Penyebab Kulit Selangkangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya


Penyebab umum kulit selangkangan mengelupas antara lain adalah kulit kering, lecet, infeksi jamur, psoriasis, intertrigo dan dermatitis kontak.

0,0
02 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kulit selangkangan mengelupas bisa disebabkan oleh kulit kerin, intertigo, infeksi, dan dermatitisKulit selangkangan mengelupas bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri
Kulit selangkangan mengelupas dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Biasanya, kondisi ini diawali dari rasa gatal yang semakin lama semakin parah.
Kombinasi antara gerakan menggaruk dan kondisi kulit yang kering, kemerahan, atau terlalu lembap dapat membuat kulit selangkangan mengelupas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab kulit selangkangan mengelupas

Kulit selangkangan mengelupas akibat kulit terlalu kering
Kulit selangkangan mengelupas karena kulit terlalu kering
Berikut ini adalah beberapa kondisi umum yang dapat menjadi penyebab kulit selangkangan mengelupas.

1. Kulit kering

Kondisi kulit kering bisa terjadi di berbagai area tubuh, termasuk selangkangan. Kondisi ini terjadi karena tidak adanya kelembapan yang mencukupi, sehingga tekstur kulit berubah kasar. Pada beberapa kasus, kulit juga bisa mengelupas atau terlihat bersisik.Saat mengelupas, kulit di bagian selangkangan bisa terasa gatal maupun tidak. Dalam kondisi parah, kulit bisa sampai pecah-pecah dan berdarah.

2. Jock Itch

Jock itch atau tinea cruris adalah infeksi jamur di selangkangan yang menyebabkan rasa gatal tak tertahankan dan pengelupasan kulit.Tanda umum dari jock itch adalah ruam merah, bersisik, dan sangat gatal. Kondisi ini dapat berkembang pada alat kelamin, paha dalam, pantat dan lipatan bokong.

3. Lecet

Lecet dapat terjadi ketika kulit bergesekan dengan benda lain baik itu pakaian maupun kulit di bagian tubuh lain. Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami lecet adalah area paha.Paha bagian dalam bisa lecet akibat aktivitas yang menyebabkan terjadinya banyak gesekan antara paha kanan dan kiri, seperti berlari. Beberapa gejala lecet antara lain ruam merah, iritasi, muncul sensasi seperti terbakar dan gatal. Kulit pada lipatan paha juga bisa bersisik dan mengelupas,

4. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang memiliki gejala berupa rasa gatal, peradangan, kulit menebal, dan pengelupasan pada kulit.Pada orang yang memiliki kulit terang, kulit yang mengelupas biasanya terlihat merah dengan kilau keperakan. Sementara pada orang dengan kulit gelap, mungkin berwarna ungu, abu-abu, atau coklat tua.

5. Intertrigo

Intertigo adalah istilah medis untuk kondisi ruam yang terjadi di area lipatan tubuh, seperti ketiak, perut, dan selangkangan. Area lipatan ini sering lembap karena keringat. Saat gesekan terus terjadi di area yang lembap ditambah panas dari cuaca sekitar, maka akan muncul gejala seperti gatal, perih, dan kulit mengelupas.Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk dengan pertumbuhan bakteri dan jamur berlebihan di area tersebut.

6. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi kulit saat bersentuhan dengan alergen. Kondisi ini dapat terjadi pada area kulit mana saja termasuk area selangkangan. Gejala yang muncul bisa berupa ruam dan gatal sehingga menyebabkan kulit selangkangan mengelupas.Kulit selangkangan yang mengelupas juga bisa terjadi karena berbagai kondisi lain seperti iritasi, infeksi jamur vagina atau infeksi menular seksual. Selain itu, ada juga kemungkinan karena masalah imun tubuh, adanya parasit seperti cacing kremi atau kutu kemaluan, hingga kanker kulit.Baca Juga: Penyebab Gatal Di Selangkanan yang Tak Kunjung Sembuh

Cara mengatasi kulit selangkangan yang mengelupas

Gunakan pelembap untuk mengatasi selangkangan mengelupas akibat kulit kering
Gunakan pelembap untuk mencegah selangkangan mengelupas karena kulit kering
Berikut beberapa cara untuk mengatasi kulit selangkangan yang mengelupas sesuai dengan penyebabnya:

1. Menjaga kelembapan kulit secara teratur

Salah satu penyebab kulit selangkangan mengelupas yang paling umum adalah kondisi kulit yang terlalu kering, sehingga cara paling baik untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kelembapan kulit.Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulit menjadi lebih lembap, antara lain:
  • Mencukupi kebutuhan cairan agar kulit tetap terhidrasi
  • Melembapkan area selangkangan secara teratur
  • Menghindari kafein dan alkohol yang dapat mengeringkan kulit
  • Jangan mandi terlalu lama

2. Menghindari menggunakan produk yang dapat mengiritasi

Iritasi kulit di selangkangan bisa berujung pada kondisi mengelupas yang perih dan gatal. Agar hal tersebut bisa segera reda, hindari menggunakan produk yang dapat mengiritasi, seperti sabun atau alat pembersih kewanitaan yang mengandung parfum atau bahkan alkohol.Anda juga bisa meringankan rasa gatal akibat iritasi dengan memberikan kompres dingin di kulit selangkangan yang mengelupas. Selama masa penyembuhan, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karenadapat memperparah iritasi.

3. Menggunakan obat-obatan

Jika kondisi kulit selangkangan mengelupas, kering dan bersisik yang dialami tidak juga sembuh, sebaiknya segera hubungi dokter. Pasalnya, banyak penyebab kulit kering dan bersisik memerlukan perawatan medis.Apabila kondisi tersebut disebabkan karena infeksi, maka dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya. Infeksi jamur akan diobati dengan obat antijamur, sementara infeksi bakteri akan diobati dengan obat antibakteri.Obat yang diberikan biasanya berupa salep yang dioleskan di area selangkangan yang mengelupas. Pada kasus tertentu dokter juga dapat meresepkan salep pelembap atau salep berisi steroid untuk meredakan gejala yang sangat mengganggu.Itulah penyebab umum kulit selangkangan mengelupas dan cara mengatasinya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit secara online untuk mendapatkan penanganan medis lebih cepat untuk keluhan yang Anda rasakan.
kulit sekitar kelamininfeksi kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/jock-itch
Diakses 19 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/dry-flaky-skin-pubic-area-female
Diakses 19 Oktober 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16940-dry-skinitchy-skin
Diakses 19 Oktober 2021
Men’s Health. https://www.menshealth.com/health/a19536913/itchy-crotch/
Diakses 19 Oktober 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-groin-itch
Diakses 19 Oktober 2021
DermNet NZ. https://dermnetnz.org/topics/intertrigo
Diakses pada 19 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait