Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah Biar Bebas Jerawat


Cara mengatasi wajah berminyak penting dilakukan agar produksi sebum dapat terkendali dan kelembapan kulit terjaga. Cara mengatasi kulit berminyak adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

(0)
Cara mengatasi wajah berminyak tidak bisa dilakukan sembaranganKeringkan wajah Anda dengan cara menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut
Cara mengatasi wajah berminyak sangat penting dilakukan agar produksi sebum dapat terkontrol serta kelembapan kulit tetap terjaga. Pasalnya, jenis kulit ini disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Maka dari itu, cara mengatasi kulit berminyak tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.Produksi sebum yang berlebih bisa menjadi penyebab kulit berminyak dan berujung pada kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, hingga jerawat.Sebum adalah komponen yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di bawah kulit dan berfungsi untuk melembapkan kulit.Namun, jangan menganggap sebum adalah musuh kulit berminyak karena sebum ternyata juga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Jadi, perhatikan cara mengatasi kulit wajah berminyak agar produksi sebum dapat terkontrol serta kelembapan kulit tetap terjaga.

Cara mengatasi wajah berminyak agar bebas jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya jika dilakukan secara berlebihan atau tidak tepat, kulit wajah bisa menjadi kering, iritasi, bahkan mungkin menimbulkan jerawatNah, untuk mengetahui cara mengatasi kulit berminyak dengan benar dan efektif, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Rutin mencuci muka

Mencuci muka dapat menjadi salah satu cara mengatasi wajah berminyak
Cuci muka secara rutin adalah salah satu cara mengatasi kulit berminyak
Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, mencuci muka secara rutin dapat mencari salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga. Hindari sabun cuci muka dengan wewangian, alkohol, dan kandungan yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Akibatnya, kulit jadi lebih banyak memproduksi sebum. Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut, ya. Anda bisa mencuci muka maksimal 2 kali sehari. Caranya, mulailah membilas wajah dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun pembersih wajah seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat. 

2. Keringkan wajah dengan benar

Setelah mencuci muka, keringkan wajah Anda dengan cara menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut. Sebisa mungkin jangan gunakan handuk di wajah dengan gerakan menarik atau menggunakan kain yang kasar. Sebab, bisa mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga wajah menjadi semakin berminyak. 

3. Gunakan toner

Cara mengatasi wajah berminyak berikutnya adalah menggunakan toner. Anda bisa memilih toner untuk kulit berminyak dengan kandungan alkohol untuk membuat kulit wajah sedikit lebih kering. Anda bisa juga coba menggunakan toner dengan astringent alami, seperti witch hazel, yang mampu menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum di wajah. Pada beberapa orang, toner dengan astringent alami dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan menghilangkan sisa produk make up yang dapat menyumbat pori-pori. 

4. Pakai pelembap

Cara mengatasi wajah berminyak di wajah adalah pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak
Jenis pelembap yang tepat dapat mengatasi kulit berminyak
Orang dengan jenis kulit berminyak mungkin menghindari penggunaan pelembap lantaran dianggap bisa membuat kulit terlihat lebih berminyak.Padahal menggunakan pelembap yang tepat bisa menjadi cara mengatasi kulit berminyak. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak guna menjaga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak. Anda juga bisa menggunakan pelembap dari bahan alami, lho. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa gel lidah buaya dapat menjadi pilihan pelembap yang baik untuk mengobati jerawat dan sebagai cara mengatasi kulit wajah berminyak.Sejumlah kandungan dalam gel lidah buaya memiliki efek menenangkan pada kulit. Kendati demikian, pastikan gel lidah buaya tidak mengandung alkohol yang justru dapat membuat kulit wajah Anda kering dan iritasi. 

5. Oleskan tabir surya (sunscreen)

Cara mengatasi kulit berminyak lainnya adalah dengan rutin mengoleskan tabir surya atau sunscreenPenggunaan tabir surya dapat membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Untuk mencegah timbulnya jerawat, pilihlah tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Hindari menggunakan sunscreen untuk kulit berminyak yang berbahan dasar minyak dan wewangian. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin setelah menggunakan pelembap setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah.

6. Gunakan blotting paper (kertas minyak)

Cara mengatasi wajah berminyak bisa dengan kertas minyak
Kertas minyak berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih
Cara mengatasi kulit berminyak saat beraktivitas di siang hari adalah menggunakan blotting paper atau kertas minyak. Ini berfungsi untuk menyerap minyak dari kulit. Kertas minyak memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit. Namun, penggunaan kertas minyak bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari agar kulit wajah Anda terlihat kurang mengkilap. 

7. Pakai masker lumpur

Masker lumpur dapat menjadi cara mengatasi kulit wajah berminyak. Masker lumpur adalah masker wajah yang memiliki kandungan mineral, seperti smectite atau bentonite, yang dapat membantu mengurangi dan mengangkat produksi minyak berlebih di wajah.Dengan ini, wajah Anda akan terlihat kurang mengkilap, tanpa membuat kulit menjadi iritasi. Gunakan masker lumpur seminggu sekali dan oleskan pelembap ringan sesudahnya. Selain masker lumpur, Anda bisa menggunakan masker alami untuk kulit berminyak sebagai cara mengatasi kulit berminyak di wajah. Salah satunya adalah masker oatmeal dan maduKandungan antibakteri dalam madu dan antioksidan pada oatmeal dapat membantu mengurangi produksi minyak dan melembutkan kulit wajah. 

8. Rutin lakukan eksfoliasi

Cara mengatasi wajah berminyak yang tak kalah penting adalah rutin lakukan scrub wajah
Eksfoliasi secara rutin bisa jadi cara mengatasi wajah berminyak
Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat menjadi cara mengatasi kulit berminyak.Langkah ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah yang menyebabkan penyumbatan pori-pori. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari munculnya masalah jerawat. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit wajah.

9. Hindari kebiasaan menyentuh wajah

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang tak kalah penting adalah dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Sebab, kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan Anda ke wajah. Anda hanya boleh menyentuh wajah saat membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit wajah. Namun, pastikan kedua tangan Anda sudah bersih sebelum menyentuh wajah, ya. 

10. Gunakan produk perawatan kulit bebas minyak dan berlabel noncomedogenic

Penggunaan produk perawatan kulit bebas minyak sebagai cara mengatasi wajah berminyak
Pilihkan produk skincare dan make up bebas minyak
Perhatikan penggunaan produk perawatan kulit sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Sebaiknya, Anda memilih produk perawatan kulit, seperti sabun pembersih wajah sampai pelembap, bebas minyak atau berlabel “noncomedogenic”.Pasalnya, produk tersebut tidak rentan menyumbat pori-pori wajah sehingga pembentukan jerawat dapat terhindarkan. Ini juga berlaku dengan penggunaan kosmetik atau make up. 

Cara mengatasi kulit berminyak dari segi pola makanan

Selain melakukan berbagai langkah di atas, cara mengatasi kulit wajah berminyak lainnya adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Salah satunya dari asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk pemilik kulit berminyak sehingga wajah akan tampak lebih sehat. Beberapa makanan yang baik untuk kulit berminyak, di antaranya mentimun, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, pisang, alpukat, bayam, lentil, jeruk, dark chocolate, air kelapa, hingga air lemon. Sedangkan, makanan yang dapat memperburuk kondisi kulit berminyak, bahkan meningkatkan risiko pori-pori wajah membesar, serta timbul komedo dan jerawat adalah makanan tidak sehat.Misalnya, olahan produk susu, makanan atau minuman berkafein, makanan mengandung lemak jenuh, makanan asin, makanan mengandung gula, hingga konsumsi alkohol. Jika kulit berminyak masih sulit ditangani walaupun sudah melakukan cara mengatasi kulit berminyak di atas, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi perawatan lebih lanjut. Anda pun dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya seputar cara mengatasi wajah berminyak lebih lanjut.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit berminyakperawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090.php#symptoms
Diakses pada 31 Januari 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Diakses pada 31 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/acne-and-oily-skin-15964
Diakses pada 31 Januari 2020
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4025519/
Diakses pada 31 Januari 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/foods-to-eat-and-foods-to-avoid-for-oily-skin/
Diakses pada 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait