Konsumsi Kacang Almond untuk Diet, Ketahui Manfaatnya


Kacang almond untuk diet bermanfaat karena tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Tekstur kacang almond yang crunchy juga berkontribusi untuk mencegah keinginan makan berlebih.

(0)
24 Mar 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kacang almond untuk diet berpotensi bermanfaat karena menawarkan kandungan seperti serat, protein, dan lemak sehatKacang almond menawarkan lemak sehat dalam kadar yang tinggi sehingga cocok untuk camilan diet
Makan kacang saat diet? Mungkin tak pernah terbesit di pikiran Anda. Kacang seperti almond, misalnya, memberikan kalori yang tergolong tinggi sehingga mungkin dihindari saat menjalani diet. Namun siapa sangka, kacang almond untuk diet tetap bisa dikonsumsi bahkan berpotensi bermanfaat. Bagaimana manfaat kacang almond untuk diet?

Manfaat kacang almond untuk diet

Konsumsi kacang almond untuk diet bisa bermanfaat karena kandungan dan teksturnya berikut ini:

1. Mengandung tinggi serat

Salah satu manfaat kacang almond untuk diet adalah menawarkan serat tinggi. Untuk setiap sajian 28 gram kacang almond, terkandung serat sekitar 3,4 gram.Serat merupakan nutrisi yang membantu mengenyangkan perut. Konsumsi serat dengan cukup pun dikaitkan dengan sensasi dan rasa kenyang lebih lama sehingga berpotensi mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

2. Tinggi lemak sehat

Selain tinggi protein, kacang almond juga menawarkan lemak sehat dalam kadar yang tinggi – sehingga diyakini cocok untuk diet. Setiap sajian 28 gram kacang almond mengandung lemak total dengan kadar hingga 15 gram. Walau memang kadar tersebut cenderung tinggi, sebagian besar lemak dalam kacang almond (sekitar 2/3) merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal merupakan jenis lemak yang menyehatkan bagi tubuh, terutama untuk jantung.Lemak tersebut juga dicerna dengan lebih lambat oleh tubuh, membuatnya dapat memberikan energi lebih lama dan memberi sensasi kenyang. Dengan kandungan lemak sehat ini, konsumsi kacang almond untuk diet berpotensi bermanfaat jika sesuai porsi.

3. Menawarkan protein

Selain tinggi serat dan lemak sehat, kacang almond juga bermanfaat untuk diet karena menawarkan protein. Sajian 28 gram kacang almond menawarkan protein hingga 6 gram.Makanan tinggi protein memang disebutkan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Protein dilaporkan dapat meningkatkan metabolisme, menahan rasa lapar, dan berpotensi untuk mencegah keinginan makan berlebih. 

4. Memiliki tekstur yang renyah

Layaknya jenis kacang-kacangan lain, kacang almond juga memiliki tekstur yang renyah. Teksturnya ini bisa bermanfaat untuk diet karena bisa dikunyah lebih lama dan berpotensi membuat kegiatan makan bisa lebih bijak dan tidak berlebihan.

5. Diyakini bahwa tidak semua lemak kacang almond diserap tubuh

Hal menarik lain dari kacang almond adalah diyakini bahwa lemak di dalamnya (dan kalorinya) tidak seutuhnya diserap oleh tubuh. Namun, spekulasi ini masih memerlukan studi lebih lanjut.

Riset terkait manfaat kacang almond untuk diet

Ada beberapa riset yang mengkaji manfaat kacang almond untuk diet. Misalnya, sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi kacang almond membantu memberikan rasa kenyang sehingga menurunkan asupan makan. Studi ini melibatkan 32 responden perempuan sehat.Studi lain dalam jurnal International Journal of Obesity juga melaporkan, responden yang mengonsumsi kacang almond berhasil mengalami penurunan berat badan dengan persentase yang lebih tinggi dibandingkan kelompok responden non-almond. Walau kacang almond bukanlah makanan ajaib untuk diet, manfaat kacang almond untuk diet dikembalikan pada efeknya yang mengenyangkan dan berpotensi mencegah binge eating.

Cara menikmati kacang almond untuk diet

Ada beragam cara menikmati kacang almond untuk diet, misalnya:
  • Dikonsumsi langsung sebagai snack sehat
  • Konsumsi kacang almond dengan kulitnya demi mendapatkan zat antioksidannya
  • Taburkan potongan atau irisan kacang almond pada salad, yogurt, hingga oatmeal
  • Coba konsumsi dalam bentuk selai kacang almond, namun perhatikan kalori dan zat tambahan dari produk yang Anda beli
Layaknya mengonsumsi kacang lain untuk diet, penting untuk diingat bahwa kacang almond tetaplah makanan tinggi kalori. Untuk setiap 28 gramnya, kacang almond memberikan kalori hingga 161. Dengan demikian, pastikan Anda tidak berlebihan dalam menikmati kacang almond untuk diet.

Catatan dari SehatQ

Kacang almond untuk diet berpotensi bermanfaat karena menawarkan kandungan seperti serat, protein, dan lemak sehat. Tekstur kacang almond yang crunchy juga memungkinkan kita mengonsumsinya lebih lambat dan berpotensi mencegah keinginan makan berlebih.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait kacang almond untuk diet, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
proteinmakanan sehatmakanan dietseratalergi kacang
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/414307-how-to-eat-almonds-to-lose-weight
Diakses pada 8 Maret 2021
Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/nut-and-seed-products/3085/2
Diakses pada 8 Maret 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/are-almonds-good-for-weight-loss-3967609
Diakses pada 8 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/news/20031107/almonds-may-help-in-weight-loss
Diakses pada 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait