Mengenal Krav Maga, Bela Diri dari Israel dan Teknik Dasarnya


Krav maga atau dikenal sebagai contact combat, adalah sistem pertahanan diri yang digunakan oleh tentara Israel dalam menghadapi pertarungan jarak dekat.

0,0
20 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Krav maga adalah bela diri untuk menghadapi pertarunagn jarak dekatKrav maga merupakan bela diri asal Israel
Krav maga, nama olahraga bela diri asal Israel, belakangan kian digandrungi dan dipelajari oleh banyak orang. Salah satu daya tariknya ialah gerakan yang sederhana tapi efektif merobohkan lawan ,sehingga bisa dijadikan alat pertahanan diri saat menghadapi tindak kriminal yang mengancam harta dan nyawa.Krav maga, atau dikenal sebagai contact combat, adalah sistem pertahanan diri yang digunakan oleh tentara Israel untuk menghadapi pertarungan jarak dekat. Sistem ini pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-19 dan terus berkembang hingga menemukan bentuk pakemnya pada 1940-an.Sebagai olahraga bela diri, gerakan-gerakan dalam krav maga dirancang khusus agar mudah dipelajari, mudah dilakukan, dan mudah untuk dipraktikkan dalam kehidupan nyata. Tak pelak, banyak orang menganggap krav maga sebagai salah satu sistem pertahanan diri paling efektif di dunia.

Krav maga menghalalkan segala cara dalam bertarung?

Dalam krav maga, Anda akan diajarkan untuk menghadapi pertarungan jalanan secara nyata dan praktis sesuai kondisi di lapangan. Tentu, prinsip pertama yang harus Anda ingat dalam setiap olahraga bela diri adalah sebisa mungkin menghindari perkelahian.Meskipun demikian, jika pertarungan tidak terhindarkan, maka Anda terpaksa melakukan segala cara demi membela diri sendiri. Dengan kata lain, sah saja bagi Anda untuk menendang selangkangan si penyerang, mencekik, mencolok mata, head butt, menggigit leher, hingga memukul kepalanya hingga ia tidak sadarkan diri.Nah, cara untuk melakukan hal-hal tersebut dalam situasi terdesak inilah yang akan diajarkan di krav maga. Pada prinsipnya, Anda harus melakukan gerakan yang cepat dan tepat serta mampu membaca situasi serta memanfaatkan segala sumber daya yang ada di lingkungan.Dalam krav maga, Anda juga akan mempelajari cara efektif menghadapi penyerang dengan fisik yang jauh lebih besar dari Anda. Hal ini membuat krav maga cocok dipelajari oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, wanita, orang dewasa dengan keterbatasan fisik tertentu, hingga orang tua.Krav maga pun akan mengajari Anda cara bertahan dengan tangan kosong. Dengan teknik yang tepat, bertarung tanpa senjata pun bisa membuat Anda melucuti penyerang yang menggunakan senjata tajam atau batuk, bahkan senjata api dan granat sekalipun.

Teknik dasar krav maga

Jika sama sekali belum pernah belajar krav maga, sebaiknya carilah kelas olahraga bela diri ini agar Anda dapat dibimbing oleh instruktur berpengalaman. Sebagai pemula, jangan mencoba belajar hanya dari Youtube, media sosial, atau buku untuk menghindari terjadinya kesalahan teknik dasar yang mungkin mengakibatkan Anda cedera.Sebagai gambaran, teknik dasar yang akan Anda pelajari saat berlatih krav maga adalah sebagai berikut ini.

1. Kuda-kuda

Kuda-kuda adalah posisi awal tubuh sebelum Anda melakukan gerakan krav maga. Kuda-kuda yang baik akan membuat Anda memiliki keseimbangan dan fondasi untuk melancarkan serangan fatal dan ampuh untuk merobohkan lawan.Berikut ini cara melakukan kuda-kuda dalam krav maga.
  • Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu.
  • Jika Anda tidak kidal, posisikan kaki kiri di depan (jika kidal, kaki kanan). Pastikan kaki terlihat berjarak lebar dilihat dari depan maupun samping.
  • Posisikan jari-jari kaki Anda mengarah ke depan.
  • Tekuk lutut dan angkat sedikit tumit belakang Anda dari lantai.
  • Angkat tangan Anda di depan wajah dengan siku masuk.
  • Angkat dagu dan angkat bahu sedikit dalam postur "kura-kura".
Saat Anda bergerak dalam posisi ini, selalu pastikan kaki tidak menyilang maupun menyatu, sekalipun jika bergerak dengan sangat cepat.Untuk maju, kaki belakang mendorong dan kaki depan melangkah terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti dengan langkah kecil menggunakan kaki belakang untuk kembali ke posisi bertarung. Jika ingin mundur, melangkahlah dengan kaki belakang terlebih dahulu.Untuk melangkah ke samping, posisikan kaki kiri terlebih dahulu. Akhiri dengan melangkah ke kanan, gerakkan kaki kanan terlebih dahulu, tetapi selalu kembali ke posisi kuda-kuda yang seimbang.

2. Serangan lutut

Gerakan ini dapat digunakan untuk menyerang lawan dengan cara menendang ke bagian selangkangan menggunakan lutut Anda. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
  • Lakukan kuda-kuda, kemudian lakukan serangan lutut dengan kaki belakang (atau kaki kanan jika Anda tidak kidal).
  • Angkat kaki dari tanah, tekuk kaki sepenuhnya dan selipkan tumit ke selangkangan lawan saat Anda mendorong lutut ke atas dan ke depan dalam garis lurus. Pusatkan kekuatan di pinggul Anda setelah serangan lutut dimulai.
  • Segera mundurkan kaki, kemudian kembali ke posisi kuda-kuda.

3. Serangan tumit telapak tangan

Tumit telapak tangan adalah area di batas telapak dengan pergelangan tangan yang teraba keras dan bisa digunakan untuk memukul wajah lawan. Cara melakukan gerakan dalam krav maga ini adalah sebagai berikut ini.
  • Posisikan kuda-kuda dengan tangan ke atas
  • Gunakan tangan kiri (jika Anda tidak kidal) ke depan dalam satu garis lurus dari wajah Anda.
  • Dekatkan tangan Anda yang tidak meninju ke depan wajah untuk perlindungan.
  • Putar bahu dan pinggul sisi yang sama untuk menghasilkan tenaga.
  • Segera setelah Anda mendorong tangan keluar, segera kembalikan ke wajah Anda.
  • Kunci serangan ini adalah gerakan yang cepat dan bertenaga sehingga menghasilkan efek yang fatal bagi lawan.

4. Tendangan depan

Jika lawan berada di jarak yang cukup jauh, gerakan krav maga ini ampuh untuk menghalaunya agar tidak mendekati Anda. Kuncinya adalah menyerang menggunakan tulang kering, tepatnya dengan cara ini.
  • Mulai dari kuda-kuda dengan posisi kaki direntangkan selebar bahu.
  • Gerakkan lutut ke atas dan ke depan seperti yang Anda lakukan saat melakukan serangan lutut.
  • Setelah lutut Anda mencapai ketinggian puncaknya, biarkan kaki bagian bawah terbuka dengan gerakan mencambuk dan jaga agar jari-jari kaki tetap lancip.
  • Segera mundur dan kaki ke belakang mendarat dalam posisi kuda-kuda.
Bagaimana, tertarik untuk belajar krav maga?Untuk mengetahui cara mengantisipasi maupun mengatasinya risiko cedera akibat melakukan Latihan krav maga, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragamenjaga kesehatan
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/fit-safe-krav-maga-86032
Diakses pada 7 November 2020
Israeli Krav Maga. https://www.israelikrav.com/about-krav-maga
Diakses pada 7 November 2020
Krav Maga. https://www.kravmaga.com/7-things-every-beginner-should-know-about-krav-maga/
Diakses pada 7 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait