Kulit Kepala Berjerawat Bikin Uring-Uringan, Ini Cara Mengatasinya


Kepala berjerawat terjadi karena ada radang di folikel rambut. Seseorang yang rentan berjerawat di wajah juga lebih berisiko memiliki jerawat di kulit kepala

(0)
20 Dec 2020|Azelia Trifiana
Penyebak kulit kepala berjerawatKulit kepala berjerawat memang mengganggu
Meski tidak terlihat seperti jerawat di bagian wajah, kulit kepala berjerawat bisa merusak mood seseorang sepanjang hari. Keluhan kepala berjerawat ini sangat umum terjadi, artinya sedang terjadi infeksi atau peradangan di sekitar folikel rambut.Umumnya, orang yang berjerawat di kulit kepala juga memiliki keluhan yang sama di bagian wajah. Penyebabnya beragam mulai dari iritasi, infeksi bakteri, hingga infeksi jamur.

Mengapa kulit kepala berjerawat?

Kepala berjerawat terjadi karena ada radang di folikel rambut. Seseorang yang rentan berjerawat di wajah juga lebih berisiko memiliki jerawat di kulit kepala. Ada anggapan bahwa kondisi ini berkaitan dengan keluhan ketombe, namun sebenarnya keduanya tidak berhubungan.Penyebab kulit kepala berjerawat adaah folikel rambut dan pori-pori yang tersumbat. Ini terjadi ketika sel kulit mati, minyak kulit kepala, serta bakteri masuk ke dalam pori-pori.Pada akhirnya, sel-sel ini tidak bisa meninggalkan pori-pori. Di situlah awal mula munculnya jerawat. Semakin banyak bakteri yang menginfeksi, akan kian parah pula kondisi jerawatnya.Beberapa jenis organisme yang dapat menyebabkan peradangan ini adalah:
  • Propionibacterium acnes
  • Staphylococcus epidermidis
  • Jamur
Selain itu, pori-pori di kulit kepala juga bisa tersumbat karena beberapa hal seperti:
  • Penumpukan sisa sampo atau produk perawatan rambut lainnya
  • Cara keramas kurang tepat sehingga tidak bersih
  • Jeda terlalu lama keramas setelah berkeringat
  • Mengenakan topi atau helm yang memicu gesekan dengan kulit kepala

Cara mengatasi kulit kepala berjerawat

Kunci mengatasi kepala berjerawat adalah mencegah adanya sumbatan di pori-pori kulit kepala. Artinya, penting untuk memastikan kulit kepala tetap kering dan bersih. Apabila munculnya jerawat terjadi sejak mengganti sampo atau kondisioner, bisa jadi itu juga menjadi pemicunya.Beberapa cara mengatasi kulit kepala berjerawat di antaranya:

1. Gunakan produk untuk mengatasi jerawat

Ada banyak produk yang bisa membantu mengatasi jerawat di kulit kepala. Kandungan di dalamnya biasanya berupa:
  • Asam salisilat
Kandungan yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga tidak masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan jerawat. Dibandingkan dengan benzoyl peroxide, asam salisilat kurang efektif.
  • Asam glikolat
Membantu mengangkat sel kulit mati serta membunuh bakteri.
  • Tea tree & jojoba oil
Kandungan antibakteri dalam tea tree oil dapat membantu mengatasi jerawat. Sementara jojoba oil memang tidak berfungsi mengobati jerawat. Hanya saja, menambahkannya dalam sampo dapat mengurangi peradangan akibat jerawat.

2. Obat

obat krim
Obat krim
Apabila kondisi kulit kepala berjerawat cukup parah, konsultasikan dengan dokter untuk tahu apa langkah penanganan yang tepat. Salah satu indikasi kondisi sudah cukup parah adalah jika menyebabkan kerontokan rambut.Untuk kondisi yang terus menerus berulang, dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan berupa:
  • Krim steroid
  • Antibiotik oles
  • Obat minum seperti antibiotik atau antihistamin
  • Isotretinoin untuk jerawat yang cukup parah
  • Suntik steroid

3. Mengubah pola makan

Apa yang dikonsumsi juga turut berpengaruh terhadap produksi minyak, peradangan, dan juga jerawat di kepala. Untuk membantu meredakan jerawat, batasi konsumsi makanan jenis karbohidrat. Di sisi lain, tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung:
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Asam lemak omega-3
  • Serat
  • Antioksidan
  • Zinc
Meski demikian, perlu diingat bahwa mengubah pola makan ini perlu dilakukan bersamaan dengan pengobatan lainnya. Ini tidak bisa menjadi satu-satunya cara. Apabila ada jenis makanan tertentu yang memicu munculnya jerawat, catat dan hindari konsumsinya untuk beberapa waktu.Perawatan untuk kulit kepala berjerawat umumnya akan menunjukkan hasil setelah 4-8 minggu. Pastikan selalu melihat seksama bagaimana perkembangannya untuk menghindari terulangnya siklus yang sama.Dokter umumnya akan menyarankan penggunaan sampo dan kondisioner yang lembut. Ketika keramas pun, lakukan dengan perlahan agar tidak menimbulkan luka pada jerawat. Hindari menggaruk kulit kepala atau memencet jerawat karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat luka semakin lebar.Orang yang mengalami kulit kepala berjerawat kerap merasa pusing terutama ketika tanpa sengaja bergesekan langsung. Meski menimbulkan rasa tidak nyaman, sebaiknya tunggu hingga jerawat sembuh tanpa memencetnya.

Memencet jerawat di kulit kepala hanya akan membuat kulit mengalami trauma. Infeksi yang terjadi pun bisa jadi lebih parah. Pastikan pula saat keramas lakukan secara perlahan dan lembut.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar keluhan kepala berjerawat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di .
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulit kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/scalp-acne
Diakses pada 5 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320968
Diakses pada 5 Desember 2020
Dermato Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836431/
Diakses pada 5 Desember 2020
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/diseases/acne/causes/diet
Diakses pada 5 Desember 2020
Allure. https://www.allure.com/story/scalp-acne-treatments-shampoo
Diakses pada 5 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait