Krim Tartar, Bumbu Dapur yang Menawarkan Manfaat Kesehatan

(0)
06 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cream tartar adalah bumbu dapur yang ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.Sering digunakan sebagai bumbu dapur, cream tartar juga memiliki banyak manfaat kesehatan.
Cream tartar (krim tartar) adalah bumbu dapur yang populer digunakan dalam berbagai macam resep. Krim yang juga dikenal sebagai kalium bitartrat ini adalah asam tartarat berbentuk bubuk yang banyak ditemukan pada tanaman atau tercipta selama proses pembuatan anggur merah.Meski sering digunakan dalam pembuatan kue, belum banyak yang tahu kalau krim tartar memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan?

Manfaat krim tartar untuk kesehatan

Krim tartar mengandung berbagai macam nutrisi penting. Maka tidak mengherankan kalau berbagai manfaat krim tartar di bawah ini sangat baik untuk kesehatan.

1. Bernutrisi tinggi

Ada banyak kandungan nutrisi yang dimiliki krim tartar. Di dalam 100 gram krim tartar, terdapat berbagai nutrisi berikut:
  • Karbohidrat: 61,5 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Kalsium: 8 miligram
  • Zat besi; 3,72 miligram
  • Magnesium: 2 miligram
  • Fosfor: 5 miligram
  • Kalium: 16.500 miligram
  • Natirum: 52 miligram
  • Zinc: 0,42 gram
  • Tembaga: 0,2 miligram
  • Mangan: 0,21 miligram
  • Selenium 0.002 miligram.
Berbagai nutrisi di atas dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, misalnya kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

2. Membantu Anda berhenti merokok

Mengonsumsi krim tartar yang dikombinasikan dengan jus jeruk dianggap mampu membantu Anda berhenti merokok. Campuran ini dipercaya dapat membuat rasa rokok menjadi tidak sedap di mulut.

3. Meredakan gejala infeksi saluran kemih

Krim tartar dapat mengubah kadar pH di dalam urine sehingga krim ini dipercaya dapat meredakan gejala infeksi saluran kemih. Perubahan kadar pH di dalam urine itu membuat bakteri tidak bisa berkembang.

4. Meredakan gejala jerawat

Krim tartar mengandung senyawa antiracun dan antibakteri. Menurut sebuah riset, mengonsumsinya dalam porsi kecil dapat membantu Anda dalam meredakan gejala jerawat yang mengganggu.

5. Meredakan gejala nyeri ulu hati

Sama seperti soda kue, mengonsumsi krim tartar dalam porsi yang kecil dipercaya dapat meredakan gejala nyeri ulu hati. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat krim tartar ini.

6. Meredakan radang sendi

Radang sendi atau artritis adalah peradangan kronis pada persendian yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebagai solusinya, mengombinasikan krim tartar dengan garam Epsom dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada persendian Anda.Anda dapat mengoleskan langsung ke bagian sendi yang terasa nyeri atau berendam di dalam campuran air, krim tartar, dan garam Epsom.

7. Meredakan gejala edema

Edema adalah pembengkakan yang terjadi akibat terperangkapnya kelebihan cairan di dalam jaringan tubuh. Meskipun edema dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, kondisi ini paling sering menyebabkan pembengkakan pada tangan, kaki, hingga pergelangan kaki.Krim tartar memiliki sifat diuretik, yang artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih. Inilah sebabnya mengapa krim tartar dipercaya dapat meredakan gejala edema.Sebelum menggunakan krim tartar sebagai obat diuretik alami, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

8. Menurunkan berat badan

Ada pula anggapan yang menyatakan bahwa mengonsumsi krim tartar dengan susu dapat membantu menurunkan berat badan. Bukti ini didasari oleh fakta bahwa krim tartar memiliki sifat diuretik.Beberapa manfaat krim tartar di atas belum didukung oleh penelitian ilmiah yang mencukupi. Berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mengonsumsinya.

Risiko krim tartar yang perlu diwaspadai

Terdapat berbagai risiko mengonsumsi krim tartar yang perlu diwaspadai, seperti:
  • Hiperkalemia

Hiperkalemia adalah kondisi medis yang terjadi saat tubuh mengalami kelebihan kalium. Hal ini bisa disebabkan oleh krim tartar yang tinggi akan kandungan kalium.Ditambah lagi kalau Anda punya masalah ginjal, yang bisa menyebabkan ginjal sulit menyaring kelebihan kalium. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah jantung.
  • Dehidrasi

Krim tartar bersifat diuretik sehingga mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan. Kondisi ini bisa memicu dehidrasi.

Catatan dari SehatQ

Meskipun krim tartar dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Apalagi jika Anda ingin mengonsumsinya untuk mengobati penyakit tertentu.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cream-of-tartar-substitutes#:~:text=Cream%20of%20tartar%20is%20a,formed%20during%20the%20winemaking%20process.
Diakses pada 23 Desember 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/cream-of-tartar.html
Diakses pada 23 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/edema/symptoms-causes/syc-20366493#:~:text=Edema%20is%20swelling%20caused%20by,%2C%20feet%2C%20ankles%20and%20legs.
Diakses pada 23 Desember 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/269198-side-effects-of-consuming-cream-of-tartar/
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait