengandung bromelain, yakni enzim yang diklaim dapat mengatasi peradangan pada tubuh. 

Selain mengatasi peradangan pada saluran pernapasan, nanas dengan kandungan bromelainnya juga dapat membantu meredakan gejala bronkitis seperti batuk berdahak. 

6. Madu dan lemon

Obat tradisional bronkitis lainnya yang tak kalah ampuh adalah campuran madu dan lemon. Madu mengandung zat antibakteri sehingga cukup efektif dalam mengatasi infeksi yang terjadi di saluran pernapasan.

Sementara itu, lemon diperkaya oleh vitamin C. Penelitian telah mengungkapkan bahwa manfaat vitamin C salah satunya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, tubuh lebih optimal dalam melawan infeksi bakteri maupun virus yang menjadi penyebab bronkitis. 

Baca Juga

  • 5 Bahaya Kerokan untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diwaspadai
  • Wajib Tahu! Begini Proses Penularan TBC dan Juga Pengobatannya
  • Cara Mengusir Lalat di Rumah Agar Keluarga Terhindar dari Penyakit

Metode pengobatan penyakit bronkitis tanpa obat medis lainnya

Selain dengan obat herbal bronkitis di atas, cara mengatasi bronkitis secara alami lainnya adalah dengan menerapkan sejumlah langkah berikut ini:

1. Tidur/istirahat cukup

Seorang pria tidur untuk meredakan peradangan
Tidur bisa membantu menaikkan fungsi imun

Bisa tidur nyenyak mungkin menjadi hal yang sulit bagi orang yang menderita masalah di tenggorokan seperti bronkitis. Meski demikian, sebaiknya alokasikan waktu khusus untuk tidur dan beristirahat.

Tidur berkualitas termasuk obat tradisional bronkitis karena ketika beristirahat, tubuh memaksimalkan fungsi imun sehingga dapat melawan peradangan secara optimal.

2. Terapi uap

Lakukan terapi uap sebagai bagian dari obat tradisional bronkitis yang bisa dilakukan di rumah. Entah itu dengan mandi air panas atau menghirup uap dari air panas dalam baskom, cara ini bisa membantu mengencerkan dahak dan membuangnya pun jadi lebih mudah.

Uap ini juga membantu otot menjadi lebih rileks setelah terus menerus bekerja keras saat terbatuk. Ketika melakukan terapi uap, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena berisiko membakar saluran pernapasan.

3. Hindari faktor pemicu bronkitis

Selain beberapa obat tradisional bronkitis di atas, pastikan untuk menghindari lingkungan dengan polusi seperti asap rokok maupun thirdhand smoke. Jika terpaksa berada di lingkungan yang mengandung partikel penyebab batuk, kenakan masker untuk mengurangi paparan berlebih.

Tak perlu mengonsumsi antibiotik apabila bronkitis tidak disebabkan oleh bakteri. Jika bronkitis disebabkan oleh virus, maka tak perlu diberikan antibiotik.

Catatan dari SehatQ

Itu dia informasi mengenai obat herbal bronkitis dan metode pengobatan bronkitis secara tradisional tanpa obat-obata medis lainnya. Apabila gejala bronkitis disertai batuk yang tak kunjung mereda setelah satu bulan, demam tinggi, kesulitan bernapas, sakit kepala, hingga batuk berdarah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Punya keluhan terkait pernapasan? Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play sekarang juga!

Advertisement

penyakit paru-parubronkitishidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved