logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Penyebab Kulit Melepuh dan Cara Mengobatinya dengan Tepat

open-summary

Kulit melepuh adalah luka yang ditandai dengan munculnya gelembung berisi cairan pada lapisan epidermis. Penyebab kulit melepuh di antaranya adalah gesekan, paparan bahan kimia, hingga suhu ekstrem. Tak perlu khawatir, kondisi ini dapat sembuh bila diobati dengan tepat.


close-summary

15 Jul 2020

| Annisa Trimirasti

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Kondisi kulit melepuh ditandai dengan munculnya kantong berisi cairan.

Kulit melepuh ditandai dengan adanya kantong berisi cairan

Table of Content

  • Penyebab kulit melepuh
  • Cara mengobati kulit melepuh
  • Cara mencegah kulit melepuh
  • Pesan dari SehatQ

Kulit melepuh bisa dialami oleh siapa saja. Kulit yang mengalami lepuhan bisa berjumlah satu benjolan atau lebih, bahkan mungkin disertai rasa gatal dan nyeri. Luka lepuh tidak boleh didiamkan karena jika pecah bisa saja menimbulkan infeksi. Cara mengatasi luka lepuh atau kulit melepuh muda saja, berikut penjelasan selengkapnya.

Advertisement

Penyebab kulit melepuh

Kulit melepuh adalah luka yang ditandai dengan munculnya gelembung berisi cairan pada lapisan atas kulit (epidermis). Tergantung penyebabnya, cairan pada kulit yang melepuh dapat berupa serum, plasma, darah, maupun nanah.

Umumnya, kulit melepuh disebabkan oleh adanya gesekan antara permukaan kulit dan bagian tubuh lainnya. Lapisan kulit yang paling rentan terhadap gesekan dinamakan stratum spinosum.

Ketika lapisan tersebut terlepas atau terpisah dari jaringan di bawahnya maka cairan pada kulit keluar dari sel, kemudian mendorong pertumbuhan dan regenerasi kulit baru sehingga muncul lepuhan kulit.

Saat kulit tampak seperti melepuh terjadi, Anda akan mengalami beberapa gejala, seperti nyeri hingga rasa tidak nyaman. 

Meski penyebab kulit melepuh bukan menandakan kondisi yang serius dan tidak membutuhkan penanganan medis, sebaiknya Anda tetap perlu waspada. Terlebih, jika kemunculannya cukup sering dan secara tiba-tiba. 

Selain gesekan, penyebab kulit melepuh lainnya juga meliputi: 

1. Suhu ekstrem

Salah satu penyebab kulit melepuh adalah suhu yang ekstrem. Misalnya, suhu terlalu panas saat kulit mengalami luka bakar akibat tersiram atau menyentuh air panas, hingga kulit yang terkena paparan sinar matahari.

Meski demikian, paparan suhu terlalu dingin juga dapat menyebabkan kulit mengalami lepuhan. Contohnya, ketika Anda terlalu lama berada di udara dingin atau memegang benda dingin, seperti es batu.

Pada kasus-kasus tersebut, kondisi melepuh pada kulit muncul sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu secara tiba-tiba pada kulit.

2. Gesekan berulang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gesekan sering kali menjadi penyebab kulit melepuh terjadi. Kulit melepuh akibat gesekan yang berulang-ulang biasanya muncul di area tangan atau kaki.

Kulit melepuh pada bagian-bagian tubuh tersebut mungkin terjadi akibat gesekan antara kaki dan alas kaki saat berjalan, atau antara tangan dengan alat musik yang Anda mainkan, seperti drum atau alat musik lainnya.

3. Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia jadi penyebab kulit melepuh
Kulit melepuh tanpa sebab bisa disebabkan oleh paparan bahan kimia

Terkadang, gelembung berisi cairan pada kulit seperti melepuh bisa muncul tanpa disadari. Penyebab kulit melepuh tiba-tiba terjadi biasanya akibat paparan bahan kimia. Kondisi ini dikenal pula dengan dermatitis kontak

Adapun beberapa bahan kimia yang kerap menjadi penyebab kulit melepuh tanpa sebab adalah sabun detergen, produk kosmetik dan perawatan kulit, hingga nikel sulfat (yang biasa dipakai dalam proses pelapisan logam).

4. Gigitan serangga

Kulit melepuh tiba-tiba juga mungkin muncul saat ada zat kimia yang menyentuh kulit seperti ketika Anda terkena gigitan serangga jenis tertentu.

Umumnya, jenis gigitan serangga berupa tungau kecil akan meninggalkan lengkungan lecet di permukaan kulit tangan, pergelangan tangan, ketiak, hingga kaki.

Selain itu, gigitan kutu dan kutu busuk juga bisa menyebabkan munculnya lepuhan kulit di kulit.

5. Pecahnya pembuluh darah di permukaan kulit

Pembuluh darah kapiler (pembuluh darah kecil) di epidermis bisa pecah akibat sejumlah kondisi medis tertentu sehingga menjadi penyebab kulit melepuh tanpa sebab terjadi.

Misalnya, cedera atau paparan sinar matahari secara berlebihan. Jika ini terjadi, kulit tiba-tiba yang berisi darah mungkin saja muncul.

6. Kondisi medis tertentu

Kulit melepuh juga bisa terjadi akibat sejumlah penyakit tertentu, seperti herpes ataupun eksim. Kondisi kulit melepuh dan berair juga dapat disebabkan oleh penyakit cacar air.

Pada kondisi cacar air dan herpes, kulit melepuh biasanya ditandai dengan jumlah lepuhan yang banyak. Sedangkan pada eksim, kulit melepuh dapat disertai gejala lain berupa kulit pecah-pecah dan mengelupas.

Selain itu, kulit melepuh dapat terjadi pada penyakit autoimun. Contohnya, pemfigoid bulosa, dermatitis herpetiformis, dan epidermolisis bulosa.

Apabila Anda tidak tahu kenapa kulit tiba-tiba melepuh, periksakan kondisi kulit ke dokter. Khususnya, bila gejala kulit melepuh terasa menyakitkan atau tidak kunjung hilang. Pasalnya, kondisi ini bisa saja berkembang menjadi luka borok hingga infeksi.

Cara mengobati kulit melepuh

Pada dasarnya, sebagian kulit melepuh tidak membutuhkan pengobatan khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya. 

Namun, untuk meringankan gejala yang mungkin terjadi dan mempercepat proses penyembuhannya, Anda bisa melakukan sejumlah langkah berikut.

1. Lakukan kompres dingin

Salah satu cara mengobati kulit melepuh bisa dilakukan dengan kompres dingin. Caranya, gunakan beberapa buah es batu yang dibungkus dengan handuk atau kain bersih. Lalu, tempelkan pada area kulit yang melepuh selama kurang lebih 30 menit untuk meredakan rasa nyeri.

2. Jangan memecahkan lepuhan kulit

Cara mengobati kulit melepuh yang tepat adalah dengan tidak memecahkan lepuhan kulit secara sengaja. Lepuhan kulit yang sengaja dipecah dapat memunculkan risiko bakteri sehingga timbul infeksi. Alangkah baiknya, jika Anda menutupi lepuhan kulit dengan perban atau kain kasa untuk menghindari risiko infeksi.

3. Selalu jaga kebersihan area kulit

Jika Anda tidak sengaja memecahkan lepuhan kulit, hindari untuk mengelupas kulit mati yang terbuka atau terlepas. Sebaiknya, segera bersihkan luka terbuka dengan mencucinya menggunakan air dan sabun agar mencegah terjadinya infeksi. 

Kemudian, oleskan salep untuk kulit melepuh berupa antibiotik, lalu tutup lepuhan kulit yang terbuka menggunakan perban atau kain kasa steril.

4. Oleskan lidah buaya

Oleskan lidah buaya sebagai cara atasi kulit melepuh
Oleskan gel lidah buaya langsung dari tanamannya

Cara mengatasi kulit melepuh juga bisa menggunakan bahan alami, seperti gel lidah buaya. Kandungan antiradang pada lidah buaya mampu menghambat peradangan sehingga diyakini dapat meredakan kulit membengkak, kemerahan, perih, dan terbakar.

Bila dioleskan ke area kulit tiba-tiba melepuh, manfaat lidah buaya dapat melembapkan dan memberikan sensasi dingin pada kulit sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya yang diambil langsung dari tanamannya, atau menggunakan produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan gel lidah buayanya 100%.

5. Gunakan minyak jarak 

Tahukah Anda kalau minyak jarak bisa digunakan sebagai cara mengobati luka lepuh secara alami? Anda cukup mengoleskan minyak jarak pada kulit melepuh, kemudian lihat efeknya. 

Pastikan Anda mencampurkan minyak jarak dengan minyak pelarut atau minyak pembawa (carrier oil) untuk mengurangi risiko iritasi yang ditimbulkan. 

Kemudian, oleskan terlebih dahulu pada salah satu area kulit tubuh untuk mengetahui efek yang ditimbulkan pada kulit Anda. 

6. Pakai bantalan 

Anda juga bisa menggunakan bantalan sebagai cara mengatasi kulit melepuh. Caranya, potong bantalan berbentuk donat dengan lubang di tengahnya. 

Kemudian, tempelkan pada area kulit yang mengelilingi lepuhan. Selanjutnya, tutup luka menggunakan perban yang longgar. 

Jika berbagai cara mengatasi kulit melepuh di atas tidak dapat memberikan hasil efektif dalam beberapa hari, segera konsultasikanlah ke dokter. 

Penanganan medis terutama diperlukan apabila Anda mengalami salah satu dari kondisi di bawah ini:

  • Kulit melepuh yang mengalami infeksi, seperti bernanah, terasa sangat nyeri, membengkak, dan tampak memerah.
  • Mengalami demam.
  • Kulit tiba-tiba melepuh disertai munculnya banyak lepuhan dan penyebabnya tidak diketahui.
  • Memiliki gangguan kesehatan yang memengaruhi peredaran darah, seperti diabetes.

Tergantung dari penyebab kulit melepuh, dokter mungkin akan memecah lepuhan kulit dengan jarum yang telah disterilisasi. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat antibiotik bila lepuhan mengalami infeksi.

Cara mencegah kulit melepuh

Ada beberapa cara mencegah kulit melepuh yang bisa Anda lakukan, terutama yang disebabkan oleh gesekan. Misalnya: 

  • Gunakan alas kaki dengan ukuran yang sesuai.
  • Pilih jenis alas kaki dari bahan yang nyaman dipakai.
  • Kenakan kaus kaki saat berolahraga sebelum memakai sepatu.
  • Gunakan sarung tangan saat melakukan aktivitas yang berpotensi menimbulkan gesekan, seperti bermain drum.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan pas di badan (tidak terlalu ketat atau longgar) saat berolahraga.
  • Oleskan bedak atau petroleum jelly ke area tubuh atau kulit yang berpotensi mengalami gesekan berulang.

Baca Juga

  • Beragam Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah Baik Secara Alami dan Medis
  • Ragam Manfaat Asam Amino Lisin yang Tak Akan Pernah Anda Sangka
  • 4 Antibiotik untuk Jerawat Membandel yang Umum Diresepkan Dokter

Pesan dari SehatQ

Kulit melepuh adalah kondisi yang umum terjadi dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, kondisi ini tetap dapat mengganggu serta menimbulkan rasa nyeri.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksakan lepuhan ke dokter kulit terdekat bila tak kunjung sembuh. 

Anda juga dapat melakukan pencegahan dengan cara selalu berhati-hati dalam beraktivitas.

Anda pun dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk menanyakan kulit melepuh tanpa sebab yang dialami. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyakit kulitluka bakarmasalah kulitpenyembuhan lukabekas luka

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved