Kenali Penyebab Kulit Pecah-Pecah pada Tangan dan Kaki Serta Cara Mengatasinya


Kulit pecah-pecah adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Kulit kering hingga penyakit kulit tertentu bisa jadi penyebab kulit tangan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembap hingga penggunaan obat tertentu.

0,0
06 Jan 2020|Anita Djie
Oleskan pelembap untuk atasi kulit pecah-pecahMengoleskan pelembap bisa jadi salah satu cara menghilangkan kulit pecah-pecah
Kulit pecah-pecah adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki. Ketika kulit tangan pecah-pecah, Anda tentu jadi merasa kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, ada berbagai penyebab kulit pecah-pecah pada tangan yang bisa dilakukan.

Penyebab kulit pecah-pecah pada tangan, kaki, dan bibir

Kulit pecah-pecah dapat terjadi ketika lapisan penghalang kulit terganggu. Kondisi ini merupakan gejala kulit kering dan mengalami iritasi. Biasanya, kaki, tangan, dan area bibir yang kerap mengalami kulit pecah-pecah. Namun, tergantung penyebabnya, kulit pecah-pecah juga dapat terjadi pada area kulit mana saja. Berikut adalah berbagai penyebab kulit pecah-pecah pada tangan yang muncul dengan gejala yang berbeda-beda, yakni:

1. Kulit kering

Salah satu penyebab kulit pecah-pecah pada tangan yang umum terjadi adalah kulit kering atau xerosisKulit kering bisa terjadi akibat kurangnya minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit sehingga akan tampak pecah-pecah. Adapun berbagai penyebab kulit kering adalah sebagai berikut.
  • Paparan udara kering, panas, atau dingin. Saat udara kering, panas, atau dingin, suhu dan kelembapan udara jadi menurun. Akibatnya, kulit kering menjadi tak dapat terhindarkan. 
  • Paparan zat iritan. Beberapa produk sabun cuci tangan hingga sabun detergen mengandung zat kimia yang keras di kulit. Zat inilah yang dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan kulit kering. 
  • Penggunaan air panas. Cuci tangan atau mandi menggunakan air panas terlalu sering bisa menghilangkan kelembapan kulit. 
  • Efek obat-obatan tertentu. Jika kulit wajah kering dan pecah-pecah, bisa jadi ini efek penggunaan beberapa jenis obat-obatan topikal, seperti retinoid
  • Kelembapan berlebihan. Ketika kulit mengalami kelembapan berlebihan, ia akan menjadi iritasi dan kering. Kondisi ini dapat terjadi ketika telapak kaki berkeringat saat menggunakan kaus kaki. 

2. Eksim

Penyebab kulit pecah-pecah bisa karena eksim
Eksim bisa muncul pada area tubuh mana saja
Eksim juga menjadi penyebab kulit tangan pecah-pecah. Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan terasa gatal. Kondisi ini disebut juuga dengan dermatitis atopik. Eksim atau dermatitis atopik dapat terjadi pada area tubuh mana pun, tetapi seringkali menimbulkan gejala kulit pecah-pecah pada tangan, lengan bagian dalam, belakang lutut, serta wajah. Akibatnya, kulit akan terasa sangat kering sehingga menimbulkan pengelupasan dan pecah-pecah. Selain telapak tangan pecah-pecah, eksim juga ditandai dengan kulit mengelupas, ada serpihan putih pada kulit, rasa gatal yang tertahankan, hingga bercak kasar dan bersisik.

3. Psoriasis

Penyebab kulit pecah-pecah pada tangan berikutnya adalah psoriasis. Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit kronis yang membuat sel-sel kulit tumbuh secara berlebihan. Alhasil, penumpukan kulit tersebut membuat kulit jadi mengelupas.Pertumbuhan kulit yang cepat dan menumpuk ini menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah disertai kemunculan bercak kemerahan, sisik berwarna putih keperakan, dan terasa sangat gatal. Gejala psoriasis biasanya akan muncul pada kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bagian bawah.  

4. Bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan kulit pecah-pecah bisa saja dialami
Bibir kering dan pecah-bisa disebabkan oleh reaksi alergi
Kondisi bibir yang sangat kering bisa membuatnya pecah-pecah dan mengelupas. Pada beberapa kasus tertentu, bibir jadi membengkak, gatal, dan terasa nyeri.Kulit bibir yang kering dan pecah-pecah serta meradang ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kebiasaan menjilat bibir, paparan udara dingin dan angin, serta reaksi alergi terhadap penggunaan lipstik, lip balm, atau produk kosmetik lainnya. 

5. Kutu air

Kulit kaki pecah-pecah bisa terjadi akibat kutu air atau dikenal pula dengan kurap kaki (athlete’s foot). Penyebab kutu air adalah infeksi jamur, yang muncul di antara jempol kaki atau pada telapak kaki. Alhasil, kulit kaki bisa pecah-pecah. Kutu air bisa menimbulkan gejala lain, seperti kulit kemerahan, mengelupas, pembengkakan, hingga timbul rasa gatal. 

Cara menghilangkan kulit pecah-pecah

Untuk mengatasi kulit pecah-pecah, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. 

1. Gunakan pelembap

Gunakan pelembap untuk mengatasi kulit pecah-pecah
Oleskan pelembap sesaat setelah mandi
Salah satu cara menghilangkan kulit pecah-pecah pada tangan dan kaki adalah dengan menggunakan pelembap. Penggunaan pelembap bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit.Anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung bahan utama, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun shea butter.Anda bisa mengoleskan pelembap 2-3 kali pada area kulit yang terasa kering dan pecah-pecah, termasuk sesaat setelah mandi.  

2. Oleskan petroleum jelly

Selain pelembap, Anda juga bisa memperoleh manfaat petroleum jelly untuk melindungi dan mengunci kelembapan kulit pecah-pecah.Anda cukup mengoleskan petroleum jelly secukupnya pada area kulit kering dan pecah-pecah. Kemudian, bungkus area kulit tersebut menggunakan perban atau kain kasa steril. Jika mengoleskan petroleum jelly pada kaki pecah-pecah, gunakan kaus kaki setelahnya. Lakukan langkah tersebut 3 kali sehari, termasuk sesaat setelah mandi. Bila Anda ingin mengoleskan petroleum jelly pada bibir kering dan pecah-pecah, pastikan kandungan bahan di dalamnya tidak memicu alergi. 

3. Pakai krim hidrokortison

Gunakan krim hidrokortison untuk mengatasi kulit pecah-pecah
Konsultasikan dengan dokter dulu untuk dapatkan krim hidrokortison
Cara menghilangkan kulit tangan pecah-pecah bisa pula menggunakan krim hidrokortisonKrim hidrokortison mengandung kortikosteroid yang mampu mengurangi pembengkakan dan iritasi sehingga mampu mengobati kulit tangan pecah-pecah yang sudah memerah dan atau disertai rasa gatal.Krim hidrokortison hair dengan kadar yang berbeda-beda. Untuk kadar yang ringan, Anda bisa membeli krim hidrokortison secara bebas di apotek. Namun, untuk kadar yang lebih kuat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Kemudian, pastikan Anda mengikuti aturan pakai dengan benar yang tercantum pada label kemasan. 

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Cara menghilangkan kulit kaki pecah-pecah adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit secara perlahan. Anda bisa merendam kaki selama 20 menit dalam baskom berisi air. Lalu, gunakan batu apung atau sponge mandi untuk melepaskan sel-sel kulit mati. Keringkan permukaan kaki menggunakan handuk bersih dan oleskan pelembap. Lakukan langkah ini 1-2 kali dalam seminggu. 

5. Liquid bandage

Cara mengatasi kulit tangan pecah-pecah berikutnya adalah menggunakan liquid bandage. Anda bisa menemukan liquid bandage di apotek.Untuk cara pakainya, pastikan Anda membaca instruksi yang tertera pada label. Biasanya, produk ini dioleskan ke kulit menggunakan kuas kecil, lalu biarkan mengering. Pastikan Anda tidak menggunakan liquid bandage bersamaan dengan krim atau salep pelembap.

6. Hindari mencuci tangan terlalu sering

Cuci tangan bisa menyebabkan kulit pecah-pecah pada tangan
Jangan sering-sering cuci tangan saat kulit pecah-pecah
Mencuci tangan terlalu sering, terutama dengan sabun antibakteri atau dengan pembersih tangan dapat memicu kulit pecah-pecah pada tangan. Jika Anda mengalami kulit kering dan pecah-pecah, alangkah baiknya untuk menghindari cuci tangan terlalu sering. Selain itu, gunakan sarung tangan saat mencuci pakaian dan piring. Lalu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan yang tepat. 

7. Atur pola hidup

Anda dapat melakukan pola hidup yang benar sebagai cara mengatasi kulit pecah-pecah. Caranya, hindari paparan sinar matahari terlalu lama, serta mandi menggunakan air yang sejuk. Jangan lupa untuk mencukupi asupan air untuk tubuh, mengendalikan stres, dan mengurangi konsumsi alkohol.

8. Obat antijamur

Apabila kulit pecah-pecah disebabkan oleh kutu air, maka oleskan obat antijamur, seperti terbinafine, pada area permukaan kaki pecah-pecah. Jika kulit pecah-pecah pada tangan, kaki, dan bibir semakin parah atau muncul terus-menerus walaupun sudah diberikan penanganan di atas, coba periksakan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Langkah tersebut untuk mengetahui kemungkinan penyakit lain yang menyebabkan kulit pecah-pecah yang dialami. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar kulit kaki dan tangan pecah-pecah. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanpenyakit kulitkulit keringmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/cracked-skin#causes
Diakses pada 3 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-cope-with-dry-cracked-hands-2223299
Diakses pada 3 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait