Apakah Kosmetik Kedaluwarsa Masih Bisa Dipakai?


Apakah kosmetik kedaluwarsa masih bisa dipakai? Tentu, kecuali yang berbentuk cairan dan kerap dipakai berulang. Kelaikan pakai makeup expired juga ini bergantung pada jenis hingga cara penyimpanannya.

0,0
21 Jul 2021|Azelia Trifiana
Beberapa kosmetik masih bisa digunakan setelah lewat tanggal kedaluwarsaBeberapa kosmetik masih bisa digunakan setelah lewat tanggal kedaluwarsa
Melihat tumpukan makeup di meja rias, mungkin pernah ada pertanyaan apakah kosmetik kedaluwarsa masih bisa dipakai? Terlebih jika saat membelinya dulu perlu merogoh kocek cukup dalam namun jarang dipakai karena lebih banyak berada di rumah.Makeup expired ini bergantung pada jenis hingga cara penyimpanannya. Selain itu, jenis kosmetik yang digunakan juga masuk pertimbangan.

Aturan penggunaan makeup expired

Jelas bahwa makeup sangat mungkin kedaluwarsa. Hanya saja, berapa lama rentang waktunya bisa berbeda-beda. Sebagai panduan apakah kosmetik kedaluwarsa masih bisa dipakai atau tidak, berikut aturannya:
  • Kosmetik yang belum dibuka

Tanggal kedaluwarsa yang tertulis di kemasan kosmetik adalah panduan berapa lama rentang aman penggunaannya setelah dibuka. Secara umum, apabila kosmetik disimpan di tempat yang kering dan sejuk, maka bisa bertahan hingga dua sampai tiga tahun.Namun, produk dengan konsistensi creamy dan mengandung minyak atau butter bisa saja kedaluwarsa lebih cepat. Sebab, minyak cenderung lebih cepat tengik.Selain itu, produk makeup alami tanpa pengawet juga bisa kedaluwarsa meski dalam kondisi tersegel.Perlu diingat bahwa seluruh bahan yang mengawetkan kosmetik bisa menurun kualitasnya seiring dengan bertambahnya waktu. Bahkan meski produk tidak dibuka sama sekali, sebaiknya tidak menyimpannya lebih lama dari tiga tahun.
  • Akurasi tanggal kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan disebut juga dengan Period After Opening (PAO). Biasanya, berupa huruf “M” diikuti dengan angka. Ini merupakan indikasi berapa lama rentang waktu penggunaan sejak dibuka dan kedaluwarsa.Sebenarnya meski telah melewati tanggal PAO, makeup expired masih aman digunakan. Hanya saja, performa dan fungsinya tak akan maksimal. Sebagai contoh, kosmetik seperti lip liner atau eyeliner berbahan pensil bisa tahan lebih lama karena diraut.Untuk menjaga agar masa pakai kosmetik lebih tahan lama, pastikan selalu mencuci tangan sebelum menggunakannya, mencuci bersih kuas, dan hindari berbagi dengan orang lain.Secara umum, kosmetik kedaluwarsa masih bisa dipakai bergantung pada jenisnya. Penjelasannya adalah:
  • Lipstick: 18-24 bulan
  • Lip gloss: 12-18 bulan
  • Foundation & concealer: 12-18 bulan
  • Maskara: 3-6 bulan
  • Eyeliner cair: 3-6 bulan
  • Produk krim: 12-18 bulan
  • Produk bubuk: 12-18 bulan

Cara identifikasi makeup expired

Idealnya, semua kosmetik memiliki simbol Period After Opening (PAO) dengan logo jar terbuka dan huruf “M”. Simbol ini menandakan berapa lama periode aman penggunaan kosmetik sejak pertama kali dibuka. Oleh sebab itu, akan sangat membantu apabila Anda ingat kapan membukanya.Sebagai contoh, maskara dan eyeliner cair mungkin memiliki PAO lebih singkat yaitu 6M atau enam bulan. Sementara produk seperti lipstick mungkin memiliki PAO hingga 24M atau 12 bulan.Bagaimana jika tidak ada simbol PAO? Mungkin saja terletak di kemasan aslinya dan sudah terbuang. Namun, ada beberapa cara mengidentifikasi apakah kosmetik sudah kedaluwarsa atau belum:
  • Cium aromanya, apabila ada aroma tengik atau bau kurang sedap, segera buang
  • Lihat apakah ada perubahan warna
  • Perhatikan teksturnya apakah mengalami perubahan seperti lebih keras atau kering
  • Lihat apakah produk terpisah dari kontainernya (untuk foundation)
  • Aplikasikan di kulit, segera bilas apabila terasa berbeda

Bahaya menggunakan makeup expired

Salah satu indikasi makeup expired biasanya tampak pecah-pecah dan kering. Jangan pernah menambahkan air bahkan liur untuk membuatnya kembali lembap. Sebab, ini adalah pintu masuk bercampurnya bakteri.Apabila kosmetik sudah terkena bakteri, maka bisa menimbulkan masalah seperti jerawat, ruam, hingga infeksi mata. Paling penting, jangan menggunakan kosmetik mata melewati masa kedaluwarsa karena bisa berbahaya.Jenis kosmetik yang kerap dipakai berulang seperti eyeliner dan foundation juga lebih rentan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab infeksi.Lebih jauh lagi, ada dua jenis kosmetik yang sebaiknya segera dibuang yaitu foundation dan maskara. Ketika sudah dibuka, terpapar udara, maka bakteri bisa masuk ke dalam kemasannya.Seiring dengan berjalannya waktu, kosmetik menjadi semakin sering terpapar udara dan bakteri. Inilah yang memicu risiko infeksi dan iritasi. Bahkan, rekomendasinya adalah membuang maskara setelah tiga bulan karena risikonya termasuk yang tertinggi.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda termasuk orang yang menyimpan kosmetik di kamar mandi, sebaiknya segera cari tempat baru. Utamanya, lokasi yang sejuk dan juga kering. Adanya uap dan kelembapan dari kamar mandi adalah surga bagi tumbuhnya jamur, terutama pada produk kosmetik lama.Untuk menentukan apakah kosmetik kedaluwarsa masih bisa dipakai atau tidak, percayakan juga pada indra Anda. Cium aromanya, lihat warnanya, perhatikan teksturnya, dan amati bentuknya. Apabila tidak meyakinkan, sebaiknya segera buang.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar risiko menggunakan kosmetik kedaluwarsa terhadap kulit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/does-makeup-expire
Diakses pada 5 Juli 2021
The Healthy. https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/expired-makeup/
Diakses pada 5 Juli 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/makeup-expiration-dates-mascara-foundation-lipstick
Diakses pada 5 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait