Kram Perut Sebelah Kiri dan 6 Penyebab yang Harus Diketahui

(0)
29 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kram perut sebelah kiri bisa terjadi akibat pembengkakan ususKram perut sebelah kiri dapat muncul karena berbagai sebab
Kram perut sebelah kiri mungkin akan membuat Anda merasa panik, apalagi bila kondisi itu terjadi berulang kali. Bila intensitas nyeri yang Anda rasakan sudah tidak tertahankan, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar segera diobati berdasarkan penyebabnya.Kram perut adalah rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang Anda rasakan di sekitar area perut. Secara khusus, perut bagian kiri manusia terdiri atas ujung usus besar dan rahim bagian kiri pada wanita, sehingga rasa kram atau nyeri mungkin menandakan masalah di bagian-bagian tersebut.Mayoritas kondisi ini tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya dalam 1-2 hari, seperti konstipasi, sakit perut, virus perut, maupun kram menstruasi (pada wanita). Kendati demikian, tidak jarang juga kram perut menandakan gejala penyakit yang serius.

Kram perut sebelah kiri yang berbahaya bisa terjadi akibat kondisi ini

Kram perut sebelah kiri dapat terjadi karena banyak hal, antara lain gas yang terperangkap, intoleransi laktosa, divertikulitis, pankreatitis kronis, endometriosis, dan hernia inguinal.

1. Gas yang terperangkap

Gas yang tertelan ketika minum, makan, merokok, atau mengunyah permen karet, dapat terperangkap di saluran cerna sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman hingga kram perut sebelah kiri.Untungnya, masalah yang bisa diidap oleh berbagai kalangan usia, dari bayi hingga lansia ini, tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri ketika gas keluar dari rektum (melalui kentut) atau esofagus (ketika sendawa).Meskipun demikian, jika gas yang terperangkap ini tidak tidak kunjung keluar sehingga menimbulkan gejala sampingan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Gejala yang dimaksud adalah:

2. Intoleransi laktosa

Kram perut sebelah kiri bisa muncul akibat intoleransi laktosa
Intoleransi laktosa terjadi ketika saluran pencernaan kekurangan enzim laktase. Kondisi tersebut akan membuat tubuh kesulitan mencerna susu atau produk turunannya, seperti keju maupun yogurt.Selain kram perut sebelah kiri, gejala yang biasanya muncul akibat intoleransi laktosa adalah:
  • Diare atau feses encer
  • Perut terasa kembung dan berbunyi
  • Nyeri karena tertekan oleh gas yang terperangkap
  • Mual

3. Divertikulitis

Ini adalah salah satu penyebab kram perut sebelah kiri yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Diverkulitis terjadi akibat kantung divertikula pada usus besar yang bengkak dan meradang, sehingga mengakibatkan rasa nyeri di perut, terutama ketika atau sesaat setelah makan.Diverkulitis biasanya juga ditandai dengan gejala seperti:
  • Perut melunak
  • Perut kembung
  • Demam
  • Mual dan muntah

4. Pankreatitis kronis

Pankreas adalah organ yang terletak di belakang perut dan berfungsi membantu saluran pencernaan untuk mencerna makanan. Pankreatitis kronis terjadi ketika pankreas meradang sehingga menimbulkan rasa nyeri hebat yang berulang-ulang.Pankreatitis ditandai dengan nyeri yang dimulai di perut bagian kiri lalu menjalar ke punggung. Nyeri ini seringkali muncul setelah makan dan kian parah akibat merokok atau mengonsumsi minuman alkohol. Namun, hal tersebut bisa juga muncul begitu saja.

5. Endometriosis

Endometriosis bisa menimbulkan kram perut sebelah kiri
Kram perut sebelah kiri ini hanya dialami oleh wanita. Endometriosis terjadi karena jaringan rahim yang tumbuh di luar kandungan, sehingga mengakibatkan nyeri perut dan kemungkinan masalah infertilitas.Selain kram perut, endometriosis juga bisa memunculkan gejala berupa:
  • Kram menstruasi yang kian parah
  • Darah menstruasi yang berlebihan
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Nyeri ketika sakit perut atau buang air kecil
  • Keluar darah (spotting) saat tidak sedang menstruasi

6. Hernia inguinal

Hernia inguinal adalah gumpalan lemak atau bagian usus yang menembus dinding perut dan akan muncul benjolan di selangkangan. Kondisi ini kebanyakan terjadi pada pria, meski sebagain kecil wanita juga pernah mengalaminya.Hernia inguinal ditandai dengan benjolan di sekitar perut bagian bawah, yang bisa menghilang ketika Anda berbaring. Ketika Anda mengangkat barang, batuk, atau berolahraga, benjolan ini bisa muncul diiringi dengan kram perut sebelah kiri.Jangan ragu untuk memeriksakan hernia inguinal ke dokter, terutama bila disertai:
  • Benjolan yang terlihat memerah dan terasa sakit ketika disentuh
  • Kesulitan buang angin
  • Mual dan muntah
  • Demam
Kram perut sebelah kiri yang Anda alami mungkin juga bukan disebabkan oleh keenam faktor di atas. Untuk memastikannya, Anda harus periksa ke dokter.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang bahaya kram perut sebelah kiri, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herniasakit perutperutendometriosisperut kembung
WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/guide/abdominal-pain-causes-treatments
Diakses pada 16 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-in-lower-left-abdomen
Diakses pada 16 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320069
Diakses pada 16 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/chronic-pancreatitis/
Diakses pada 16 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait