Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Minyak kayu putih bisa meredakan gatal dan bentol pada kulit akibat alergi dingin
Gatal dan bentol bisa menandakan alergi dingin

Ketika tubuh anak bersentuhan dengan sesuatu yang dingin, dan bereaksi sangat negatif, maka hal ini menandakan alergi dingin.

Alergi dingin timbul akibat reaksi kulit terhadap udara dingin, air dingin, benda yang dingin, dan makanan maupun minuman yang dingin.

Akan tetapi, alergi dingin yang paling umum terjadi yaitu karena udara dingin. Reaksi tersebut biasanya menyebabkan kulit terasa gatal, bentol-bentol, dan kemerahan, yang berlangsung kurang dari 24 jam.

Tanda-tanda Alergi Dingin

Berikut ini 4 tanda alergi dingin dan alergi udara, yang mungkin terjadi pada anak Anda.

1. Gatal dan Bentol-bentol

Ini merupakan tanda yang paling umum terjadi pada alergi dingin. Jika anak Anda alergi dingin, maka kulitnya akan terasa gatal. Selain itu, timbul pula bentol-bentol dengan ukuran bervariasi.

Kulit yang gatal dan berbentol, dapat pula menjadi bengkak. Jangan biarkan anak Anda menggaruknya. Sebab, garukan dapat menyebabkan kulit anak Anda iritasi dan terinfeksi.

2. Kulit Kemerahan

Tak hanya kemerahan di pipi, bagian-bagian tubuh lain yang terpapar dingin, dapat juga menjadi kemerahan. Jika anak Anda alergi dingin, maka area tubuhnya yang terkena dingin dapat menjadi kemerahan.

Kemerahan tersebut belum tentu hilang, meski anak langsung dibawa ke tempat yang hangat.

3. Pusing

Jika mengalami alergi dingin yang parah, maka anak dapat merasa pusing. Pusing karena alergi dingin biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Tak hanya itu, pusing yang berhubungan dengan alergi dingin juga dapat berbahaya, terutama bila anak Anda mengalaminya saat berenang. Kondisi ini bisa menyebabkan kebingungan.

4. Tangan Bengkak

Tangan bengkak merupakan gejala yang umumnya terjadi akibat alergi udara dingin. Akan tetapi, hal ini tak terbatas pada udara dingin saja, dan dapat terjadi bila anak memegang kemasan minuman dingin.

Oleh sebab itu, tangannya akan bengkak dan gatal. Alergi dingin dapat berkembang setelah anak terpapar virus atau penyakit lain.

Bahkan alergi dingin juga dapat diturunkan, dan terjadi di dalam keluarga. Apabila salah satu anak mengalami alergi dingin, maka anak Anda yang lain juga berpotensi mengalaminya.

Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Alergi Dingin

Gejala alergi dingin, terutama gatal dan bentol-bentol di kulit, dapat diatasi dengan menggunakan minyak kayu putih, losion kalamin atau bedak salisil. Ketiganya dapat meredakan rasa gatal dan, bentol-bentol yang anak Anda rasakan.

Anda juga dapat mengoleskan produk yang mengandung phenol, camphor, menthol, diphenhydramine, pramoxine, dan benzocaine pada kulit yang gatal dan bentol akibat alergi dingin.

Cara Alami untuk Hilangkan Gatal Akibat Alergi Dingin

Selain itu, ada cara alami yang bisa Anda coba, yaitu dengan mencampurkan oatmeal bubuk dan air yang digunakan untuk berendam. Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan, yang dapat meredakan gatal akibat alergi dingin.

Baking soda juga berfungsi sebagai antiperadangan, untuk menenangkan kulit anak Anda yang gatal, dan berbentol karena alergi dingin. Gunakan baking soda sebagai pasta oles, atau campurkan dengan air untuk berendam.

Obat minum seperti antihistamin pun dapat menjadi pilihan. Antihistamin tak hanya membantu meredakan gatal, tapi menyebabkan kantuk. Sehingga, anak tidak akan menggaruk kulit yang gatal dan bentol.

Anda dapat melakukan tindakan pencegahan bagi anak agar terhindar dari alergi dingin, dengan memberikan pakaian yang tebal dan hangat saat pergi ke luar ruangan. Selain itu, hindarkan dari paparan AC.

Bustle. https://www.bustle.com/articles/128751-5-signs-youre-allergic-to-the-cold-no-really Diakses pada 29 April 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/yes-you-really-can-be-allergic-to-the-cold/amp/
Diakses pada 29 April 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/itch/article.htm#is_it_possible_to_prevent_itching
Diakses pada 29 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-allergy-home-remedy#remedies
Diakses pada 29 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed