Konsumsi 12 Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Ini

(0)
06 Mar 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jangan salah, makanan yang mengandung vitamin B12 tidak hanya dari hewan.Makanan yang mengandung vitamin B12 ini beragam, ada juga yang untuk vegetarian.
Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan pusing, kulit pucat, gampang capek, hingga gangguan penglihatan. Tentu saja, siapapun tak ingin gejala-gejala menyebalkan itu terjadi. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B12 atau kobalamin ini, supaya tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit!

12 makanan yang mengandung vitamin B12

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B12. Itulah sebabnya, Anda sangat membutuhkan makanan yang mengandung vitamin B12 ini.

1. Jeroan

Jeroan hewan seperti hati dan ginjalnya merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin B12. Terutama hati dan ginjal domba.Dalam 100 gram hati domba, ada 3,6% nilai harian vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh. Begitu pula dengan ginjal domba, yang bisa memenuhi 3000% nilai harian vitamin B12.

2. Kerang remis

Mengonsumsi 20 kerang remis bisa memenuhi 7000% nilai harian vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh Anda. Tidak hanya itu, kerang remis juga kaya akan zat besi dan mengandung banyak antioksidan.Tidak hanya daging kerang remis saja yang mengandung vitamin B12. Kaldu kerang remis yang dapat memenuhi 113-588% nilai harian kebutuhan vitamin B12.

3. Ikan sarden

Sebagai salah satu ikan yang paling “laku” di lidah orang Indonesia, ikan sarden bisa menjadi sumber vitamin B12 untuk Anda konsumsi. Sekitar 150 gram ikan sarden bahkan mengandung 554% nilai harian vitamin B12.Selain itu, ikan sarden juga kaya akan asam lemak omega-3, yang bisa mencegah penyakit jantung dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

4. Daging sapi

Ada kabar baik untuk para penggemar steak daging sapi. Selain lezat, ternyata steak daging sapi juga menjadi makanan yang mengandung vitamin B12. Sekitar 190 gram daging sapi, mengandung 467% nilai harian vitamin B12.Tidak hanya itu, daging sapi juga mengandung vitamin B kompleks lainnya, seperti B2, B3, dan B6.Perlu diingat, jika ingin mendapatkan kandungan vitamin B12 dalam daging sapi secara maksimal, carilah yang rendah lemak dan jangan menggorengnya. Lebih baik memasaknya dengan panggangan.

5. Nori (rumput laut)

Kebanyakan makanan yang mengandung vitamin B12 memang berasal dari produk hewani. Namun tenang saja, ada banyak makanan yang mengandung vitamin B12 untuk vegetarian.Salah satunya nori, camilan yang berasal dari rumput laut. Dalam sebuah studi, tubuh terbukti memerlukan 4 gram nori untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12.

6. Jamur shitake

Memang sulit mencari makanan yang mengandung vitamin B12 dari tumbuh-tumbuhan. Namun, jamur shitake bisa menjadi pilihan, lho. Anda membutuhkan 50 gram jamur shitake untuk bisa mendapatkan kandungan vitamin B12 yang cukup untuk tubuh Anda.

7. Sereal

Sereal yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan ternyata juga bisa menjadi sumber vitamin B12 Anda. Walau begitu, Anda harus tetap melihat infomasi gizi dalam kemasannya terlebih dahulu, untuk memastikan kandungan vitamin B12 di dalamnya. Sebab, tidak semua sereal memiliki kandungan vitamin B12 yang sama.

8. Tuna

Sama seperti sarden, tuna juga menjadi ikan yang mengandung vitamin B12. Sekitar 100 gram ikan tuna, mengandung 453% nilai harian vitamin B12. Dalam porsi yang sama, Anda juga bisa mendapatkan protein, fosfor, selenium, vitamin A dan B3.

9. Produk susu

Susu, yogurt, hingga keju adalah makanan yang mengandung vitamin B12. Misalnya, satu cangkir susu berukuran 240 mililiter mengandung 46% nilai harian vitamin B12.Begitu pula dengan keju, yang memiliki 28% nilai harian vitamin B12 dalam satu potongan besarnya.Uniknya, vitamin B12 yang didapatkan dari produk susu ini, dapat dicerna lebih baik oleh tubuh, dibandingkan sumber vitamin B12 seperti daging sapi atau ikan.

10. Telur

Telur adalah sumber vitamin B12 yang baik untuk tubuh. Dua butir telur besar (100 gram) mengandung 46% nilai harian vitamin B12. Penelitian telah membuktikan, kuning telur mengandung vitamin B12 lebih banyak dibandingkan putih telur. Yuk, konsumsi telur yang super sehat ini!

11. Susu nabati yang diperkaya

Susu nabati sangatlah populer di kalangan vegan maupun vegetarian. Sejatinya, susu nabati seperti susu kedelai hingga almond memang tidak mengandung vitamin B12. Akan tetapi, produk susu nabati yang dijual di pasaran sudah diperkaya dengan vitamin B12.Contohnya, susu kedelai, yang menurut penelitian mengandung 86% rekomendasi asupan harian vitamin B12.

12. Salmon

Dikenal sebagai salah satu ikan terlezat, ternyata salmon tergolong dalam makanan yang mengandung vitamin B12.Dalam 178 gram ikan salmon, terdapat 208% rekomendasi asupan harian vitamin B12! Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka kebutuhan tubuh akan vitamin B12 tentunya dapat dipenuhi.

Rekomendasi asupan harian vitamin B12

Makanan sehat
Dari semua sumber vitamin B12, mana yang paling Anda suka?
Setiap kalangan usia memiliki rekomedasi asupan harian (RAH) vitamin B12 yang berbeda-beda. Mari pahami kebutuhan vitamin B12 Anda di bawah ini:
  • Bayi di bawah 6 bulan: 0,4 mikrogram per hari
  • Bayi 7-12 bulan: 0,5 mikrogram per hari
  • Anak 1-3 tahun: 0,9 mikrogram per hari
  • Anak 4-8 tahun: 1,2 mikrogram per hari
  • Anak 9-13 tahun: 1,8 mikrogram per hari
  • Remaja dan dewasa: 2,4 mikrogram per hari
  • Ibu hamil: 2,6 mikrogram per hari
  • Ibu menyusui: 2,8 mikrogram per hari.
Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian Anda, supaya gejala-gejala seperti pusing, gangguan kelihatan, kulit pucat, hingga mudah capek bisa dihindari.

Kekurangan vitamin B12, apa gejalanya?

Kekurangan vitamin B12 akan menimbulkan berbagai gejala merugikan pada tubuh. Berikut ini adalah segudang gejala dari kekurangan vitamin B12 yang bisa terjadi pada tubuh:
  • Lemah lesu
  • Palpitasi jantung
  • Sesak napas
  • Kulit pucat
  • Lidah terasa lembut
  • Sembelit, diare dan menurunnya nafsu makan
  • Masalah saraf, seperti munculnya sensasi kesemutan dan mati rasa
  • Kebutaan
  • Depresi
Dilihat dari gejalanya, tentu saja kekurangan vitamin B12 bukan kondisi medis yang dapat diremehkan. Berkonsultasilah pada dokter jika Anda mengalami berbagai gejala di atas. Bisa jadi, ada penyakit yang membuat Anda kekurangan vitamin B12.

Fungsi vitamin B12 untuk tubuh

Makanan sehat
Sumber vitamin B12
Sebenarnya, vitamin B12 adalah nutrisi yang membuat pembuluh dan sel darah tetap sehat, dan masuk dalam kategori vitamin B kompleks. Vitamin B12 juga memiliki peran dalam mencegah penyakit anemia megaloblastik (penyakit yang membuat pasien merasa lelah dan lemah).Vitamin B12 pun mampu menjaga kesehatan jaringan saraf, fungsi otak, dan produksi sel darah merah. Bayangkan saja, tubuh manusia memproduksi jutaan sel darah merah setiap menitnya. Sel darah ini tidak bisa berlipat ganda tanpa bantuan vitamin B12. Jika sampai kekurangan vitamin B12, produksi sel darah merah bisa menurun.Dengan mengetahui pentingnya vitamin B12 untuk tubuh, Anda kini bisa mulai rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan menjalani pola hidup sehat. Semua itu penting untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit yang mengintai.
makanan sehatmakanan dietvitamin b12hidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b12-deficiency-symptoms#section8
Diakses pada 6 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320524
Diakses pada 6 Maret 2020
National Institutes of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-Consumer/
Diakses pada 6 Maret 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/vitamin-b12-deficiency-symptoms-causes#1
Diakses pada 20 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait