Kulit Kentang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan karena Mengandung Beragam Nutrisi, Apa Saja?


Kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beragam nutrisi. Nutrisi dalam kentang utamanya yakni serat, vitamin B, kalium, serta senyawa tumbuhan flavonoid.

(0)
09 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beragam nutrisi dan zat giziKalium menjadi salah satu mineral kunci dalam kulit kentang
Kentang merupakan bahan pangan yang sudah sering dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Sebagian orang lebih suka mengonsumsi kentang dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Namun, ada pula yang tidak membuang kulit kentang dan mengonsumsinya bersama dagingnya. Ternyata, kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beragam nutrisi. Apa saja?

Kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beragam nutrisi

Kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beragam nutrisi dan zat gizi, berikut ini yang akan Anda dapatkan:

1. Serat dan protein

Kulit kentang mengandung nutrisi makro karbohidrat dan protein. Karbohidrat dalam kentang pun mengandung serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Berikut ini kandungan nutrisi makro dalam kulit kentang yang dipanggang untuk setiap 58 gramnya:
  • Karbohidrat total: 27 gram
  • Protein: 2,5 gram
  • Serat: 4,6 gram
Dari 58 gram kulit kentang di atas, kalori yang bisa didapatkan yakni sekitar 115.

2. Vitamin

Sebagai sayur-sayuran, kulit kentang juga mengandung berbagai jenis vitamin. Beberapa vitamin dalam kulit kentang (100 gram) yaitu:
  • Vitamin C (8 miligram)
  • Vitamin A (62 mikrogram)
  • Vitamin B1 (0,063 miligram)
  • Vitamin B2 (0,109 miligram)
  • Vitamin B3 (1,059 miligram)
  • Vitamin B6 (0,239 miligram)
  • Vitamin B9 (20 mikrogram)
  • Vitamin B12 (0,11 mikrogram)
Seperti yang terlihat dari daftar di atas, kulit kentang mengandung beragam jenis vitamin B. Vitamin ini berperan dalam fungsi saraf serta kesehatan organ termasuk otot, kulit, jantung, dan otak. 

3. Mineral

Kulit kentang mengandung mineral yang baik bagi tubuh
Mengonsumsi kentang dengan kulitnya dapat memberikan manfaat bagi tubuh
Selain vitamin, kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung mengandung beberapa jenis mineral. Mineral yang terdapat dalam kulit kentang (100 gram), yaitu:
  • Kalium (376 miligram)
  • Fosfor (132 miligram)
  • Kalsium (141 miligram)
  • Magnesium (25 miligram)
  • Tembaga (0,119 miligram)
  • Zinc (0,93 miligram)
  • Zat besi (0,65 miligram)
  • Selenium (5,6 mikrogram)
Kalium menjadi salah satu mineral kunci dalam kulit kentang. Kalium berperan dalam reaksi kimia di dalam tubuh – termasuk reaksi yang penting untuk metabolisme. Kalium juga terlibat dalam proses penggunaan energi, impuls saraf, dan kontraksi otot.

Kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan, apa saja?

Karena mengandung beragam nutrisi, kulit kentang pun sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat kulit kentang, termasuk:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Kulit kentang mengandung serat dengan kadar yang cukup mengesankan. Bukan rahasia lagi, serat menjadi jenis karbohidrat yang bermanfaat untuk saluran pencernaan. Serat membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit, menambah kepadatan feses, dan menyerap air untuk membuat feses lebih mudah turun melalui sistem pencernaan.

2. Memelihara kekuatan tulang

Kulit kentang mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, zinc, magnesium, kalium, dan zat besi. Mineral-mineral ini memiliki efek positif dalam pemeliharaan struktur dan kekuatan tulang. Mengonsumsi kulit kentang juga berpotensi untuk menurunkan risiko tulang keropos atau osteoporosis pada wanita pascamenopause. 

3. Mengendalikan tekanan darah dan detak jantung

Beberapa mineral dalam kulit kentang berpotensi untuk mengendalikan tekanan darah. Mineral tersebut termasuk kalium, magnesium, dan kalsium. Kalium juga terlibat dalam aktivitas sinyal listrik untuk mengendalikan detak jantung yang tidak teratur.

4. Menjaga imunitas tubuh

Selain vitamin dan mineral, kulit kentang juga mengandung senyawa khas tumbuhan flavonoid. Flavonoid memiliki efek anti-peradangan dan antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi. Jenis flavonoid spesifik dalam kulit kentang, yakni kuersetin, membantu merangsang fungsi imun, memiliki sifat antivirus, dan menghambat pelepasan histamin si pemicu reaksi alergi. 

Catatan dari SehatQ

Kulit kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beragam nutrisi, termasuk serat, vitamin, mineral, dan flavonoid. Jika Anda masih memiliki pertanyaan lanjutan terkait nutrisi dalam kulit kentang dan manfaatnya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia di Appstore dan Playstore yang memberikan informasi hidup sehat terpercaya.
vitaminnutrisiserat
Healthy Eating SF Gate. https://healthyeating.sfgate.com/benefits-eating-potato-skins-4077.html
Diakses pada 26 Oktober 2020
My Food Data. https://tools.myfooddata.com/nutrition-comparison/170093-170113/wt3-wt1/1-1
Diakses pada 26 Oktober 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/442807-the-benefits-of-eating-potato-skins
Diakses pada 26 Oktober 2020
US Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/787092/nutrients
Diakses pada 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait