Kuku Bergelombang Ternyata Bisa Tandakan Penyakit

(0)
28 May 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kuku bergelombang bisa tandakan berbagai penyakitKuku bergelombang bisa berbahaya bisa tidak
Penampakan kuku bisa menjelaskan banyak soal kondisi kesehatan Anda. Berbagai kondisi mulai dari stres, diabetes, hingga penyakit ginjal, bisa menyebabkan perubahan pada kuku. Selain dari segi warna, perubahan yang paling sering terjadi adalah dari segi bentuk, seperti kuku bergelombang.Kuku yang bergelombang vertikal biasanya bukanlah suatu masalah. Namun, jika kuku bergelombang ke arah horizontal, sebaiknya Anda mulai memeriksa gejala-gejala penyakit lain yang mungkin dirasakan tubuh. Sebab, kondisi ini bisa jadi ciri beberapa penyakit berbahaya yang perlu segera dirawat.

Lebih jauh tentang penyebab kuku bergelombang

Coba perhatikan tangan Anda sekarang dan lihat bentuk kukunya. Jika kuku bergelombang, maka Anda perlu lihat lagi arah gelombangnya, vertikal atau horizontal? Hal ini penting diperhatikan sebab bentuk, warna, dan kondisi kuku Anda bisa menggambarkan suatu gangguan yang sedang dialami oleh tubuh.Meski begitu, tidak semua perubahan kuku pasti berbahaya. Berikut ini penjelasan lebih lengkap seputar penyebab kuku bergelombang.

1. Penyebab kuku bergelombang vertikal

Seringkali, kuku yang bergelombang vertikal disebabkan oleh proses penuaan. Saat usia bertambah, proses pergantian sel di tubuh, termasuk sel kulit yang ada di bawah kuku, akan melambat. Akibatnya, tekstur kulit di bawah kuku jadi tidak rata karena banyak tempat yang tak terisi oleh sel-sel baru. Hal ini membuat permukaan kuku pun ikut tidak rata atau bergelombang.Selain penuaan, kuku yang bergelombang secara vertikal juga bisa menjadi pertanda beberapa penyakit di bawah ini.Biasanya, kuku bergelombang yang merupakan pertanda penyakit, juga akan disertai perubahan lainnya. Pada anemia misalnya, selain terlihat bergelombang vertikal, kuku juga akan timbul cekungan-cekungan. Lalu pada penyakit lainnya, kuku juga bisa berubah jadi rapuh dan mudah patah.

2. Penyebab kuku bergelombang horizontal

Gelombang horizontal pada kuku juga bisa disebut sebagai Beau’s line. Kuku dengan gelombang horizontal umumnya menandakan penyakit yang lebih berbahaya di tubuh, seperti:Jika munculnya gelombang horizontal di kuku juga disertai dengan munculnya bercak kecokelatan atau kemerahan dan Anda tidak mengalami benturan sebelumnya, maka kondisi ini bisa saja menandakan adanya infeksi jantung (endokarditis) atau melanoma. Perawatan kemoterapi juga bisa memicu munculnya Beau’s line.Selain penyebab-penyebab yang spesifik seperti yang telah disebutkan di atas, kondisi lain seperti psoriasis dan eksim juga bisa berpengaruh pada kondisi kuku. Benturan keras serta gangguan pencernaan seperti penyakit Chron dan penyakit celiac juga mungkin membuat kuku jadi bergelombang.

Cara mengobati kuku bergelombang

Karena kuku bergelombang adalah tanda adanya penyakit lain di tubuh, maka cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan mengobati kondisi yang mendasarinya. Jadi misalnya Anda memiliki kuku bergelombang karena diabetes, maka agar kuku bisa terlihat kembali normal, Anda perlu menjaga kadar gula darah.Sementara itu, jika kuku bergelombang disebabkan oleh eksim, Anda bisa menggunakan pelembap maupun salep yang diberikan dokter untuk meredakan gejala eksim yang muncul. Anda pun disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi, apabila kuku bergelombang yang muncul disebabkan oleh kekurangan nutrisi di tubuh.Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan langsung agar tampilan kuku bergelombang bisa berkurang dan kuku terlihat lebih sehat. Untuk menjaga kesehatan kuku secara keseluruhan, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.
  • Hilangkan kebiasaan menggigit kuku
  • Rutin memotong kuku menggunakan alat yang benar
  • Biasakan untuk tidak menggunakan sepatu yang terlalu sempit, untuk menjaga kuku kaki tetap sehat
  • Menjaga kuku agar tetap pendek dan tidak sering menggunakan cat kuku, agar kuku tidak rapuh,
  • Mengoleskan krim pelembap ke kuku setelah mandi

Catatan dari SehatQ

Kuku bergelombang bisa jadi cerminan kondisi kesehatan, seperti sebagai penanda proses penuaan, adanya kekurangan nutrisi, hingga penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit ginjal akut. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kesehatan kuku lebih jauh.Apabila kuku sudah mulai terlihat berubah bentuk, warna, dan rapuh, mungkin sudah saatnya Anda mengunjungi dokter untuk memeriksakan secara pasti penyebab kondisi tersebut. Kuku Anda akan bisa kembali ke bentuk semula apabila penyakit pemicunya diobati dengan baik.
kukujamur kuku
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319867
Diakses pada 13 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/ridges-in-fingernails
Diakses pada 13 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/nails/faq-20058541
Diakses pada 13 Mei 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/003247.htm
Diakses pada 13 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait