Kulit Wajah Mengelupas Bikin Kesal? Atasi Dengan Cara 10 Ini

Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas, Anda perlu rutin menggunakan pelembap
Kulit wajah mengelupas bisa disebabkan oleh alergi hingga penyakit kulit seperti eksim

Kulit wajah mengelupas, tidak hanya mengganggu penampilan namun juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Kondisi ini juga akan menyulitkan Anda yang perlu menggunakan make up untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Sebab, menggunakan make up disaat kulit wajah sedang mengelupas, justru akan memperparah kondisi tersebut. Agar bisa terhindar dari masalah akibat kulit wajah yang mengelupas, berikut ini langkah-langkah untuk mengatasinya.

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas

Perawatan untuk kulit wajah yang mengelupas ada beragam, mulai dari yang dapat dilakukan sendiri di rumah, hingga pemberian obat oleh dokter. Berikut ini penjelasannya.

1. Gunakan pelembap wajah

Menggunakan pelembap atau moisturizer setelah mencuci muka, dapat mengunci kelembapan kulit. Cara ini, dapat membantu menghilangkan pengelupasan kulit yang disebabkan oleh kulit kering. Pilih produk yang tidak mengandung parfum maupun minyak.

2. Oleskan gel lidah buaya

Lidah buaya dapat meredakan peradangan di kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Jika kulit wajah mengelupas karena matahari, sebaiknya Anda menghindari bepergian ke luar ruangan terlalu sering, selama masa penyembuhan.

3. Jangan lewatkan penggunaan sunscreen

Menggunakan sunscreen dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, sekaligus menghambat keparahan kondisi tersebut. Sunscreen juga dapat mencegah munculnya gejala penyakit kulit, seperti rosacea.
Gunakan sunscreen yang tahan air, dan berspektrum luas. Pilih juga sunscreen yang memiliki SPF 30 ke atas.

4. Pilih produk perawatan wajah yang tepat

Memilih produk perawatan yang tepat, juga penting untuk mengatasi kulit wajah mengelupas. Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan berbahan ringan.

Hindari penggunaan sabun muka antibakteri atau yang mengandung parfum, karena akan membuat semakin kering. Selain itu, hindari pula produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam alfa hidroksid, dan benzoil peroksida.

5. Rutin lakukan pengelupasan sel kulit mati

Secara alami, kulit akan melakukan penggantian sel kulit mati dan memperbaruinya, setiap satu bulan sekali. Saat sel kulit mati tersebut menempel di permukaan kulit, maka kulit wajah akan terlihat mengelupas.

Karena itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menggunakan produk scrub wajah.

6. Keringkan wajah dengan lembut

Sehabis cuci muka, lap wajah dengan handuk yang berbahan lembut. Menggunakan kain yang berbahan kasar, akan merusak kulit dan memicu kulit mengelupas.

Selain itu, jangan menggosok-gosok wajah dengan handuk untuk mengeringkannya. Sebaiknya, tepuk-tepuk perlahan permukaan kulit, agar kulit tetap halus.

7. Jangan mandi terlalu lama

Batasi waktu mandi selama 5-10 menit saja, untuk mencegah kulit menjadi terlalu kering. Selain itu, hindari menggunakan air yang terlalu panas. Sebab, air panas dapat menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit, dan malah membuat kulit menjadi kering.

8. Minum banyak air putih

Mengonsumsi cairan yang cukup, terutama air putih, akan membantu kulit terhidrasi, dan mencegah kulit wajah mengelupas. Langkah ini terutama penting dilakukan untuk mencegah dehidrasi, apabila kulit mengelupas terjadi karena terbakar sinar matahari.

9. Ikuti perawatan dari dokter

Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas, dokter dapat melakukan prosedur seperti chemical peeling dan pemberian obat resep kortikosteroid maupun antibiotik doxycycline. Dokter akan menyesuaikan perawatan dengan kondisi kulit Anda.

10. Atasi penyebab awalnya

Terkadang, melakukan langkah-langkah di atas tidaklah cukup untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas, sebelum penyebab awalnya benar-benar diatasi. Jika kondisi yang Anda alami disebabkan oleh infeksi jamur, maka penggunanan obat antijamur merupakan cara yang efektif untuk kulit yang mengelupas.

Penyakit lain seperti eksim, juga bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Pada kasus ini, penggunaan krim steroid merupakan cara yang efektif untuk mengatasinya.

Hindari penyebab kulit wajah mengelupas

Agar kulit wajah mengelupas dapat dihindari serta perawatan yang dilakukan bisa lebih efektif, maka Anda juga perlu mengenali penyebabnya. Selain kulit kering, berikut ini penyebab kulit wajah bisa mengelupas.

• Terbakar sinar matahari

Kulit yang mengelupas akibat sengatan sinar matahari, biasanya juga disertai dengan warna kulit yang kemerahan, terlihat iritasi, dan meradang. Kulit yang mengelupas merupakan cara tubuh untuk mengganti kulit yang rusak dengan lapisan kulit yang baru.

• Efek samping obat

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping berupa pengelupasan kulit. Jenis obat tersebut yaitu obat tekanan darah tinggi, penisilin, obat oles, serta obat kejang.

• Penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit juga bisa menjadi biang keladi mengelupasnya kulit di wajah. Eksim, rosacea, dan psoriasis hanyalah beberapa di antaranya. Pada kondisi yang cukup parah, penyakit peeling skin syndrome juga bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas.

Peeling skin syndrome adalah suatu kelainan genetik langka yang membuat kulit terus mengelupas tanpa henti. Meski umumnya muncul pada bayi yang baru lahir, kondisi ini juga bisa terjadi di kemudian hari.

• Reaksi alergi

Kulit wajah mengelupas juga bisa timbul akibat reaksi alergi kosmetik atau produk perawatan wajah yang Anda gunakan. Saat mengalami reaksi alergi, kulit akan terititasi dan kondisi ini memicu pengelupasan di wajah.

• Infeksi jamur

Infeksi jamur seringkali muncul pertama kali di kulit. Selanjutnya, kulit yang terkena infeksi ini akan mengering dan kemudian mengelupas. Kemerahan dan pembengkakan juga bisa menyertai kondisi ini.

Kapan kulit wajah yang mengelupas perlu pemeriksaan dokter?

Apabila kulit wajah mengelupas terjadi karena paparan sinar matahari atau reaksi alergi, maka kondisi ini akan pulih dengan sendirinya setelah 3-7 hari. Jika kulit Anda sering mengelupas dan tidak juga berhenti meski telah dilakukan perawatan, maka segera periksakan ke dokter kulit.

Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter apabila muncul beberapa kondisi ini.

  • Lepuhan di beberapa area di tubuh
  • Demam atau tubuh terasa dingin saat terjadi reaksi alergi atau akibat terbakar sinar matahari
  • Mual, pusing, atau linglung yang muncul bersamaan dengan saat kulit wajah mulai mengelupas
  • Pengelupasan disertai dengan munculnya nanah, bau tidak sedap, atau perdarahan

Jangan sembarangan memilih metode untuk mengatasi kulit wajah mengelupas. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit sebagai langkah aman untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/eczema-face-manage
Diakses pada 22 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935.php
Diakses pada 22 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/peeling-skin-on-face
Diakses pada 22 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326444.php
Diakses pada 22 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed