Kenali Seluk-beluk Kondom Jari untuk Aksi Fingering Sex


Kondom jari memiliki manfaat untuk mencegah penularan penyakit menular seksual. Pastikan Anda menggunakan kondom jari dengan benar untuk mencegahnya terlepas saat dipakai.

0,0
26 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kegunaan kondom jari untuk memberikan kepuasan dalam bercinta dengan metode fingeringKondom jari membuat Anda lebih aman saat fingering sex
Ada kalanya memuaskan pasangan dalam berhubungan seksual tidak selalu menggunakan penis. Anda mungkin memanfaatkan jari-jemari untuk memberikan rangsangan pada bagian vagina. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kondom jari.Sayangnya, masih belum banyak orang yang menggunakan aksesori bercinta ini di Indonesia. Kondom jari sebenarnya sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan jari yang akan masuk ke dalam vagina. Untuk lebih jelas tentang manfaat penggunaan kondom jari, simak beberapa informasinya di bawah ini.

Kelebihan menggunakan kondom jari saat berhubungan seksual

Fingering atau memberikan rangsangan dengan menggunakan jari di dalam vagina merupakan salah satu aktivitas yang dipilih kala berhubungan seksual. Asal tidak ada sperma menempel di jari, fingering tidak akan menyebabkan kehamilan. Namun, penggunaan kondom jari tetap disarankan untuk mencegah beberapa hal yang mungkin terjadi.Berikut manfaat menggunakan kondom jari selama melakukan fingering:
  • Mencegah penularan penyakit

Selama tidak ada sperma yang menempel di jari, melakukan rangsangan dengan jari tidak akan menyebabkan kehamilan. Sayangnya, jari mungkin saja membawa kuman, bakteri, dan virus ke dalam vagina. Penggunaan kondom jari akan menurunkan risiko tertular penyakit seksual, seperti klamidia dan HPV
  • Lebih higienis

Ada kalanya, Anda harus melakukan aktivitas setelah sebuah permainan seksual dengan pasangan. Menggunakan kondom jari pun akan memberikan kemudahan untuk membersihkan jemari setelah digunakan. Kondom jari akan mencegah adanya cairan yang tertinggal di sela-sela jari atau di bawah kuku.
  • Mudah digunakan

Bukan hanya bersih, kondom jari juga mudah digunakan. Anda hanya perlu mengenakannya di salah satu jari sebelum melakukan aksi. Dengan begitu, Anda pun bisa menerapkan hubungan seksual yang aman, terlebih dengan orang yang baru Anda kenal.

Cara menggunakan kondom jari

Tidak seperti kondom untuk penis, Anda bisa menemukan beberapa pasang kondom jari dalam setiap kemasannya. Penggunaannya pun terbilang mirip dengan kondom penis dengan sedikit tambahan. Berikut cara memakai kondom jari:
  1. Pastikan Anda sudah memotong kuku untuk mencegah kondom robek saat digunakan.
  2. Cuci tangan dengan sabun dan keringkan. Hindari melapisi jari dengan pelumas untuk mencegah kondom mudah terlepas.
  3. Kondom jari akan tergulung pada awalnya. Pasang dari ujung jari dan lepaskan gulungan perlahan hingga menyelimuti seluruh jari.
  4. Pererat kondom jari dengan mengeluarkan udara yang ada di dalamnya. Periksa seluruh bagian kondom sebelum menggunakannya dan pastikan tidak ada kerusakan.
  5. Gunakan pelumas berbahan dasar air untuk mengurangi gesekan yang menyebabkan kondom jari rusak.
  6. Setelah digunakan, lepaskan kondom jari ke tempat sampah dengan baik.
  7. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menghilangkan cairan yang tertinggal di bagian tangan dan aroma yang tidak sedap.
Kondom jari adalah aksesori sekali pakai. Jangan coba-coba untuk menggunakannya kembali biarpun sudah dibersihkan. Simpan kondom jari di tempat yang kering untuk menjaganya tetap awet. Setiap produk memiliki tanggal kedaluwarsa yang tertera di bagian kemasan. Jangan gunakan kondom jika sudah rusak, berubah warna, atau berbau tidak sedap.

Efek samping menggunakan kondom jari

Sebenarnya tidak banyak efek samping yang mungkin ditimbulkan jika digunakan dengan tepat. Namun, bukan berarti penggunaan kondom jari bebas dari efek samping. Anda mungkin harus memilih satu dari sepuluh jari untuk dipakaikan kondom jari. Semakin banyak jari yang dipilih, semakin banyak juga penggunaan kondomnya.Selain itu, masih ada kemungkinan kondom jari terlepas saat digunakan. Lebih parahnya lagi jika kondom terlepas saat berada di dalam vagina dan sulit diambil. Beberapa orang mungkin memiliki kulit yang sensitif terhadap kondom berbahan karet dan lateks. Hal ini pun memunculkan ketidaknyamanan saat menggunakannya.Selain itu, penggunaan pelumas sangat disarankan dalam penggunaan kondom jari. Pasalnya, permainan fingering lebih sering menjadi foreplay, hidangan pembuka aktivitas seks sebelum vagina benar-benar terlumasi dengan baik.

Catatan dari SehatQ

Apa pun alasannya, menggunakan pelindung saat melakukan hubungan seksual sangat disarankan. Hal ini pun tidak terkecuali saat Anda memainkan jari-jemari untuk memberikan rangsangan di bagian vagina pasangan. Pastikan kondom jari yang digunakan memiliki kualitas baik untuk mencegah penularan penyakit seksual.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kondom jari serta cara menggunakannya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan seksmasalah seksualsekshubungan seksualtips seksmanfaat hubungan seks
Healthline https://www.healthline.com/health/finger-condom
Diakses pada 13 April 2021
Very Well Health https://www.verywellhealth.com/finger-condom-cot-3132861
Diakses pada 13 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait