Kulit Dehidrasi Perlu Diwaspadai, Ini Cara Mengatasinya

(0)
28 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kulit dehidrasi terjadi akibat kekurangan cairan tubuhKulit dehidrasi bisa tampak kusam dan kering
Tahukah Anda jika kulit juga bisa mengalami dehidrasi? Dehidrasi kulit adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan. Masalah ini bisa menyebabkan kulit kering, gatal, dan terlihat kusam.Warna kulit secara keseluruhan pun tampak tidak rata dan garis-garis halus bahkan lebih mencolok. Meski kulit dehidrasi bisa mengganggu penampilan, beragam perawatan untuk mengatasinya relatif mudah dilakukan, mulai dari dari dalam tubuh hingga ke luar.

Perbedaan kulit dehidrasi dan kulit kering

Kulit dehidrasi sering kali disamakan dengan kulit kering. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Berikut perbedaan kulit dehidrasi dan kulit kering:
  • Pengertian

Kulit kering merupakan jenis kulit, sedangkan kulit dehidrasi merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh. Keduanya merupakan hal yang berbeda. 
  • Penyebab

Kulit dehidrasi terjadi akibat kekurangan cairan, sedangkan kulit kering kekurangan minyak alami (sebum). Ketika memiliki kulit kering, kelenjar sebasea (minyak) Anda tidak mampu menghasilkan minyak alami untuk kulit yang memadai.
  • Faktor pemicu

Tidak minum cukup air bisa sebabkan kulit dehidrasi
Kulit kering juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasari, misalnya hipotiroidisme. Sedangkan dehidrasi kulit terjadi akibat tidak minum cukup air, sering buang air kecil, atu terlalu banyak berkeringat saat berolahraga.
  • Tanda-tanda

Kulit kering ditandai dengan kulit bersisik, kemerahan, serpihan putih, dan iritasi. Berbeda dengan kulit dehidrasi yang dapat menyebabkan gejala berupa rasa gatal, kusam, lingkaran gelap di bawah mata, mata cekung, serta muncul atau meningkatnya garis-garis halus dan kerutan pada permukaan kulit.

Bagaimana cara mengetahui kulit dehidrasi?

Cara mengetahui kulit dehidrasi cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan tes sederhana dengan mencubit sebagian kecil kulit di sekitar pipi dan remas perlahan. Jika Anda melihat ada kerutan dan kulit tidak pulih kembali setelah dilepaskan, maka kemungkinan kulit Anda mengalami dehidrasi. Selain melakukan tes tersebut, berkonsultasi pada dokter kulit atau ahli kecantikan juga dapat membantu Anda mengetahuinya.Pada kasus dehidrasi yang parah, gejala-gejala lain juga bisa muncul, seperti pusing, mulut kering, pusing, lemas, jarang buang air kecil, urine berwarna gelap, bahkan pingsan.

Cara mengatasi kulit dehidrasi

Dehidrasi kulit umumnya dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut adalah sejumlah contoh yang bisa Anda ikuti.
  • Minum lebih banyak air putih

Minum air putih dapat membantu kulit terhidrasi kembali. Anda bisa mencoba minum sekitar 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, kebutuhan tubuh bisa lebih dari itu, tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas Anda. Selain itu, di sela-sela maupun setelah berolahraga jangan lupa pula untuk minum.
  • Mengonsumsi asupan yang mengandung air

Semangka mengandung banyak air
Makan sayur dan buah yang kaya akan air, seperti seledri dan semangka, dapat menghidrasi kulit. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga bisa membantu merawat kulit.
  • Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein bisa membuat kulit semakin dehidrasi sehingga Anda harus menghindarinya. Di samping itu, berhenti merokok juga dianjurkan karena tidak baik bagi kesehatan kulit.
  • Mengonsumsi sup

Jika Anda mengalami dehidrasi karena sakit, pastikan Anda minum cairan hangat, seperti sup atau kaldu, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. 
  • Menggunakan bahan alami 

Anda dapat menghidrasi kulit dari luar dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya dan madu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk yang mengandung asam laktat atau asam sitrat.Apabila  dehidrasi yang dialami tergolong berat, kondisi ini dapat diatasi dengan mendapat cairan infus. Menjaga kulit tetap terhidrasi bisa memperkuat dan memperbaiki fungsi pelindungnya, meminimalisir tanda-tanda penuaan, serta menghasilkan kulit yang lebih halus dan merata.Jika Anda merasa mengalami dehidrasi kulit yang dirasa mengganggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter kulit. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar dehidrasi kulit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit keringdehidrasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/dehydrated-skin#treatment
Diakses pada 14 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/dry-vs-dehydrated#Dehydrated-skin-and-dry-skin-need-different-treatments
Diakses pada 14 Oktober 2020
GQ. https://www.gq.com/story/how-to-fix-dehydrated-skin
Diakses pada 14 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait