Kulit Muka Mengelupas dan Cara Mengatasinya Agar Mulus Kembali

(0)
30 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kulit muka mengelupas dapat terjadi akibat alergiKulit muka mengelupas bisa muncul karena berbagai kemungkinan
Kulit muka mengelupas memang bukan masalah yang mengancam nyawa, tapi bukan berarti bisa dianggap sebagai hal yang remeh. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, rasa gatal, perih, dan panas pada wajah, kondisi ini juga dapat menurunkan kepercayaan diri orang yang mengalaminya.Kondisi kulit yang kering biasanya menjadi penyebab utama mengelupasnya kulit muka. Kulit kering ini bisa timbul akibat penggunaan kosmetik yang tidak cocok pada kulit, iritasi, hingga masalah kesehatan seperti eksim atau psoriasis.Ketika kulit muka mengelupas, ada kemungkinan Anda juga mengalami bibir pecah-pecah dan wajah terlihat lebih kusam dari biasanya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengenali penyebab kondisi ini terlebih dahulu karena beda penyebab, beda pula penanganannya.

Kulit muka mengelupas? Ini kemungkinan penyebabnya

Kulit muka mengelupas bisa terjadi akibat alergi
Jika Anda tengah melakukan perawatan kecantikan dengan cairan peeling, kulit muka mengelupas adalah hal yang lumrah. Penggunaan cairan ini memang bertujuan mengangkat lapisan kulit mati sehingga lapisan kulit di bawahnya yang lebih lembut dan tidak berkerut muncul ke permukaan.Namun bila Anda merasa sedang tidak menggunakan cairan peeling, kulit muka mengelupas mungkin disebabkan oleh salah satu dari beberapa faktor berikut ini:

1. Terbakar sinar matahari

Kulit yang terbakar sinar matahari dianggap oleh tubuh sebagai lapisan sel kulit yang rusak, sehingga harus dibuang dan mengakibatkan kulit muka mengelupas. Dalam kasus yang lebih parah, kulit muka mengelupas akibat terbakar matahari sampai mengakibatkan munculnya bengkak, lenting, dan kulit kemerahan.

2. Obat jerawat

Jika Anda sedang menggunakan obat jerawat, coba periksa kandungan bahan aktifnya. Obat oles yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid bisa mengakibatkan kulit muka mengelupas.

3. Alergi

Kulit muka mengelupas, bersisik, kemerahan, dan gatal mungkin menjadi tanda alergi terhadap produk yang dioleskan ke muka, termasuk make-up atau sabun cuci muka.

4. Eksim

Dermatitis atopik alias eksim ditandai dengan kulit muka mengelupas, bersisik, kemerahan, dan berkerak yang mungkin berisi air.

5. Psoriasis wajah

Psoriasis adalah kerak yang biasanya berwujud seperti ketombe dan ditemukan di kepala, tapi bisa juga merembet ke wajah sehingga kulit muka terasa gatal dan sensitif.

Bagaimana cara mengatasi kulit muka mengelupas?

Pemakaian obat dokter bisa atasi kulit muka mengelupas
Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat kulit muka mengelupas adalah tidak menyentuh, apalagi mengoreknya. Anda juga tidak disarankan untuk menutupi kulit yang mengelupas itu dengan make-up karena kosmetik tertentu justru bisa mengakibatkan kulit kian kering, sehingga makin rawan mengelupas.Sebaliknya, para dermatologis menyarankan Anda melakukan hal-hal berikut ini saat kulit muka kering.

1. Berhati-hati dalam penggunaan kosmetik

Asosiasi Dermatologi Amerika (AAD) menyarankan untuk tidak menggunakan kosmetik yang mengandung parfum dan alkohol selama kulit muka mengelupas. Hindari juga penggunaan produk perawatan kulit (skin care) yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) dan retinoid agar kandungan minyak alami pada kulit tidak cepat habis.

2. Mempersingkat waktu mandi menjadi 5-10 menit

Mandi terlalu lama dapat mengurangi kelembapan kulit yang kemudian bisa mengakibatkan kulit muka mengelupas. Pastikan juga Anda mandi tidak menggunakan air panas serta memilih sabun muka yang lembut di wajah serta tidak mengandung parfum maupun alkohol.

3. Mengoleskan pelembap sesaat setelah mandi

Pelembap bekerja dengan mengunci kelembapan kulit setelah dibersihkan. AAD sendiri menyarankan Anda untuk menggunakan minyak atau krim (bukan losion) yang mengandung minyak jojoba, dimethicone, gliserin, hyaluronic acid, lactic acid, mineral oil, atau shea butter.Jika kulit Anda sensitif dan berjerawat, pastikan untuk memilih pelembap yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic).

4. Melakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi yang dimaksud bukanlah dilakukan dengan cairan peeling kimia, apalagi yang mengandung AHA, menggunakan menggunakan handuk lembut yang diusap ke wajah secara perlahan. Sebelumnya, wajah Anda harus dibasuh dengan air hangat sehingga saat dilap dengan handuk, sel kulit mati akan terangkat.

5. Menggunakan obat dokter

Jika kulit muka mengelupas tidak juga sembuh setelah Anda melakukan perawatan sendiri di rumah, tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapat penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan meresepkan obat pereda kulit mengelupas, seperti obat jerawat yang mengandung doxyxycline.Jika kulit muka mengelupas akibat eksim atau psoriasis, dokter akan meresepkan obat yang mengandung hidrokortison untuk meredakan inflamasi yang menyertainya.Kendati obat ini dijual bebas di apotek, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis dan jangka waktu pemakaian agar tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kulit muka mengelupas, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit kering
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326444
Diakses pada 20 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-chemical-peel-treatments
Diakses pada 20 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/peeling-skin-on-face
Diakses pada 20 Oktober 2020
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 20 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait