Apakah Penggunaan Kondom Bisa Memengaruhi Siklus Haid?


Penggunaan kondom yang tepat dapat mencegah terjadinya kehamilan. Akan tetapi, belum tentu ini menjadi penyebab kondom bisa mempengaruhi siklus haid wanita.

0,0
21 Sep 2021|Atifa Adlina
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
kondom bisa mempengaruhi siklus haidKondom tidak secara langsung mempengaruhi siklus haid
Kondom berfungsi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun, tak jarang beberapa wanita menyadari haidnya terlambat setelah berhubungan seks pakai kondom. Apakah benar kondom bisa mempengaruhi atau mengubah siklus haid? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apakah berhubungan seks pakai kondom mempengaruhi siklus haid?

Kondom adalah alat kontrasepsi berupa kantong tipis untuk mencegah sperma masuk ke dalam vagina.Mengutip dari National Health Service, kondom adalah satu-satunya jenis kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan sekaligus melindungi dari penyakit menular seksual.Namun, hingga kini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa kondom mempengaruhi siklus haid secara langsung. Apalagi, kondom bukanlah alat kontrasepsi hormonal.Alat kontrasepsi hormonal itu sendiri adalah alat KB yang mencegah kehamilan dengan cara mengubah hormon dalam tubuh untuk memengaruhi siklus haid atau menstruasi. Beberapa jenis alat kontrasepsi hormonal di antaranya adalah:
  • Implan,
  • Suntik KB,
  • Pil KB kombinasi,
  • Pil mini (progestin),
  • IUD (KB spiral),
  • Cincin kontrasepsi, dan
  • Patch (KB koyo).
Jenis kontrasepsi hormonal bekerja menghentikan tubuh melepaskan sel telur (ovulasi). Ketika tidak ada sel telur yang turun ke rahim, Anda tidak mengalami haid dan kehamilan juga tidak dapat terjadi. Oleh karena itu, memakai KB hormonal berisiko dapat memengaruhi siklus haid Anda. Perubahan siklus haid memang menjadi salah satu efek samping dari pemakaian alat KB hormonal. Terutama jika Anda sedang dalam masa transisi penggunaan jenis kontrasepsi yang baru.Sebagai contoh, kemungkinan Anda bisa mengalami jadwal menstruasi yang lebih cepat, lambat, perdarahan berlebihan, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.

Mengapa haid terlambat padahal pakai kondom?

Kondom tidak secara langsung mengubah atau mempengaruhi siklus haid, apalagi sampai membuat haid terlambat.Faktanya, kondom justru 98% efektif untuk mencegah kehamilan apabila menggunakannya dengan tepat.Meski begitu, efektivitasnya bisa menurun dan mungkin menyebabkan kehamilan yang tidak direncanakan apabila  penggunaannya keliru.Penggunaan kondom yang tidak tepat dapat memengaruhi siklus haid. Sebab, ada kemungkinan sperma masuk ke dalam vagina, lalu terjadi proses pembuahan yang disebut sebagai kehamilan.Kemungkinan besar hal ini terjadi karena kondom yang robek, salah cara pakai, atau bahkan tertinggal di dalam. Maka dari itu, sebaiknya Anda dan pasangan pastikan memakai kondom dengan benar agar tidak khawatir dengan risiko terlambat haid yang berujung pada kehamilan.Berikut adalah cara pakai kondom yang sebaiknya diperhatikan:
  • Memasang kondom saat penis ereksi sebelum penetrasi ke liang vagina , Perhatikan kondisi kemasan dan periksa tanggal kedaluwarsa.
  •  Pastikan tidak ada robekan sebelum digunakan.
  • Hindari penggunaan kondom dengan bahan lateks.
  • Jangan menggunakan pelumas berbahan dasar air atau silikon agar tidak rusak.

Telat haid setelah berhubungan pakai kondom apakah hamil?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan kondom tidak mempengaruhi siklus haid secara langsung.Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika Anda mengalami kehamilan karena telat haid setelah berhubungan seksual walaupun sudah menggunakan kondom. Ini bisa terjadi karena penggunaan yang tidak tepat.Tak hanya itu saja, perlu juga diketahui bahwa ada cukup banyak penyebab terlambat haid yang terjadi pada wanita selain karena hamil, yaitu:
  • Stres,
  • Diet berlebihan,
  • Olahraga berlebihan,
  • Obesitas,
  • PCOS, serta
  • Menopause.
Agar lebih yakin apakah Anda hamil atau tidak karena terlambat haid, tidak ada salahnya untuk melakukan tes kehamilan serta berkonsultasi dengan dokter.Anda juga bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
siklus haidpenyakit wanitakesehatan wanitagangguan menstruasi
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/contraception/male-condoms/. Diakses pada September 2021Center for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/condomeffectiveness/external-condom-use.html. Diakses pada September 2021Clue. https://helloclue.com/articles/sex/how-every-method-of-hormonal-contraception-affects-your-period. Diakses pada September 2021Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/why-is-my-period-late/. Diakses pada September 2021Center for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/reproductivehealth/contraception/index.htm. Diakses pada September 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186. Diakses pada September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait